Kitabisa.com - Indonesia's Fundraising Platform

Menghubungkan #OrangBaik.
Bergotong-Royong Ciptakan
Kebaikan.

Onboarding

Menghubungkan Jutaan Kebaikan

“Kitabisa adalah wadah untuk berdonasi dan menggalang dana secara online”

Kami percaya, kemajuan teknologi sepatutnya dimanfaatkan untuk menghubungkan semangat kebaikan dan gotong-royong. Di Kitabisa, masyarakat bisa menggalang dana untuk beragam hal yang mereka perjuangkan maupun berdonasi untuk hal yang ingin mereka bantu.

Sejarah Kitabisa

Berawal dari keinginan membuat gerakan sosial, pada 2013 Alfatih Timur (Timmy) membuat Kitabisa sebagai wadah bagi siapapun yang ingin mewujudkan proyek sosialnya.

Seiring waktu, Kitabisa bertransformasi menjadi platform galang dana dan berdonasi secara online.

Perjalanan tak selalu mulus, namun semangat tak pernah tergerus. Kini, Kitabisa telah menghubungkan lebih dari 1 juta #OrangBaik dan menyalurkan Rp 500 milIar lebih donasi bagi pihak yang membutuhkan.

2013

Kitabisa lahir sebagai gerakan sosial

2014

Beralih fokus menjadi wadah donasi online

2017

Luncurkan aplikasi Kitabisa

2018

1 juta #OrangBaik telah terhubung, 500 M telah terkumpul.

2019

Meluncurkan Kitabisa Plus, program tolong menolong kesehatan antar donatur berbasis donasi.

Menghadirkan Program Donasi Rutin untuk memudahkan #OrangBaik berdonasi rutin tiap bulan secara otomatis.

Apakah Kitabisa Memiliki Izin Galang Dana?

Kitabisa sangat memegang teguh unsur keamanan dalam menyebarkan kebaikan. Karena itu, Kitabisa memiliki izin PUB (Pengumpulan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial untuk kategori umum dan kategori bencana alam.

Kitabisa rutin memperbaharui izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kementerian Sosial. Baca selengkapnya disini.

Kitabisa juga memiliki izin sebagai Unit Pengumpul Zakat (UPZ) berdasarkan Keputusan Ketua Badan Amil Zakat Nasional Nomor 59 tahun 2019. Saat ini, Kitabisa telah bekerja sama dengan puluhan Mitra Lembaga Amil Zakat (LAZ) di tingkat Nasional, Provinsi, dan Kota/Kabupaten untuk memudahkan jutaan #OrangBaik menyalurkan zakat.

Tak hanya itu, sebagai bentuk transparansi, Kitabisa juga rutin diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Bagaimana Kitabisa Membiayai Operasional?

Kitabisa percaya niat baik perlu dilakukan secara berkelanjutan. Karena itu, sebagai social enterprise kami mengenakan biaya administrasi sebesar 5% dari total donasi terkumpul kepada pihak yang menggalang dana di Kitabisa - kecuali untuk kategori bencana alam dan zakat (0%).

Model ini sudah kami pastikan sesuai dengan aturan yang berlaku di Republik Indonesia maupun secara Syariat Islam.

Terus Berinovasi, Memudahkan Berbagi

Kitabisa meyakini berbagi itu mudah dan menyenangkan. Kami terus melakukan inovasi untuk memudahkan penggalang dana dan donatur berbagi kebaikan.

Aman & Transparan
Banyak pilihan metode pembayaran
Donasi mudah mulai dari RP 1.000
Halaman Galang Dana bisa diakses kapan saja
Bisa tahu dampak donasi
Dapat diakeses melalui website dan aplikasi baik di Android maupun iOS

Satu Wadah, Jutaan Kebaikan

Kitabisa menjadi saksi bahwa Indonesia tak pernah kekurangan #OrangBaik. Sejak terbentuk tahun 2013, jutaan kebaikan telah terhubung melalui Kitabisa.

3.850.333#OrangBaik Tergabung
63.964Galang Dana Yang Sudah Kitabisa Fasilitasi
*Data per Mei 2020
Perkembangan dampak Kitabisa dari tahun ke tahun

Kolaborasi Bersama
Kitabisa

Kitabisa percaya dampak kebaikan akan semakin besar dengan gotong royong dan kolaborasi. Kami telah berkolaborasi dengan banyak pihak dari beragam sektor.

Perusahaan

Puluhan perusahaan telah bekerjasama dengan Kitabisa untuk melakukan program CSR maupun kegiatan pemasaran. Jika perusahaanmu ingin berkolaborasi dengan Kitabisa, silakan Kontak partnership@kitabisa.com

Institusi Pemerintah

Banyak elemen pemerintah yang pernah bekerjasama dengan Kitabisa untuk mendorong partisipasi publik secara aktif dalam menangani permasalahan sosial. Institusi pemerintah bisa berkolaborasi bersama Kitabisa dengan mengontak partnership@kitabisa.com

Organisasi Sosial (NGO)

Ratusan NGO di bidang kesehatan, pendidikan, lingkungan, kemanusiaan, dan beragam bidang lainnya telah berkolaborasi dengan Kitabisa untuk menggalang dana dan melakukan aktivitas sosial. Untuk berkolaborasi, kontak: partnership@kitabisa.com

Media Massa

Kitabisa percaya media massa memiliki peran strategis untuk menyebarkan kebaikan. Puluhan media telah berkolaborasi dengan Kitabisa untuk menggalang dana dan menyebarkan informasi mengenai figur/cerita inspiratif. Untuk media massa yang ingin berkolaborasi bisa mengontak: public.relation@kitabisa.com

Rumah Sakit

Kitabisa telah bekerja sama dengan lebih dari 100 Rumah Sakit di 26 kota untuk membantu pasien yang membutuhkan dan menyediakan fasilitas kesehatan. Bagi Rumah Sakit yang ingin berkolaborasi silakan kontak melalui email : medical.partnership@kitabisa.com

Publik Figur

Ratusan publik figur sudah berkolaborasi dengan Kitabisa untuk membuat atau menyebarkan galang dana di berbagai bidang. Bagi publik figur, content creator, atau artist management yang ingin berkolaborasi dapat menghubungi: influencers@kitabisa.com

Siapa di Balik Layar Kitabisa?

Kami menyebut orang-orang yang berkarya di Kitabisa dengan Doers, karena kami meyakini menyebarkan kebaikan butuh aksi nyata, bukan sekadar kata-kata. Di tahun 2020, lebih dari 350 Doers terus berinovasi untuk memudahkan jutaan #OrangBaik menyebarkan kebaikan.

Siap Jadi #OrangBaik?

Download aplikasi Kitabisa untuk mendapatkan fitur-fitur lengkap ini di Kitabisa:

Cuma Rp 1.000, Sudah Bisa Donasi

Khusus di aplikasi, Kamu bisa donasi
mulai dari Rp 1.000

Bisa Hitung Kewajiban Zakat

Melalui Fitur Kalkulator Zakat, kamu bisa tahu berapa kewajiban zakat maal, profesi, dan zakat fitrah yang harus kamu bayar.

Beragam Fitur yang Memudahkan Donasi

Bisa pasang alarm donasi, pilih galang dana favorit, lihat catatan donasi, dan dapat update terbaru dari yang kamu bantu.

Download aplikasi Kitabisa

app-storeplay-store

Temukan kami di

instagramfacebooktwitteryoutubetiktoklinkedinurbanhire