Kitabisa! - Air Bersih untuk Perbatasan
Air Bersih untuk Perbatasan

Air Bersih untuk Perbatasan

Rp 14.914.349
terkumpul dari Rp 12.700.000
55 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Desa Temajuk, Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, merupakan salah satu garda terdepan Negara yang memiliki proyeksi besar ke depannya. Luas Desa Temajuk sekitar 286 kilometer. Terdiri dari tiga dusun, Dusun Maludin, Camar Bulan dan Takam patah. Jumlah penduduknya 485 KK atau 1.887 jiwa. Pemerintah merencanakan Desa Temajuk sebagai desa wisata di garis perbatasan yang mampu bersaing dengan pariwisata negeri tetangga. Namun, secara keseluruhan Desa Temajuk belum memadai untuk mencakup sektor pariwisata yang diproyeksikan. Salah satu faktor penting yang menjadi perhatian adalah ketersediaan air bersih. Air bersih merupakan kebutuhan pokok yang menjadi standard kelayakan kehidupan masyarakat.

Dusun Camar Bulan, salah satu dusun dari tiga dusun di Desa Temajuk, merupakan gerbang utama memasuki desa dari sisi Indonesia, serta pusat pemerintahan desa. Secara fisik lingkungan, Dusun Camar Bulan merupakan dataran rawa yang memang umum terdapat di tepian Pulau Kalimantan. Dataran rawa akan terpengaruh oleh pasang surut air laut. Kemudian, tumbuhan rawa akan terangsang untuk tumbuh dan membentuk suatu ekosistem. Dataran rawa ini kemudian membentuk suatu bentang lahan yang mempengaruhi kehidupan manusia maupun karakteristik air tanah.

Masyarakat telah beradaptasi dengan membangun rumah panggung baik di pinggir sungai maupun di daratan. Hal ini disebabkan kapasitas kemampuan masyarakat (coping capacity) untuk menghindari bahaya akibat naiknya air laut maupun air sungai akibat pasang surut air sudah baik. Sementara itu lapisan dataran rawa yang menyusun daerah ini membuat kualitas air tanah tidak begitu baik. Air tanah sering ditemukan berwarna kemerahan akibat kontak dengan batuan di sekitarnya.

Oleh karena itu, hati kami terpanggil untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui penyediaan air bersih. Alternatif air bersih diperoleh melalui sistem panen air hujan (Rain Harvesting System) untuk melayani kebutuhan air pada lokasi tertentu. Pengaruh kawasan ekuator, mengakibatkan laju curah hujan yang tinggi mencapai 3800 mm/tahun, menjelaskan potensi yang amat tinggi untuk pemanfaatan jenis ini. Curah hujan tinggi dan polusi minimum merupakan indikasi kualitas air hujan yang masih baik.

Air hujan ditampung melalui atap-atap rumah warga yang kemudian disalurkan melalui talang menuju tempat penampungan. Pemanenan air hujan dilakukan secara komunal, yang berarti satu tampungan hujan diperoleh dari beberapa atap rumah dan digunakan oleh beberapa keluarga. Daerah tangkapan air hujan dihitung luasnya, serta volume yang mungkin dikumpulkan setiap kejadian hujan. Hasil perhitungan ini kemudian dijadikan sebagai dasar rancangan tampungan air yang akan dibuat. Selain itu, kebutuhan air per keluarga juga perlu diperhitungkan sebagai proyeksi penggunaan air dalam tampungan. Air dalam tampungan tidak serta merta digunakan setelah tertampung melalui hujan, namun harus ditunggu dalam waktu tertentu hingga pengotor dalam air mengendap.

Kami juga akan meneliti kelayakan tampungan air maupun kualitas air yang tertampung, agar proyek ini dapat berjalan seterusnya dan dapat menjadi percontohan apabila ingin diterapkan secara swadaya masyarakat di kedua dusun lainnya. Pemuatan proyek ini akan melibatkan masyarakat dalam pembuatannya. Hal ini dilakukan agar masyarakat memiliki rasa tanggung jawab dan rasa memiliki terhadap proyek ini. Data-data selama pembuatan proyek akan diserahkan pada Kepala Dusun dan Kepala Desa, untuk pembuatan sistem penampungan hujan lainnya.

Kondisi air masyarakat Desa Temajuk

Aktivitas perbaikan yang dilakukan warga

Kondisi sumber air masyarakat Desa Temajuk

Kami kelompok pengabdian masyarakat UGM di Desa Temajuk dalam proyek air bersih:

Khairina Septianti - Geografi dan Ilmu Lingkungan

Mahdinur - Teknik Sipil

Annisa Dwi - Teknik Kimia

Indah Miftakhul J - Kimia

Yuk berpartisipasi membantu saudara-saudara kita di Temajuk agar mereka bisa mendapatkan air bersih :)

Rencana Penggunaan Dana

Alat dan Bahan Rp. 10.000.000

Biaya Pengiriman Rp. 2.000.000

Publikasi dan Dokumentasi Rp. 500.000

Akomodasi Rp. 200.000

Total Rp. 12.700.000

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (55)