Kitabisa! - #SedekahPesantren Al Kasyaf, Cibiru Bandung
#SedekahPesantren Al Kasyaf, Cibiru Bandung

#SedekahPesantren Al Kasyaf, Cibiru Bandung

Rp 68.397.374
terkumpul dari Rp 60.000.000
221 Donasi 0 hari lagi
Bagian dari #SedekahPesantren

Cerita

Ibu kandungnya meninggal dunia pada saat melahirkan Ujang, bocah kelas 5 SD ini. Ayahnya pun menikah lagi dan pergi entah ke mana. Kini Ujang tinggal bersama nenek tercinta. Namun mereka harus terpisah jarak, karena Ujang menjadi santri di Pesantren Al Kasyaf, Cibiru, Bandung.

Di tengah kesepian hidupnya yang kehilangan keluarga tercinta, Ujang ternyata punya semangat dan tekad yang kuat untuk belajar ilmu agama, agar kelak ia menjadi anak yang berguna dan mandiri.

Demi menimba ilmu di Pesantren Al Kasyaf, Ujang rela berpisah dengan sang nenek, satu-satunya keluarga terdekat yang masih ia miliki.

Namun di balik semangat Ujang yang sangat membara, terbersit sedikit kekhawatiran dari pengurus pesantren Al Kasyaf. Ini bukan hanya tentang Ujang, namun juga mengenai para santri lainnya yang berjumlah sekitar 80 orang.

"Gedung pesantren ini masih ngontrak. Bulan Agustus 2016, gedung untuk santri pria harus diperpanjang, namun kami belum punya dana sama sekali," ujar Doktor Giovanni Van Rega, sang pendiri Ponpes.

Sekadar info:
Al Kasyaf adalah pesantren yang unik, karena mereka mengkhususkan diri dalam melatih para santri untuk menguasai keahlian menulis dan public speaking.

Setiap bulan para santri diharuskan menerbitkan buku. Ada santri yang sudah berhasil menerbitkan 18 buku, dan santri-santri lainnya umumnya sudah menerbitkan minimal 5 buku.

Para santri Al Kasyaf pun sering tampil di MQ TV Bandung, berceramah sebagaimana layaknya ustadz, karena kemampuan public speaking mereka sudah terasah dengan baik.

Tentu saja, ilmu agama pun tetap diajarkan di Al Kasyaf, sebagaimana pesantren pada umumnya.

Sekitar 50% santri Al Kasyaf adalah anak yatim piatu. Selebihnya berasal dari keluarga dhuafa. Sejak dulu, pesantren ini menggratiskan biaya pendidikan untuk anak yatim, sedangkan yang non-yatim dikenai bayaran sesuai kemampuan.

Namun kini, semua santri tanpa kecuali dibebaskan dari biaya pendidikan alias gratis. Dan satu-satunya sumber pendanaan mereka hanyalah dari uluran tangan para donatur.

Profil Al Kasyaf bisa disimak pada 2 video berikut:

Yuk, bantu Pesantren Al Kasyaf agar mereka bisa SEGERA melunasi perpanjangan kontrak gedungnya. Agar Ujang dan para santri lainnya tetap memiliki gedung yang nyaman sebagai sarana belajar sekaligus tempat tinggal.

NB: Dana yang terkumpul akan digunakan untuk memperpanjang kontrak gedung Pesantren Al Kasyaf Bandung. Jika ada kelebihan dana, insya Allah akan digunakan untuk keperluan-keperluan lain di pesantren ini.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (221)