Kitabisa! - Ayo Sediakan Air Minum untuk Anak-Anak Indonesia
Ayo Sediakan Air Minum untuk Anak-Anak Indonesia

Ayo Sediakan Air Minum untuk Anak-Anak Indonesia

Rp 9.979.101
75 Donasi hari lagi

Cerita

b22f93da0ed1209b815cf7af8f935a6be9051f09

Project Child Indonesia merupakan suatu Lembaga Swadaya Masyarakat berbasis komunitas (Community Based NGO) yang berfokus pada pendidikan alternatif di bidang kesehatan, lingkungan, dan teknologi. Project Child didirikan pada bulan Agustus 2011. Tujuan utama organisasi ini adalah untuk memberikan dampak positif kepada masyarakat terutama anak-anak melalui program berkelanjutan.

Saat ini Project Child mempunyai empat program utama yaitu Drinking Water Program, Sekolah Sungai, Sekolah Pantai, dan Internet Literacy Program. Melalui Drinking Water Program, Project Child Indonesia mencoba menyelesaikan tiga (3) masalah sekaligus: rendahnya akses siswa terhadap akses air minum di sekolah; konsumsi minuman tidak sehat selama di sekolah; dan produksi sampah plastik akibat minuman kemasan yang dijual di sekolah. Hingga saat ini program ini berjalan di 12 sekolah di Yogyakarta dan 8 sekolah di Pacitan. Kami akan mengembangkan program ini ke 10 sekolah lainnya di Yogyakarta melalui campaign ini.

bce9ced01dd9e1416583100915ba15acc34917f5

Mengapa Akses Air Minum Menjadi Masalah?

Sumber air yang ada di rumah tangga di Indonesia (sumur, PAM, dan sumber air hujan) tidak dapat dikonsumsi secara langsung tanpa pengolahan lebih lanjut. Di daerah rural, 95% masyarakatnya merebus air untuk diminum. Hal ini termasuk proses yang memakan biaya mahal. Rumah tangga di Indonesia menghabiskan sekitar 8% dari pendapatan mereka untuk air minum. Di sisi lain, ketersediaan air bersih masih menjadi salah satu masalah kesehatan. Lebih dari 150.000 anak meninggal dunia setiap tahunnya karena penyakit diare.

Sementara itu, di Indonesia terdapat sekitar 274.000 sekolah dasar negeri. Sebagian besar dari sekolah tersebut tidak menyediakan air minum untuk anak-anak selama di sekolah. Padahal, setiap hari anak-anak banyak menghabiskan waktu di sekolah. Hal ini terjadi di Jawa di mana air sangat melimpah dan mudah didapat. Namun, mereka masih menemukan kesulitan untuk mendapatkan air minum secara gratis. Di samping itu, air minum yang mereka beli kebanyakan menghasilkan sampah plastik dan botol yang tidak ramah lingkungan. Tingginya penggunaan kemasan plastik atau botol untuk air minum tidak sebanding dengan kemampuan untuk mendaur ulang sampah tersebut.

5ad0a74ae8c27db05f70576f5edb368896fbf2f3

Oleh sebab itu, kami berupaya membantu menyelesaikan masalah ini dengan cara menyediakan air bersih yang dapat dikonsumsi secara langsung melalui Drinking Water Program. Program ini merupakan program berkelanjutan yang memberikan bantuan alat penyaring air ke sekolah-sekolah secara gratis guna meningkatkan konsumsi air minum pada anak sekolah.

Selain menyediakan filter air di sekolah, Project Child Indonesia juga akan mengirimkan relawan untuk memberikan kelas pendidikan alternatif di bidang lingkungan dan kesehatan melalui pelajaran bahasa Inggris selama setahun penuh untuk siswa kelas IV/V di sekolah tersebut.

61f1edb610d1a4ccc92fde896e39afa8b083f22d

Penggunaan Donasi

Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membeli filter air minum dan instalasi filter air minum di 10 sekolah di Yogyakarta dan 3 sekolah di Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Program ini mengggunakan alat saringan air dari produk Nazava Water Filter. Nazava Water Filter dapat menyaring air sumur, air hujan dan air PDAM supaya layak untuk diminum tanpa perlu dimasak terlebih dahulu. Air Nazava termasuk kategori sehat dan aman berdasarkan hasil uji yang dilakukan dari 29 lab di dalam dan luar negeri.

Bantu kami untuk menyediakan akses air minum bagi anak-anak Indonesia,

Kamu bisa berpartisipasi aktif untuk membantu kami dalam menyediakan akses air minum bagi anak-anak Indonesia dengan cara berdonasi:

  1. Klik tombol merah bertuliskan "Beri Donasi"
  2. Isi data diri anda
  3. Pilih cara berdonasi
  4. Transfer ke nomor rekening yang tertera

Kamu juga bisa membantu kami dengan mengajak teman-teman lainnya untuk berpartisipasi dengan membagikan campaign ini ke orang-orang baik lainnya.

Jika kamu punya pertanyaan, kamu bisa menghubungi kami di [email protected] atau kunjungi website kami di http://projectchild.ngo

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (75)