Kitabisa! - Bantu Suku Anak Dalam Bertahan Hidup

Bantu Suku Anak Dalam Bertahan Hidup

Bantu Suku Anak Dalam Bertahan Hidup
Saudara kita di Bukit Dua Belas, Jambi, sedang menghadapi ancaman kepunahan. Jangan biarkan mereka hilang, bantu mereka bertahan hidup!

Rp 0

terkumpul dari Rp 10.000.000
0% tercapai
Campaign Telah Berakhir

0 SHARES



Penggalangan dana dimulai 16 Jul 2018 oleh:

Perkenalkan, nama saya Victoria Tunggono, penulis buku “Gerbang Nuswantara” dan sekuelnya, “Candi Nuswantara”. Di bulan Oktober 2017 lalu saya berkesempatan mengunjungi Jambi dan bertemu dengan sebagian kecil dari kelompok Suku Anak Dalam (SAD), dan sempat menggalang dana awal tahun ini (di sini).

Mereka, yang juga disebut Orang Rimba, adalah satu dari beberapa suku 'minoritas' yang ada di Taman Nasional Bukit Dua Belas, Kabupaten Sarolangun, Propinsi Jambi. Jumlah mereka saat ini mencapai 3600 jiwa yang terbagi dalam dua belas ketumenggungan. Tumenggung adalah kelompok keluarga, yang terdiri dari keluarga-keluarga kecil.

7124a1b92fd3d724e3c24a61fcd615ea29c94ded

Beberapa kelompok kemanusiaan berupaya membantu mereka, termasuk Butet Manurung dari kota Bangko yang dikenal lewat film Sokola Rimba. Kelompok lainnya bernama Yayasan WARSI (Warung Informasi Konservasi) dari kota Jambi, yang saya kenal tahun lalu.

Barusan saya dihubungi oleh Bidan Winda Kusumandari yang masuk ke dalam hutan bersama suaminya dengan dorongan dan dana pribadi untuk membantu pendidikan dan pengobatan Suku Anak Dalam di wilayah Makekal, Kabupaten Tebo, Jambi sejak 2013.

Saat ini, saudara kita salah satu suku asli bangsa Indonesia ini sedang menghadapi ancaman kepunahan. Hutan tempat mereka hidup dibabat untuk keperluan peradaban kita, sementara mereka semakin tersingkir. Sungai sebagai sumber mereka minum tercemar dan alam yang mereka panggil ‘rumah’ semakin rusak. Jaminan hidup adalah hal yang paling mereka butuhkan, sebuah harapan untuk bertahan ada untuk generasi-generasi selanjutnya.

5faf1f861d3cf69b4c1e36b0fa753063112b087b

c57279c19e5b8c9919d86ae6c8aa9acdffe9b025

foto dok. @windakusumandari

Di taman nasional seluas 60.500 ha yang semakin hari semakin tergerus ini, tenaga-tenaga sukarelawan berusaha membantu sebanyak mungkin. Tetapi hanya waktu dan tenaga mereka saja untuk tugas mulia ini tidaklah cukup, sementara dukungan dari pemerintah bisa dikatakan masih minim. Kawan-kawan kita membutuhkan dukungan lebih: pakaian, obat-obatan, dan sarana pendidikan, dan itu yang kami harapkan bisa terwujud lewat uluran tangan kalian.

Donasi yang terkumpul akan dialokasikan pada pembelian obat-obatan, buku, serta sarana belajar lainnya. Tak menutup juga kami menerima sumbangan fisik berupa buku, alat tulis, alat mewarnai, alat olahraga, juga pakaian dan kain.

Jangan biarkan mereka menderita, ayo kita rangkul saudara sebangsa kita!


17b428ff52f856cf1004d5d652cc96c65b98274b

Info pengiriman donasi fisik, bisa hubungi saya di Line atau IG @ratuvictoria.

Lebih banyak foto di sini.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Donatur 0

Belum ada donatur untuk campaign ini
Jadilah donatur pertama!

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Campaign Telah Berakhir

Anda tidak dapat menggalang untuk halaman penggalangan ini karena batas waktu telah berakhir.

Mau buat halaman untuk galang dana online seperti ini?