Kitabisa! - Bantu Rinjani Bangkit!
Bantu Rinjani Bangkit!

Bantu Rinjani Bangkit!

Rp 1.451.948
terkumpul dari Rp 20.000.000
3 Donasi 0 hari lagi
KN
KKN UGM PESANGGRAHAN NTB
Akun belum terverifikasi

Cerita

Salam,

Desa Pesanggrahan terletak di bawah kaki Gunung Rinjani. Di sebelah kerucut Rinjani, terdapat kaldera yang memanjang ke arah timur dan barat. Di sisi timur kaldera terdapat gunung Barujari yang pada 25 Oktober 2015 lalu gunung tersebut meletus dan mengeluarkan asap dan debu dalam skala kecil. Hal ini menyebabkan Gunung Rinjani ditetapkan sebagai Waspada Level II. Maka dari itu, misi utama kami adalah mengembalikan senyum kaki Rinjani dan membuat masyarakatnya semakin tangguh dan siap untuk berantisipasi dengan bencana yang dapat terjadi kapan saja.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk puluhan program yang terbagi ke dalam empat fokus disiplin ilmu:

1. Bidang sains dan teknik

Fokus bidang ini adalah pembuatan peta mitigasi bencana, manajemen tanggap bencana, dan pembuatan infrastruktur mitigasi bencana. Akan dilaksanakan juga pengolahan lahan dengan pupuk SROP, pengolahan sampah, sosialisasi hemat energi dan listrik aman, dan lain sebagainya.

2. Bidang Medika

Fokus bidang ini adalah GEGANA (Gerakan Sigap Bencana) yang merupakan program dengan tujuan untuk mengedukai pemuda dan masyarakat untuk mengetahui pertolongan pertama medis terhadap bencana alam. Ada pula pemeriksaan dan penyuluhan kesehatan, perilaku hidup bersih dan sehat, dan lain sebagainya.

3. Bidang Sosio-Humaniora

Mengembalikan fungsi psikologis, meningkatkan skill, mengembangkan jiwa kewirausahaan, dan memajukan kemampuan 'menjual' kekayaan alam Desa Pesanggrahan merupakan fokus dari bidang ini. Program-program yang akan dilaksanakan adalah: pelatihan Psychological First Aid, pelatihan pemberdayaan UMKM, kepemanduan usaha kepariwisataan, dan lain-lain.

4. Bidang Agro

Desa ini memiliki kekayaan alam yang melimpah. Maka kami akan membantu mengembangkan sektor pertanian, peternakan, dan perikanan. Program yang akan kami laksanakan di antara lain: Sosialiasi pengetasan lahan pertanian dan kolam paska bencana, pemanfaatan limbah kotoran ternak, pengolahan hasil pertanian dan perikanan, dan lain-lain.



KKN merupakan mata kuliah wajib di UGM, sehingga salah satu syarat kelulusan adalah melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bentuk KKN.


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (3)