#DonaShe - Bantu perempuan terdampak Covid-19
#DonaShe - Bantu perempuan terdampak Covid-19

#DonaShe - Bantu perempuan terdampak Covid-19

Rp 38.361.613
terkumpul dari Rp 100.000.000
209 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Perempuan petani berhenti tanam sayuran karena  permintaan pasar turun dan harga jual terlalu rendah. Perempuan nelayan rugi karena tangkapan ikannya tak terjual hingga busuk dan terbuang sia-sia. 

Ibu Ayu (50 th) adalah orangtua tunggal dengan tiga anak. Sejak suaminya meninggal, beberapa tahun terakhir ia menjadi tulang punggung keluarga dengan jadi tukang masak di pesta-pesta kenduri warga di Padang. Sejak masa Covid Ibu Ayu tak ada lagi pekerjaan karena semua acara pesta kenduri dibatalkan.

eed9ef4f-cb0e-4e49-b0db-25a4eef9810f.jpg

Sebelum pandemi Corona, Mak Iris (55 th) bekerja sebagai buruh cuci di beberapa rumah tetangganya di Deli Serdang. Suaminya bekerja membawa becak motor. Mereka berdua menghidupi 2 orang cucu yang ditinggal cerai kedua orangtuanya. Pandemi dan kebijakan “Belajar dan Bekerja di Rumah” berdampak langsung hilangnya mata pencaharian Mak Iris dan suaminya. Karena semua orang berada di rumah, pekerjaan mencuci dilakukan sendiri oleh anggota keluarga, sehingga tenaga mak Iris  tidak dibutuhkan lagi. Suaminya juga kehilangan penumpang becaknya, karena anak-anak sekolah yang biasa diantar-jemput sedang tidak ke sekolah lagi. Keluarga Mak Iris hingga saat ini belum menerima bantuan sosial apapun

Kondisi yang dialami Mak Iris dan Bu Ayu banyak dialami oleh perempuan-perempuan penopang ekonomi keluarga lainnya. Mereka harus berjuang keras untuk dapat menghidupi keluarga di masa sulit ini.

07d0408a-8365-412c-9f43-b48978248760.jpg


Kementerian Tenaga Kerja mencatat ada sekitar 2,8 juta pekerja yang di PHK dan dirumahkan akibat pandemi Covid-19, termasuk dari sektor formal dan informal. Dalam kondisi ini, perempuan adalah salah satu kelompok paling terdampak, bukan hanya aspek ekonominya, tetapi juga aspek sosial, kesehatan mental, dan aspek lainnya.

Merespon situasi ini, dan juga dalam momentum Hari Kartini dan Hari Bumi 22 April, alumni program She Creates Change meluncurkan gerakan #DonaShe untuk galang dana membantu perempuan terdampak Corona. 

She Creates Change adalah komunitas 21 perempuan changemakers dari seluruh Indonesia - alumni program Green Camp yang diinisiasi Change.org Indonesia pada 2019. 

Hasil dari penggalangan dana ini akan disalurkan kepada para perempuan terdampak Covid-19 melalui organisasi mitra yang yang bekerja mendampingi perempuan terdampak di beberapa lokasi di Indonesia.

Yuk, bantu saudari-saudari kita yang terdampak pandemi. Berapapun #DonaShe kamu akan jadi  kekuatan dan energi baik untuk mereka bertahan melewati krisis ini

Berikan dukunganmu dengan cara:

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran dan ikut instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Jangan lupa sebar dan ajak teman dan keluargamu mendukung gerakan #DonaShe ini yaa. 

Salam,

Alumni She Creates Change Indonesia

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (209)