Kitabisa! - Bantu Akhtar Sembuh dari Ekstrofi Kloaka
Bantu Akhtar Sembuh dari Ekstrofi Kloaka

Bantu Akhtar Sembuh dari Ekstrofi Kloaka

Rp 43.771.163
terkumpul dari Rp 80.000.000
561 Donasi 163 hari lagi

Cerita

Perkenalkan saya Rita seorang ibu rumah tangga, saya berasal dari padang dan sekarang tinggal di depok Jawa Barat.

Saya ingin membantu saudara sepupu saya yang memiliki anak istimewa yang bernama Akhtar Ghazy Arkananta, yang mempunyai kelainan bawaan lahir dengan diagnosa Ekstrofi Kloaka dan Atrsia Ani dan 10 kelainan bawaan lainnya.

Akhtar saat ini sudah berusia 14 Bulan, saat ini Akhtar tinggal bersama ibu (Mila) dan ayahnya (Arga) di Padang payakumbuh, Akhtar sempat dirawat di Rumah Sakit Jakarta pusat selama 3 bulan, karena Alat yang belum tersedia di Rumah Sakit tersebut Akhtar dan keluarga kembali lagi ke Padang dan berobat jalan.

Dari lahir sampai usia 3 bulan, Dokter tidak mengetahui jenis kelamin Akhtar , di usia 3 bulan dilakukan cek kromosom di RSCM Jakarta dengan hasil 46XY yang berarti laki – laki maka di usia 3 Bulan, diberi nama Akhtar Ghazy Arkananta.

Belum sampai disitu penyakit yang diderita Akhtar, ia juga harus mengalami Laringo Malasia Tipe 1 dan CTEV (Congenital Talipes Equinovarus) dimana terdapat kelainan bentuk kompleks pada kaki menjadikan bentuk kakinya bengkok.

586ed554-f1dc-4642-808e-96c4d211eb66.jpg

Namun dokter tidak menyarankan makanan tambahan apapun selain susu, dikarenakan masalah organ usus yang masih yang masih terletak di luar tubuh. Susupun masih diberikan lewat sonde, karena ada diagnosa lain, kelainan di langit langit dan tenggorokan yang menyebabkan Akhtar gampang tersedak jika minum dengan sendok dan beresiko makanan akan masuk ke paru paru.

Bengkok, dengan tulang pelvis juga bermasalah.

Dari umur 1 bulan, Bayi kecil ini harus sudah merasakan dinginnya meja operasi untuk pembuatan kolostomi, namun karena jarak usus yang keluar dan kolostomi sangat dekat, Akhtar tidak bisa menggunakan colostomy bag, dan dokter menyarankan menggunakan kain kassa saja.

Kotoran yang keluar dari kolostomi merembes hanya di tutup kain kassa. Hal ini menyebabkan Akhtar sering demam, karena kotoran yang keluar dari kolostomi mengotori bagian organ yang keluar dari tubuh karena jaraknya sangat dekat.

Info dari dokter, Sakit Akhtar termasuk kasus yang sulit dimana selain usus dan kandung kemih yang berada di luar tubuh, ternyata di tulang Pelvis pun bermasalah. Jadi, direncanakan tindakan operasi besar.

Akhtar harus menjalani Repair Kloaka yang operasinya kolaborasi beberapa Dokter Spesialis seperti Dokter Urologi yang akan memasukan kembali kandung kemihnya ,Dokter Spesialis Bedah Anak yang akan menangani kolostominya (karena letaknya terlalu dekat dengan usus diluar tubuh) dan Dokter Spesialis Bedah Ortopedi yang akan memperbaiki tulang pelvisnya dan sampai sekarang alat yang akan digunakan pada operasi pelvisnya belum tersedia dan diperkirakan akan memakan waktu 12 jam.

Memang semua tindakan tersebut di tanggung oleh BPJS, namun kebutuhan lainnya seperti biaya hidup menunggui anak di RS,biaya pembelian susu NUTRIDRINK 400 gram harga Rp. 180.000,-/kaleng. Satu kaleng untuk 3 hari, jadi dalam sebulan Akhtar memerlukan dana untuk susu sebesar Rp. 1.800.000,- per bulan, ini tentu saja d iluar tanggungan BPJS.

Kebutuhan lain yang harus selalu ada adalah pampers premium care harus di ganti per 3 jam karena untuk menghindari infeksi (karena usus dan kandung kemih yang berada di luar tubuhnya yang terlalu dekat dengan kolostomi). Akhtar butuh 8-10 pampers sehari.

Biaya lainnya kebutuhan penggantian kolostominya yaitu NACL 500 ml, obat salep STOMAHESIVE seharga Rp.190.000,- dan MICO – Z seharga Rp. 90.000,-., juga kain kasa dan sarung tangan dan setiap 3 jam harus dibersihkan.

Hai #OrangBaik yuk ikut berjuang bersama Akhtar, melalui berdonasi dengan cara:

1. Klik tombol berwarna merah “DONASI SEKARANG”
2. Isi data diri dan pilih metode pembayaran
3. Transfer sesuai nominal

Jangan lupa bantu sebarkan cerita perjuangan Akhtar ya! Terima kasih untuk bantuannya :)

Untuk informasi lebih lanjut bisa hubungi melalui WA 085211118412 (Rita), 085215583130 (Mama Akhtar).

Selamat berbagi kebaikan!




Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (561)