Kitabisa! - "Ayobinadesa"Bergerak&bermitra; bersama warga desa

"Ayobinadesa"Bergerak&bermitra; bersama warga desa

"Ayobinadesa"Bergerak&bermitra; bersama warga desa
Potensi lokal daerah merupakan aset berharga yang harus dikelola dan dikembangkan untuk menciptakan masyarakat sejahtera. Ayo bergerak bersama @mbangun_deso!
Campaigner (Social Media)
Nur Amin-Volunteer MbangunDeso Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 10.800.407

terkumpul dari target Rp 50.000.000
22% terkumpul
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke "Ayobinadesa"Bergerak&bermitra; bersama warga desa

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan
Baca update terbaru dari campaign ini!

Menggali Potensi Lokal Mewujudkan Kemandirian Desa "Ayo Bina Desa" melalui program Menyapa Desa bersama @mbangun_deso (www.mbangundeso.com).

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Potensi lokal daerah sudah seharusnya dikelola dan dikembangkan untuk menciptakan masyarakat sejahtera dan mandiri. Faktanya, Desa adalah sebuah wilayah yang dipenuhi oleh potensi dan memiliki komoditas yang patut dikembangkan karena memiliki peran penting dalam mengangkat taraf hidup masyarakat. Lalu dimanakah peran kita sebagai generasi muda untuk ikut berkontribusi dalam memajukan desa?

Kami #MbangunDeso bersama seluruh agent inovator Menyapa Desa mengajak seluruh rekan rekan untuk ikut berdonasi guna mengembangkan potensi lokal daerah Ngablak, Magelang dan Desa Bongkasa Pertiwi, Bali.

Ngablak merupakan salah satu desa yang berada di Kabupaten Magelang, tepatnya berada di lembah Gunung Merbabu. Pertanian, menjadi salah satu sektor utama masyarakat di Desa Ngablak. Iklim sejuk di kaki Gunung Merbabu ini menjadikan Ngablak daerah yang subur untuk pertanian sayur mayur. Desa ini menjadi lumbung sayur daerah Magelang dan sekitarnya, karena jumlah sayur dari hasil panen yang sangat banyak. Pertanian di Desa Ngablak menjadi salah satu potensi lokal desa yang perlu untuk dikembangkan.

Hanya saja, saat ini banyak petani di Desa Ngablak yang mengeluhkan tentang pertanian yang semakin sulit. Harga obat yang mahal, pupuk yang dibatasi oleh pemerintah menyebabkan banyak petani yang mengalami gagal panen. selain itu pola masyarakat yang masih menggunakan pestisida kimia sudah seharusnya diubah, sehingga hasil pertanian dari Desa Ngbalak bisa bersaing dengan produk luar. Pilot project yang akan dikembangkan sebagai solusi adalah pengolahan pestisida dan pupuk nabati yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.


Pestisida organik karya #MbangunDeso yang siap diimplementasikan untuk petani sayur Desa Ngablak, Magelang.

Pestisida azaria merupakan pestisida nabati yang terbuat dari ekstrak alami tanaman mimba (daun mimba) yang mengandung senyawa nimbin dan meliantriol. Kedua senyawa aktif ini mampu membunuh hama tanpa memberikan efek toksivitas pada sayuran ataupun lingkungan karena berasal dari bahan alam yang mudah terdegradasi secara alami. Keunggulan produk : mudah untuk dibuat, mempunyai efektifitas yang cukup tinggi (mendekati efesiensi pestisida komersial), bisa diaplikasikan untuk membunh hama seperti wereng, ulat hijau pada sayuran dan lalat buah, ramah lingkungan dan harga terjangkau untuk petani.

Berbeda dengan Ngablak, Ubud, Bali memiliki kearifan lokal yang menonjol dalam bidang kesenian dan kerajinan daerah. Pengelolaan kearifan lokal daerah di ubud, bali sudah cukup maju. Dua puluh lima tahun lalu, desa ini terkenal sebagai desa yang miskin. Penduduknya hanya mengandalkan lahan kering sebagai mata pencaharian. Tanaman jagung, singkong dan kedelai adalah makanan sehari-hari warga Ubud. Hanya saja, saat ini mereka sudah dapat berkembang. Studi kasus mengenai dampak sosial pengembangan potensi lokal terhadap masyarakat lokal di kawasan Ubud menjadi hal penting untuk dipelajari guna menciptakan pengelolaan ekonomi kreatif berbasis ekonomi sosial yang tidak merugikan pengrajin pertama. Selain di Ubud, terdapat desa yang bernama Bongkasa pertiwi . Desa ini memiliki potensi lokal daerah berupa kerajinan , kesenian dan pertanian. dibandingkan dengan Ubud, Bongkasa pertiwi di Kabupaten Badung masih cukup baru, karena baru dimekarkan pada tahun 2003. Pengembangan potensi lokal daerah di Bongkasa pertiwi menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Melalui program Menyapa Desa, MbangunDeso mengajak semua untuk berpartisipasi dalam mewujudkan desa yang berdikari. Kami mengajak semua untuk berdonasi, berapapun donasi tidak menjadi masalah :) Campaign ini menyediakan reward/hadiah. Bagi yang berdonasi Rp100.000,00, akan mendapatkan pestisida alami Azaria karya MbangunDeso yang diimplementasikan di Desa Ngablak, Magelang.

Saatnya Anak Muda Berkarya !!!

Salam Hangat Kami dari Tapal Batas NKRI

Follow:

IG: @mbangun_deso

FB: Mbangun Deso

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa

Campaign Telah Berakhir

Donatur 166

  • Rp. 500.411
    Anonim
  • Rp. 500.345
    HariantoTian

    Salute Stevie

  • Rp. 500.253
    Anonim
  • Rp. 381.217
    Demi Tanalepy

    Hopefully, It could help

  • Rp. 300.800
    Anonim

    Semangaat Dek..

  • Rp. 300.243
    Anonim

    Semangat selalu, demi menciptakan tata kelola keuangan yg lebih baik di segala aspeknya.

  • Rp. 250.285
    Anonim

    Jangan berhenti berbuat baik, yaa.. Semangat!

  • Rp. 200.926
    Devi Handayani
  • Rp. 200.866
    Anonim
  • Rp. 200.706
    Anonim
SHOW MORE
  • Rp. 20.179
    Anonim

    Semoga suksessss. Aminn

  • Rp. 500.253
    Anonim
  • Rp. 50.461
    Anonim
  • Rp. 200.706
    Anonim
  • Rp. 200.000
    Anonim

    semoga bermanfaat

  • Rp. 100.213
    Anonim

    Semoga berkah berlimpah yaa..

  • Rp. 10.186
    Richa Amalia
  • Rp. 100.354
    Vebrina Sance
  • Rp. 50.520
    Anonim

    Mudah mudahan lancar dan sukses untuk progamnya.. serta bermanfaat bg masyarakat bnyak... Amin

  • Rp. 50.777
    Anonim
SHOW MORE
4 Jul 2018

Rencana Penggunaan Dana Pencairan Rp 10.250.000

Ke rekening BRI *** *** *** 2504 a/n NUR AMIN

Untuk alokasi penggunaan dana secara garis besar akan dibagi menjadi 2 yaitu Magelang dan Bali, dimana Magelang akan diberikan porsi yang lebih besar. Secara umum alokasi donasi yang didapatkan akan di gunakan: 1. Pengembangan dan edukasi pertanian organik Rp 4.500.000 2. Pengembangan pengrajin lokal Magleang dan Ubud (sektor pariwisata ) Rp 1.700.000 3. Kesehatan dan Pendidikan Rp 1.000.000 4. Pengembangan masyarakat Green Energy (Digester) Rp 3.000.000 5. Operasioanl Rp 600.000 Terimakasih Salam Hangat Kami dari Tapal Batas NKRI

3 Jul 2018

Update 3 - Persiapan Kegiatan

Alhamdulillah, persiapan kegiatan Menyapa Desa sudah 90% rampung dipersiapkan. Koordinasi dengan masyarakat, pemuda dan seluruh element masyarakat yang terlibat. Kegiatan ini akan difokuskan untuk pengembangan potensi lokal Desa Ngablak, Magelang. Dalam kegiatan kali ini, penyaluran dana,Desa Ngablak diberikan porsi lebih karena banyak potensi lokal yang belum terkelola secara optimal dibandingkan dengan Ubud, Bali.

Potensi lokal utama yang akan kami sasar dalam kegiatan ini adalah pengembangan pertanian organik karena sebagian besar masyarakat Desa Ngablak yang bermatapencaharan sebagai petani traditional. Seperti yang kita ketahui, saat ini pertanian di Indonesai dapat dikatakan mempunyai catatan hitam. Mengapa?, seiring dengan kemajuan teknologi pertanian di Negara lain, petani di Indonesai sebagian besar mash bergelut dengan metode pertanian yang belum berwawasan global (mengedepankan lingkungan dan hasil pertanian yang sehat). Belum lagi permainan tengkulak yang menambah deret panjang kegelapan pertanian di Indonesia.

65520059afce036cf29f3a2d18f3ed87d122bca0

Selain dalam bidang pertanian, kami juga akan mennyasar bidang pariwiwsata, kesehatan dan pendidikan. Desa pandean sendiri, bau-baru ini mendaptkan kesempatan untuk pembangunan pengemangan wisata pegunungan Telomoyo. diharapkan melalui berbagai kegiatan yang akan kami lakukan bisa memberikan kebermanfaatan untuk pengelolaan pariwisata yang saat ini sedang dikembangkan.

0ebc116510def41c3a70f58df8fafebe753a330e

Untuk alokasi penggunaan dana secara garis besar akan dibagi menjadi 2 yaitu Magelang dan Bali, dimana Maglenag akan diberikan porsi yang lebih besar.

1. Pengembangan dan edukasi pertanian organik Rp 4.500.000

2. Pengembangan pengrajin lokal Magleang dan Ubud (sektor pariwisata ) Rp 1.700.000

3. Kesehatan dan Pendidikan Rp 1.000.000

4. Pengembangan masyarakat Green Energy (Digester) Rp 3.000.000

5. Operasioanl Rp 600.000


Terimakasih

Salam Hangat Kami dari Tapal Batas NKRI

3 Jul 2018

Update 2 - Recent Update

Persiapan Proses Produksi Pestsiida Nabati Azaria dan Pupuk silika yang akan di demonstrasikan di lahan warga

8f35984a0cfc9fb32ac9235b1ab091e1eeaddb1b

3 Jul 2018

Update 1 - Edukasi Pertanian Organik

Terimakasih kami ucapkan kepada seluruh Donatur dalam Campaign Ayo Bina Desa "Bergerak & bermitra bersama warga Desa". Dalam kesempatan ini kami melakukan edukasi pertanian organik di salah satu Desa Ngablak, sebagai langkah awal untuk mengajak petani Ngablak berevolusi menjadi petani organik. Kegiatan akan dialnjutkan dengan proses produksi pestsida nabati mimba dan demo langsung di lahan pertanian sebagi metode untuk meyakinkan bahwa "Bertani secara Organik itu Mudah dan Untung"fa4f42ebd64c18a6830e384ed5d1b866f9f9ec2c

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Campaign Telah Berakhir

Di bawah ini adalah list fundraiser yang ikut mendukung "Ayobinadesa"Bergerak&bermitra; bersama warga desa :

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?