Kitabisa! - Bantu Bangunkan Sumur untuk Pondok Tahfidz
info_outline Donasi pada campaign support fundraiser ini akan langsung masuk ke Campaign Induk

Bantu Bangunkan Sumur untuk Pondok Tahfidz

Bantu Bangunkan Sumur untuk Pondok Tahfidz
Bantu Kami Membangun Sumur Untuk Pondok Tahfidz Al Ghuroba Probolinggo
Campaigner
Tribun Islam Campaigner Telah Terverifikasi

Rp 12.630.179

terkumpul dari target Rp 5.000.000
253% terkumpul
Campaign Telah Berakhir

Bantu campaign ini dengan menjadi Fundraiser
Setiap donasi yang Anda kumpulkan akan disalurkan ke Infaq Sumur (Air) Untuk Pondok Tahfidz

Jadi Fundraiser

Campaign ini mencurigakan? Laporkan

InsyaAllah, sebentar lagi kalian tidak perlu lagi mandi di sungai, wudhu di sungai, dan membawa ember berat berisi air dari sungai ke pondok. Akan ada banyak orang baik yang akan membantu kalian membangun sumur dan pondok. InsyaAllah.


Assalamualaikum Warahmatullah Wabarokatu

Perkenalkan nama saya Lalang Darma Bakti. Seorang penulis lepas berumur 25 tahun (Oktober tahun ini 26 tahun). Saya berasal dari Mojokerto, sebuah kota kecil di Jawa Timur.

Satu minggu yang lalu saya melihat WA story teman saya. Terlihat foto anak-anak kecil yang berada di penampang sungai di sawah di tengah teriknya panas matahari. Sepertinya mereka sedang asyik bermain. Kemudian, saya iseng menanyakan tentang foto tersebut ke teman saya.


Mereka adalah adik-adik santri dari Pondok Tahfidz Al Ghuroba yang tengah berwudhu di sungai, hendak menjalankan sholat duhur. Pada saat musim kemarau seperti saat ini, mata air di lereng gunung mengering. Jadi pasokan air dari paralon yang sejatinya memenuhi tandon untuk kebutuhan santri tak lagi mengalir. Sehingga, untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari santri harus berjalan jauh ratusan meter untuk mengambil air ke sungai. Termasuk untuk mandi, mencuci pakaian dan berwudhu mereka harus ke sungai.


Al-Ghuroba adalah sebuah pondok tahfirz rintisan yang dibangun oleh Kyai Budiman. Lokasinya di daerah pelosok Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Desa Patemon, Kecamatan Pakuniran, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur. Tepatnya di daerah lereng Gunung Argopuro.


Pondok tahfidz ini baru didirikan satu tahun yang lalu. Bangunan pondok masih terdiri dari empat ruangan sederhana. Tidak ada fasilitas mewah, para santri hidup dengan sederhana. Bahkan fasilitas sumur saja tak punya.


Sebagian besar santri berasal dari daerah Probolinggo dan Bali. Walau masih belia, namun tekad mereka teguh dalam belajar agama Islam. Mereka terus belajar menghafalkan dan mempelajari Al-Quran. Dengan harapan kelak mampu mengamalkan dan mendakwahkannya. Menjadi anak yang sholeh dan mampu menganugerahkan mahkota untuk kedua orangtuanya di surga.


Kyai juga tidak tega untuk meminta sumbangan lebih pada para santri yang sebagian besar berasal dari keluarga tak mampu, yatim bahkan yatim piyatu. Oleh karena itu, walaupun kekurangan air karena tak mempunyai sumur sendiri, mereka harus tetap bersabar. Bahkan kini mereka sering kehabisan air untuk minum sehari-hari. Namun demikian, asalkan bisa terus menghafal Al-Quran dan belajar ilmu agama Islam, mereka sudah sangat bersyukur. Tetap ikhlas, bersabar, dan bersyukur demikianlah yang diajarkan Kyai di pondok.


Rasanya hati ini tak kuat melihat kondisi mereka yang demikian. Kemarin saya mencoba berkoordinasi dengan teman. Meminta beliau untuk sowan dan menghubungi Kyai di pondok. Kami ingin membangunkan sumur untuk adik-adik di pondok melalui penggalangan dana (infaq) para penderma. Agar kebutuhan air mereka tercukupi, terutama untuk sholat dan ibadah. Agar mereka tenang dalam belajar menghafal dan mengamalkan al Quran. Tidak perlu capek-capek jalan ke sungai untuk mengambil air. Tidak perlu lagi merasa malu karena mandi di sungai. Kami yakinkan Kyai dan adik-adik bahwa masih banyak orang-orang baik yang akan menolong mereka untuk membangun sumur.


Saya mengajak para donatur untuk bersama-sama berinfaq, membantu membangun sumur untuk adik-adik kami di Pondok Tahfidz Al Ghuroba. Adapun rencana rincian pengeluaran pembangunan sumur sebagai berikut:

  • Biaya pengeboran Rp. 400.000,-/ meter x 40 meter = Rp. 16.000.000,- (Enam Belas Juta Rupiah).
  • Biaya pembelian mesin pompa air Rp. 4.500.000,- (Empat Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Biaya pembelian paralon, slang dan perlengkapan lainnya Rp. 2.500.000,- (Dua Juta Lima Ratus Ribu Rupiah)
  • Biaya administrasi dan lain-lain Rp 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)

TOTAL BIAYA YANG DIBUTUHKAN Rp. 25.000.000,- (Dua Puluh Lima Juta Rupiah).


Infaq untuk pembangunan sumur ini sangat dibutuhkan mengingat disaat musim kemarau ini sumber air bersih benar-benar sangat langka. Adapun keutamaan infaq sumur (air) ini sebagaimana yang tuturkan oleh Baginda Rasulullah Muhammad Salallahu Alaihi Wasallam.


Telah menceritakan Sa'd bin 'Ubadah::

"Aku bertanya kepada Rasulullah Muhammad SAW, bahwa ibuku telah meninggal; apakah aku boleh berinfaq dengan mengatasnamakan beliau?” Kemudian Rasulullah menjawab ‘Boleh’. Kemudian aku bertanya “infaq apa yang paling utama wahai Rasulullah?”. Kemudian beliau kembali menjawab ’memberikan air’”.

(HR. Abu Dawud, dalam kitab Sunan An-Nasa’i nomor hadits 3664).


Bagi para donatur yang ingin informasi lebih lanjut silahkan hubungi saya di

Hp(WA). 085-648-674-677 atau email: lalangbakti@gmail.com

Cara Berdonasi:

  1. Klik Tombol Merah "Donasi Sekarang
  2. Masukkan nominal jumlah donasi
  3. Pilih Metode pembayaran (Transfer Bank, Go-Pay, Kartu Kredit)
  4. Sebarkan Link Campaign ini ke keluarga dan kerabat Anda

Akhiru kalam, kami mengucapkan jazakumullah khairan. Semoga setiap rupiah infaq para donatur dibalas berlipat kebaikan oleh Allah di akhirat.

Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarokatu


Saudaramu

Lalang Darma Bakti


Foto-foto

1. Karena di pondok tak ada sumur, adik-adik pondok harus sabar untuk mencuci pakaian di sungai saat musim kemarau seperti ini.

1dbabf5a4d237079ceb8c929dec442d42c6f90cb


2. Sumber air satu-satunya yang berasal dari gunung mengering, sehingga saat menjelang waktu sholat adik-adik pondok harus cepat-cepat berwudhu ke sungai. Agar tidak melewatkan sholat sunnah dan sholat berjama'ah.

e402635b65659ffb67a0ba9718dfd9113565123c


3. Adakah kebahagiaan yang melebihi bahagianya melihat mereka sholat dengan khusuk?

92bd1807e1e0964f9e938ffb54b33f432885b671


4. Tak banyak yang mereka harapkan, hanya ingin dapat menghafal al quran dan mempelajarinya, kemudian belajar mengamalkannya. Bersyukur, bersabar dan ikhlas, begitu yang diajarkan oleh Kyai di Pondok.

4d1c09edb94a08f62c82afae54e4e94e4b0dee40

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa

Campaign Telah Berakhir

Donatur 12

SHOW MORE
SHOW MORE

Disclaimer: Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Campaign Telah Berakhir

Di bawah ini adalah list fundraiser yang ikut mendukung Infaq Sumur (Air) Untuk Pondok Tahfidz

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?