Kitabisa! - Alhamdulillah, 21 Warga Suku Togutil Jadi Muallaf
Alhamdulillah, 21 Warga Suku Togutil Jadi Muallaf

Alhamdulillah, 21 Warga Suku Togutil Jadi Muallaf

Rp 44.169.305
terkumpul dari Rp 100.000.000
187 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Sebanyak 21 warga Suku Togutil pada hari Selasa (23/05/2017), kembali mengikrarkan syahadat.

Kisah 21 Suku Togutul yang memeluk Islam ini berawal dari 10 orang suku terasing yang sebelumnya, bulan Maret 2017, yang lebih dahulu telah memeluk Islam dengan prosesi yang dilakukan oleh Imam Masjid Al Munawar, Ternate, Halmahera, lantas beberapa orang lainnya mengikuti jejak para pendahulunya.

“Sebelumnya kita sudah pernah survei ke hutan tempat mereka tinggal di daerah hutan Halmahera. Dearah ini tidak ada sinyal dan jalan darat belum bisa dilalui,”demikian disampaikan Nurhadi (34), dai hidayatullah yang biasa berdakwah di pedalaman.

Untuk perjalanan menuju, hutan dai-dai membutuhkan waktu tempuh sekurang-kurangnya satu pekan perjalanan kaki. Suku ini sendiri memang hidup secara berkelompok-kelompok, dengan sistem hidup yang memang nomaden atau berpindah pindah.

f522ed2c1745ef9028f90171a82831242df6a006

Setelah mendapatkan jejak Suku Togutil, dai-dai masuk menyusuri hutan luas selama berpekan-pekan. Tentu, semua itu harus dilewati dai-dai dengan kondisi tidak ada signal, berjalan kaki naik dan turun gunung dan kadang sehari penuh harus menahan lapar.

Akhirnya, dai-dai berhasil bertatap wajah langsung dengan orang-orang suku ini. Ternyata benar, penduduknya memang hidup berkelompok-kelompok dan juga berpencar-pencar. Satu kelompok warga berisikan sekitar 20 orang, tapi kadang sampai 70 orang.

“Mereka semua datang ke Ternate hanya mengenakan baju di badan. Di hutan tak sedikit diantara mereka ada yang masih bertelajang termasuk laki-laki dan perempuannya.”

Bahasa mereka masih dominan dengan bahasa suku Tobelo dalam. Walaupun sudah ada yang bisa berbahasa Indonesia, sebagian meraka tidak mengerti berkomunisi dengan bahasa Indonesia.

Meski begitu, sebagian besar mereka merasa senang dengan kehadiran dai-dai tangguh, dan banyak orang tua suku ini yang ingin menitipkan anak-anak untuk dibina dan disekolahkan. Saat ini, jumlah warga Suku Togutil yang telah memeluk Islam sebanyak 31 orang.

“Mereka menyatakan siap masuk Islam dan siap dibina,” ujarnya Nurhadi.

6b38042815a5d839e5dd5d43fb961e59c213455a

Mereka telah mendapatkan pembinaan berupa pendidikan agama, keterampilan bercocok tanam dan berternak. Namun, para mualaf ini masih butuh sejumlah keperluan primer seperti tempat tinggal dan pakaian, atau kebutuhan menjalani keterampilannya tersebut.

“Kita butuh bantuan untuk untuk penguatan Islam pada diri mereka. Termasuk kebutuhan pakaian atau logistik mereka sementara di Ternate,” ujar Nurhadi.

Setelah mendapatkan pembinaan, Nurhadi berharap mereka bisa kembali ke daerah asalnya dan bisa mengajak keluarga lain dari orang suku di hutan yang jumlahnya ratusan bisa memeluk Islam.

Semoga Allah memudahkan setiap langkah gerak ini kepada Islam,” tambah Nurhadi.*

==================================================================

CARA BERDONASI:
1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran (transfer bank atau kartu kredit)

Bila Anda ingin mengin lebih tahu tentang program ini dapat menghubungi kami di :

Telp : 021.7975.770

Email : Layanandonatur@bmh.or.id

#MuallafSukuTogutil

#SemuaKarenaZakat

LIKE & SHARE setidaknya kebaikan itu dapat mengalir dari jemari Anda.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (187)