Kitabisa! - Al Quran Road Trip 99 Pulau: Kepulauan Selayar
Al Quran Road Trip 99 Pulau: Kepulauan Selayar

Al Quran Road Trip 99 Pulau: Kepulauan Selayar

Rp 50.186.846
terkumpul dari Rp 50.000.000
41 Donasi 0 hari lagi
Badan Wakaf Al Quran
Akun telah terverifikasi

Cerita

Kepulauan Selayar merupakan gugusan pulau-pulau kecil yang terletak di bagian tenggara Propinsi Sulawesi Selatan. Dan lokasinya lebih dekat dengan wilayah Nusa Tenggara Timur, oleh karena itu tak heran bila warganya lebih memilih ke Maumere atau ke Larantuka untuk menjual ikan asin atau hasil bumi mereka.

Menjelang Ramadhan 1437 H, Ustadz Arifudin Anwar yang merupakan da’i di wilayah Adonara sering melakukan safari dakwah ke pulau-pulau kecil menggunakan kapal laut. Kapal ini merupakan hasil wakaf umat Islam yang dihimpung Badan Wakaf Al Qur’an (BWA) yang pada tahun 2013 silam telah selesai dibuat.

“Kapal ini telah memberikan nilai dan keuntungan moril yang luar biasa,” ujar nadzir wakaf kapal dakwah tersebut saat bersilaturahim ke Kantor BWA pada Juli 2016.

Kapal ini telah mengarungi samudra untuk mengunjungi umat di pulau-pulau terpencil, menyambung silaturahmi, mendampingi program BWA sekaligus sarana berdakwah menyebarkan Islam yang benar sesuai Al-Qur’an dan As-Sunnah. Sekaligus membantu memasarkan hasil laut umat ke pasar-pasar di kota Maumere, Kupang, Timor, dan sekitarnya.

Sejak Maret - Juli 2016 saja, Pimpinan Pondok Pesantren Ikhwanul Mukminin Adonara telah melakukan perjalanan sebanyak empat kali. Setiap perjalanan, ia biasanya singgah di pulau-pulau terpencil tersebut selama dua pekan untuk berdakwah mengajarkan Al-Qur’an dan Islam.

Pada perjalanan terakhir yakni diwilayah kepulauan selayar, tepatnya di pulau Karumpa, perjalanan safari dakwah memakan waktu selama 40 hari yaitu sejak awal Ramadhan 1437 H hingga berlebaran dengan umat di Pulau ini dan kembali pada tanggal 10 Syawal 1437 H.

Selama Ramadhan, Ustadz Arifudin melakukan tabligh keliling antara lain di Kampung Karumpa Barat, Karumpa Timur (Pulau Karumpa), serta Buranga dan Gonda (Pulau Kalatoa). Pulau Kalatoa ini adalah kampung mualaf asal Flores yang sudah tinggal di sana sebanyak 30 KK.

45260fc23d11ba952617edb2417ef2ebc8af7fb7

Ustadz Arifudin saat berkunjung ke rumah salah satu warga di pulau Kalatoa

“Saudara kita di pulau-pulau terpencil ini tidak punya Al-Qur’an, ada juga 2 atau 3 mushaf saja itupun sudah tidak lengkap. Saya kesulitan kemarin pas Ramadhan untuk tadarrus Al- Qur’an tidak bisa menghatamkan Al-Qur’an,” ungkapnya prihatin.

Melihat kondisi tersebut, BWA langsung respon denganproyek Al-Qur’an Road Trip di kepulauan Selayar. Direncanakan sekitar 500 eksemplar Al-Qur’an wakaf dapat didistribusikan pada akhir Oktober 2016.

Adapun sasaran distribusi Al-Qur’an yang akan dikirimkan ke kepulauan Selayar yaitu: Pulau Karumpa dan Pulau Kalatoa, juga beberapa daerah diwilayah Larantuka dan Pulau Adonara NTT.

Kami mengajak kaum Muslim untuk bersama-sama menyukseskan proyek ini untuk menguatkan akidah mereka dan pahala berlimpah untuk kita semua.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (41)