Kitabisa! - Yuuk patungan bantu nelayan palu melaut kembali
Yuuk patungan bantu nelayan palu melaut kembali

Yuuk patungan bantu nelayan palu melaut kembali

Rp 101.304
terkumpul dari Rp 100.000.000
2 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Perahu untuk Nelayan Palu

"Kalau nggak ada perahu saya nggak bisa cari makan buat keluarga. Melaut itu ya satu-satunya cara bertahan hidup. Saya harus cari ikan dan melaut lagi tapi belum bisa, soalnya masih takut dan perahu sudah hancur.." Pak Anhar, 50 tahun, Nelayan Pantai Bamba

Pasca Tsunami, Pak Anhar tak bisa melaut untuk mencari ikan, padahal menjadi seorang nelayan dan pencari ikan adalah ikhtiar yang ia bangun sejak lama untuk bertahan hidup dan menghidupi keluarganya. Bencana gak hanya membuat masyarakat Palu kehilangan harta benda dan sanak keluarga, tapi juga kehilangan akses ekonomi dan mata pencaharian.

Mata pencaharian masyarakat pesisir pantai Desa Bamba, Kecamatan Kawali, Kota Palu Utara sebagian besar adalah nelayan. Bisa dibayangkan ada berapa banyak keluarga yang kehilangan mata pencaharian?

"Saya dan kawan-kawan nelayan di Kampung Nelayan Bamba belum tahu mau gimana. Perahu kami semua hancur tak bersisa. Padahal kami disini yang hidup dari laut semua..." Kisah Pak Anhar


Selain kehilangan akses ekonomi dan mata pencahariannya, para nelayan pun masih merasa takut dan trauma untuk kembali melaut. Duka akibat Tsunami masih membekas begitu jelas.

Kini, Pak Anhar dan kawan-kawan nelayannya yang tergabung dalam kelompok nelayan "Kerjasama" sedang sama-sama membangun kembali kekuatan, mereka tak boleh terus tenggelam dalam trauma dan duka, mereka harus kembali bangkit dan melanjutkan hidup.

Faktanya, para nelayan dan keluarganya tak hanya membutuhkan beras atau minyak semata, mereka juga butuh pemulihan mental agar bisa berani kembali melaut, dan butuh pemulihan akses ekonomi agar mampu mencari nafkah sebagai nelayan dengan kapal/perahu yang layak dan aman.

Sekolah Relawan ingin mengajak semua Sahabat untuk bersama menyatukan kekuatan dalam proses recovery ekonomi masyarakat nelayan yang terdampak tsunami.

Kini keluarga Para Nelayan bertahan di pos pengungsian, mereka membutuhkan dukungan untuk kembali bangkit, ada ribuan keluarga nelayan lain yang harus kita bersamai

Kami masih terus berusaha untuk membantu Masyarakat Sulawesi Tengah Untuk Bangkit. Oleh karena itu, kami membutuhkan kepedulian sahabat!

Bersama kita pulihkan Donggala dan Palu! Bantuanmu sangat berarti mari kita persembahkan perahu untuk nelayan Palu sebagai bentuk solidaritas kemanusiaan, agar nelayan palu bisa kembali bangkit dan berdaya pasca gempa dan tsunami!

Sahabat bisa berdonasi dengan cara:

  1. Klik "DONASI SEKARANG"
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Kartu Kredit)
  4. Dapat laporan via email


#PeduliSulteng #PrayForSulteng #PrayForPalu #PrayForDonggala #KolaborasiKontribusi

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Donasi (2)