Wakaf Air Bersih Untuk Saudara Kita di NTT
Wakaf Air Bersih Untuk Saudara Kita di NTT

Wakaf Air Bersih Untuk Saudara Kita di NTT

Rp 16.421.953
terkumpul dari Rp 50.000.000
447 Donasi 24 hari lagi


Cerita

“Wahai Rasulullah, sedekah apa yang paling utama?” Beliau menjawab, “Memberi air.” (Shahih Abu Daud).

Kekeringan yang terjadi beberapa waktu terakhir mengakibatkan banyak warga kesulitan mengakses air bersih. 

Sungai dan sumur mengering, sumber mata air menipis menjadi rebutan masyarakat. Warga tidak bisa mandi, mencuci dan memasak. 

Kekeringan masif terjadi di Nusa Tenggara Timur, salah satunya di Kecamatan Ile Ape, 7 desa mengalami krisis air ada 1.139 kepala keluarga. 

60 hari lebih NTT tidak mengalami hujan. Cuaca ekstrem seperti hawa panas dan angin kencang membuat warga menderita apalagi ditambah tidak memiliki air bersih. 

Mereka hanya bisa berdoa menunggu kedatangan bantuan air bersih dari berbagai donatur. Jangankan satu gayung air bersih, segelas air sangat berarti bagi mereka. 

Salah satunya, Bu Nur, sejak kepergian suaminya 6 tahun lalu. Ia berjuang mencari air bersih sendirian. Beliau rela antri berjam-jam berdiri untuk mendapatkan beberapa drum air dan memikul wadah yang berat. 

“Buat keperluan sehari-hari seperti mandi, mencuci dan wudhu saja sudah sulit. Apalagi untuk minum. Kalau ambil dari sumur juga kering, ada air sedikit tapi baunya juga tidak sedap.ucap Nur Asia.

Selama kekeringan, mereka harus membeli air dengan harga tinggi yaitu 15.000/ drum atau sekitar 200 liter jaraknya juga cukup jauh sekitar 30 kilometer.

Mirisnya, bagi yang tidak mampu membeli air, bagaimana mereka bisa bertahan hidup?

Saat ini, ribuan warga di NTT membutuhkan bantuan kita untuk bisa mendapatkan air bersih. Program Dropping Air Bersih ini merupakan bentuk tanggap darurat dari Al Azhar untuk membantu menyediakan air bersih. 

Sahabat, mari ikut meringankan beban Saudara kita yang terdampak krisis air di Nusa Tenggara Timur. Kamu dapat berdonasi dengan cara: 

  1. Klik "DONASI SEKARANG" 
  2. Masukkan Nominal Donasi 
  3. Pilih Metode Pembayaran (Go-Pay/BNI/BNI Syariah/BRI/BCA/Mandiri/Dompet Kebaikan/Kartu Kredit) 

Tak hanya mendoakan dan berdonasi, saudara-saudara juga bisa membagikan halaman galang dana ini agar semakin banyak yang turut menemani perjuangan warga di NTT.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (447)