Kitabisa! - Dari Kita untuk Desa Bongkasa Pertiwi Bali
info_outline Donasi pada campaign support fundraiser ini akan langsung masuk ke Campaign Induk

Dari Kita untuk Desa Bongkasa Pertiwi Bali

Dari Kita untuk Desa Bongkasa Pertiwi Bali
Potensi lokal daerah merupakan aset berharga yang harus dikelola dan dikembangkan untuk menciptakan masyarakat sejahtera dan mandiri #AyoBinaDesa#

Rp 50.989

terkumpul dari Rp 1.000.000
5% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 14 May 2018 oleh:

Menggali Potensi Lokal Mewujudkan Kemandirian Desa "Ayo Bina Desa melalui Menyapa Desa"

Potensi lokal daerah sudah seharusnya dikelola dan dikembangkan untuk menciptakan masyarakat sejahtera dan mandiri. Seperti yang kita ketahui potensi lokal daerah (pedesaan) merupakan komoditas yang patut dikembangkan karena memiliki peran penting dalam mengangkat taraf hidup masyarakat setempat pada khususnya dan bangsa pada umumnya. Lalu dimanakah peran kita sebagai generasi muda untuk ikut berkontribusi?

Kami MbangunDeso bersama seluruh agent inovator Menyapa Desa mengajak seluruh rekan rekan untuk ikut berdonasi guna mengembangkan potensi lokal daerah Ngablak, Magelang dan Desa Bongkasa Pertiwi, Bali.

Ngablak, merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Magelang, tepatnya berada di lembah Gunung Merbabu. Pertanian, menjadi salah satu sektor utama masyarakat di Desa Ngablak. Iklim sejuk di kaki Gunung Merbabu ini menjadikan Ngablak daerah yang subur untuk pertanian sayur mayur. Desa ini menjadi lumbung sayur daerah Magelang dan sekitarnya, karena jumlah sayur dari hasil panen yang sangat banyak. Pertanian di Desa Ngablak menjadi salah satu potensi lokal desa yang perlu untuk dikembangkan.

Hanya saja, saat ini banyak petani di Desa Ngablak yang mengeluhkan tentang pertanian yang semakin sulit. Harga obat yang mahal, pupuk yang dibatasi oleh pemerintah menyebabkan banyak petani yang mengalami gagal panen. selain itu pola masyarakat yang masih menggunakan pestisida kimia sudah seharusnya dirubah, sehingga hasil pertanian dari Desa Ngbalak bisa bersaing dengan produk luar. Pilot project yang akan dikembangkan sebagai solusi adalah pengolahan pestisida dan pupuk nabati yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Berbeda dengan Ngablak, Ubud, Bali memiliki kearifan lokal yang menonjol dalam bidang kesenian dan kerajinan daerah. Pengelolaan kearifan lokal daerah di ubud, bali sudah cukup maju. Dua puluh lima tahun lalu, desa ini terkenal sebagai desa yang miskin. Penduduknya hanya mengandalkan lahan kering sebagai mata pencaharian. Tanaman jagung, singkong dan kedelai adalah makanan sehari-hari warga Ubud. Hanya saja,

saat ini mereka sudah dapat berkembang. Studi kasus mengenai dampak sosial pengembangan potensi lokal terhadap masyarakat lokal di kawasan Ubud menjadi hal penting untuk dipelajari guna menciptakan pengelolaan ekonomi kreatif berbasis ekonomi sosial yang tidak merugikan pengrajin pertama. Selain di Ubud, terdapat desa yang bernama Bongkasa pertiwi . Desa ini memiliki potensi lokal daerah berupa kerajinan , kesenian dan pertanian. dibandingkan dengan Ubud, Bongkasa pertiwi di Kabupaten Badung masih cukup baru, karena baru dimekarkan pada tahun 2003. Pengembangan potensi lokal daerah di Bongkasa pertiwi menjadi hal yang penting untuk dilakukan.


Saatnya Anak Muda Berkarya !!!

Salam Hangat Kami dari Tapal Batas NKRI




Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 1

  • Rp. 50.989
    Anonim

    Semangat mengabdi

  • Rp. 50.989
    Anonim

    Semangat mengabdi

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?