Kitabisa! - Arisan Jamban: Bangun 56 Jamban di Dukuh Sebatang

Arisan Jamban: Bangun 56 Jamban di Dukuh Sebatang

Arisan Jamban bertujuan menjamin ketersediaan jamban sehat dan ekonomis di Dukuh Sebatang, saat ini 56 Kepala Keluarga hanya menggunakan jamban cemplung.
Campaigner
Menyapa Indonesia PK-41: Menuju Dukuh Sebatang Sehat Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 18.986.600

terkumpul dari target Rp 30.000.000
63% terkumpul 0 hari lagi
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang kamu kumpulkan akan disalurkan ke Arisan Jamban: Bangun 56 Jamban di Dukuh Sebatang

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan

Update 1 - UNGKAPAN TERIMA KASIH KEPADA DONATUR

Yth. Donatur Proyek Menyapa Indonesia,

Terima kasih kami ucapkan sebesarnya kepada para donatur atas partisipasinya sebagai donatur dalam rangka mensubsidi Arisan Jamban di Dukuh Sebatang. Saat ini, jamban yang kami bangun sudah terealisasi bahkan mencapai lebih dari target. Target awal kami hanyalah 56 jamban, tetapi berkat uluran tangan anda, jumlah jamban terbangun menjadi 58 jamban.

Berkat donasi melalui kitabisa.com, kami berhasil mengumpulkan dana sebanyak Rp 17.986.600,- sebagai sumber biaya program Arisan Jamban. Adapun biaya total yang dikeluarkan untuk program tersebut yakni sejumlah Rp 63.080.000,-. Tidak hanya sekedar uang, jumlah yang kami dapatkan ini merupakan satu wujud kepedulian anda terhadap saudara setanah air di Dukuh Sebatang untuk mencapai tingkat kehidupan yang lebih layak.

Setelah pembangunan jamban ini, program kami akan terus berlanjut melalui monitoring dan evaluasi setiap 6 bulan sekali, serta memastikan bahwa program kader penyuluh kesehatan berjalan dengan rutin dan efisien, serta air bersih yang memenuhi standar kesehatan juga dapat dialirkan ke Dukuh Sebatang guna mendukung kehidupan yang lebih sehat.

Kami akan senantiasa mengabarkan perkembangan selanjutnya setiap 6 bulan sekali.

Salam hormat,

Catureka Mandala, PK-41

4a44faa336c001b2695bf1ba7694b9a64bc0ac97

 

Tingkat kemiskinan di Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini mencapai 23,38% dengan ketimpangan sosial masyarakat yang cukup besar. Dari segi kesehatan, Dukuh Sebatang memiliki beberapa permasalahan, di antaranya adalah terdapat beberapa masyarakat yang terjangkit penyakit degeneratif dan ISPA, minim dan kurang memadainya fasilitas mandi cuci kakus (MCK), sulitnya akses air bersih, kurangnya sarana pelayanan kesehatan, dan terdapat banyak rumah warga yang belum masuk kriteria rumah sehat.

Berdasarkan keterangan dari Bapak Sumijan selaku Kepala Desa Dukuh Sebatang, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, tingkat kemiskinan warga tersebut mengakibatkan sebanyak 56 Kepala Keluarga sampai saat ini tidak memiliki jamban yang sehat. Berdasarkan keterangan dari warga Dukuh Sebatang, dikarenakan keterbatasan dana, hingga saat ini mereka belum pernah memiliki jamban yang layak. Selama ini, sebagian warga Dukuh Sebatang hidup hanya dengan mengunakan jamban cemplung.

Apakah itu jamban cemplung? Bayangkan hanya dengan menggunakan bilah kayu yang diberi lobang ditengahnya, disitulah kotoran di cemplungkan, sehingga warga memberi nama jamban cemplung. Jamban ini tentunya memiliki banyak kelemahan, Mereka hidup dengan jamban cemplung yang tidak memenuhi standar kesehatan.

 

9743657b1e9cd229215ef5cd04bb0641a4baa3e020da61cc28337e9e7b0a55b329b41cd66fbf954a

 

Hal tersebut tentunya beresiko menimbulkan penyakit karena adanya bibit nyamuk dan hewan-hewan lain yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, terutama bagi anak-anak dan lansia. Resiko lainnya yang diderita oleh warga adalah apabila kayu rapuh, maka bukan hanya kotoran, namun wargapun ikut tercemplung ke dalam jamban tersebut. Selain daripada itu, akibat pembuangan air besar melalui jamban cemplung, tanah dan mata air menjadi tercemar dan berpengaruh bagi kesehatan lingkungan. Besar harapan warga Dukuh Sebatang untuk mendapat bantuan dari para donator agar mereka memiliki kesempatan untuk menggunakan jamban yang yang memuhi standar kesehatan dan layak pakai.

Jamban merupakan sanitasi dasar penting yang harus dimiliki setiap masyarakat. Dengan menggunakan jamban yang sehat maka dapat menjaga lingkungan bersih sehat tidak berbau, tidak mencemari sumber air di sekitarnya, tidak mengundang datangnya lalat atau serangga yang dapat menjadi penular penyakit diare, kolera, disentri, typus dan lain-lain. Syarat jamban sehat adalah:

  • - Tidak mencemari sumber air (jarak antara sumber air dan jamban minimal 10 meter)
  • - Tidak berbau
  • - Kotoran tidak dapat dijamah serangga dan tikus
  • - Tidak mencemari tanah disekitarnya
  • - Mudah dibersihkan aman digunakan
  • - Dilengkapi dinding dan atap pelindung
  • - Penerangan ventilasi cukup
  • - Lantai kedap air dan luas ruangan memadai
  • - Tersedia air,sabun,alat pembersih
  •  

Jelas bahwa saat ini 56 rumah di Dukuh Sebatang belum memenuhi 9 persyaratan di atas. Maka untuk menjamin ketersediaan jamban sehat dan ekonomis bagi warga Dukuh Sebatang tersebut, Tim Menyapa Indonesia PK-41 (Catureka Mandala) melakukan aksi pemberdayaan masyarakat (community development) melalui Arisan jamban. Disebut arisan karena seperti layaknya arisan, warga diwajibkan membayar iuran senilai Rp 1.000,- per hari untuk membangun jamban, kemudian dilanjutkan dengan pengocokan sebulan sekali untuk mendapat nama-nama yang akan dibangun jamban terlebih dahulu. Adapun pembangunan jamban dibagi 5 kloter dalam masa 5 bulan.

Melalui sistem arisan tersebut, Tim Menyapa Indonesia PK-41 (Catureka Mandala) bermaksud meringankan beban para warga melalui subsidi untuk pembangunan jamban, di sisi lain juga untuk membentuk kemandirian mereka. Bukan hanya sekedar dibangunkan untuk dinikmati, tetapi urunan warga tersebut juga diharapkan membangun rasa kepemilikan dan tanggung jawab untuk menjaga kebersihan dan kesehatan jambannya.

Untuk pemeliharaan jangka panjang, biaya urunan warga yang terkumpul nanti dan dana yang didapat dari donator juga akan disalurkan untuk program kesehatan lain serta proses monitoring dan evaluasi yang akan dilaksanakan oleh Tim Menyapa Indonesia PK-41 (Catureka Mandala) 2 tahun ke depan guna memelihara lingkungan hidup sehat di Dukuh Sebatang, di antaranya yaitu: Program Kader Penyuluh Kesehatan yang meliputi penyuluh ODF (STOP BABS), ISPA, kesehatan lingkungan dan malaria, serta pengkajian air bersih guna mendukung program pemberdayaan infrastruktur di Dukuh Sebatang.

 

52499c80dd6ea6dd78a8143b6a7bf875d6e8725d8425899b2231713278aa9ab034a033bc26168244

 

Pembuatan jamban akan melibatkan langsung warga Dukuh Sebatang dan kami ikut mengajak warga untuk dapat memelihara nya. Program Arisan Jamban diharapkan bermuara pada satu tujuan yaitu peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Dukuh Sebatang yang berkelanjutan. Indikator keberhasilan program Arisan jamban yang berkelanjutan adalah:

  • - 56 rumah mengikuti arisan jamban
  • - 56 rumah memiliki jamban sehat pada akhir 2016
  • - Tidak ada warga BABS ditahun 2017

Keterbatasan dana membuat kami berpikir bagaimana caranya mencari dana tambahan agar kami dapat membantu warga Dukuh Sebatang.

Mari turut membantu warga Dukuh Sebatang dengan aksi baik kamu untuk ikut berdonasi.

Ayooo bantu wujudkan Dukuh sebatang yang sehat.

 

 

770b1ea4e42d8ee825b148edd46d9b8739e4d9a4

 

Mau tahu lebih lanjut tentang Arisan jamban?

 

Temukan kami di:

www.caturekamandala.com

part of

www.menyapa-indonesia.com

Contact Person:

Syafira Amadea: 0812 1818 4147 - Email: [email protected]

 

Rencana Penggunaan Dana

Program pengembangan masyarakat Dukuh Sebatang melalui Arisan Jamban membutuhkan dana yang tidak sedikit. Anggaran dana yang dibutuhkan yakni:

Biaya pembuatan satu buah jamban = Rp.1,000,000,-

Total Biaya pembuatan 56 buah jamban = Rp.56.000.000,-

Pada program Arisan Jamban ini, kami menargetkan donasi sebesar Rp 30.000.000,- di bulan Agustus dan September sebagai dana awal agar terlaksananya proyek ini. Selanjutnya, kami akan melaksanakan penggalanan dana untuk memenuhi kebutuhan anggaran proyek Arisan Jamban di Dukuh Sebatang.

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner dan tidak mewakili Kitabisa

Campaign Telah Berakhir

Donatur 73

SHOW MORE
  • Rp. 1.000.000
    citawati
  • Rp. 25.719
    Anonim
  • Rp. 50.767
    Anonim
  • Rp. 1.000.000
    Rizki Atina
  • Rp. 500.651
    Anonim
  • Rp. 100.807
    Anonim
  • Rp. 100.649
    Anonim
  • Rp. 20.149
    Anonim
  • Rp. 150.391
    Anonim
  • Rp. 50.269
    Kartini Liu
SHOW MORE
Empty Fundraiser

Galang dana sebagai Fundraiser

Isi form dibawah untuk menjadi Fundraiser campaign "Arisan Jamban: Bangun 56 Jamban di Dukuh Sebatang"
Setiap donasi yang kamu kumpulkan akan disalurkan ke "Menyapa Indonesia PK-41: Menuju Dukuh Sebatang Sehat"

Pesan kamu akan langsung terkirim ke Menyapa Indonesia PK-41: Menuju Dukuh Sebatang Sehat

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?