Kitabisa! - Peningkatan Gizi Anak di Pegunungan Papua
Peningkatan Gizi Anak di Pegunungan Papua

Peningkatan Gizi Anak di Pegunungan Papua

Rp 8.681.656
terkumpul dari Rp 50.000.000
35 Donasi 0 hari lagi

Cerita

EMBISON

2af78489-de7a-4c6a-944f-7209c3970324.jpg

Embison adalah salah satu anak yang menjadi dampingan Yasera di Kabupaten Jayawijaya, Papua. Selama 12 hari berturut-turut Yasera melakukan kegiatan Pos Gizi bagi anak-anak di bawah lima tahun yang berat badannya di KMS berada di garis hijau muda, kuning serta di bawah garis merah. Tujuannya adalah agar anak-anak ini memiliki asupan gizi yang baik dan dapat bertumbuh dengan sehat.

Orangtua dari Embison tidak dapat memberikan makanan yang bergizi karena keterbatasan perekonomian dan juga karena kurangnya pengetahuan yang baik mengenai gizi untuk anak-anak di bawah lima tahun – masa dimana pertumbuhan anak berjalan maksimal. Tidak banyak makanan yang tersedia di rumahnya, tidak jarang Embison dan keluarganya makan kurang dari tiga kali sehari – kalaupun ada makanan menunya bukanlah menu gizi seimbang. Bahkan makanan yang berprotein hewani yang biasa dikonsumsi masyarakat pada umumnya seperti telur, ikan, apalagi ayam sangat jarang mereka makan. Mereka mengkonsumsi protein hewani tersebut saat ada acara-acara tertentu di kampung mereka. Sampai pada akhirnya Yasera memulai kegiatan Pos Gizi dan saat itulah Embison bisa menikmati makanan yang bergizi baginya dan dia menyukai rasanya.

Selain menyediakan makanan bergizi dalam kegiatan ini Yasera juga mengajarkan kepada keluarga bagaimana cara menyediakan makan yang sehat bagi anak-anak dengan cara bekebun di pekarangan rumah. Pada akhirnya orangtua Embison ingin belajar lebih banyak lagi mengenai gizi untuk anaknya agar ia bisa memasak makanan yang baik untuk anaknya. Mamanya Embison saat ini menanam kacang-kacangan, seperti kacang panjang, buncis dan menanam berbagai sayuran lainnya di kebunnya.

ORODE

b9de9cd3-0dcb-45ab-9504-30869b04918f.jpg

Ibu Mina adalah salah satu Agen Pertanian yang selalu ikut pertemuan pelatihan Pertanian dari Yasera. Ibu Mina memiliki 4 orang anak dan 2 orang cucu, suaminya pergi ke kabupaten lain dan tidak ada kabar sampai sekarang, 2 anaknya sudah berkeluarga dan sekarang Ia tinggal dengan 2 orang anak yang masih duduk di bangku SMA dan SMP dan 1 orang cucu Orode namanya.

Orode diasuh oleh ibu Mina sejak usia 3 bulan. Sekarang Orode sudah berumur 3 tahun dan status di KMS warna kuning sehingga Orode termasuk dalam daftar anak untuk pemberian makanan bergizi dari Yasera. Pemberian makanan bergizi dilakukan selama 12 hari, dan setelah 12 hari berlalu berat badan Orode mengalami peningkatan 1 kg. Ibu Mina senang dan bersyukur berat badan cucunya naik.

Sekarang ibu Mina tahu kalau Orode harus lebih sering makan dan juga harus mengkonsumsi protein hewani tidak hanya sayur dan ubi saja seperti sebelumnya. Ibu Mina sekarang memiliki kebun yang ditanami sayuran dan umbi-umbian. Ibu Mina berkata “saya hidup dari jual sayur-sayur saja, saya jual labu siam, daun labu siam, jual pisang, ubi, keladi, dan jual-jual kue di pasar untuk beli beras dan daging untuk Orode.” Saat ini ibu Mina tahu menyediakan makanan sehat dan bergizi untuk keluarga lebih khusus untuk cucunya Orode.


REGIN

29d4a2dc-0c77-4290-b114-0e12895062f5.jpg

Regin adalah salah satu anak yang mengalami gizi buruk di salah satu kampung dampingan Yasera. Menurut penuturan dari ibunya memang sangat wajar anaknya mengalami gizi buruk karena anaknya tidak bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi. Hal ini terjadi karena keterbatasan ekonomi dan pengetahuan tentang pentingnya hidup sehat bagi anak-anak di dalam keluarga. 

Melihat situasi ini Yasera melakukan kegiatan Pos Gizi selama 12 hari. Dan hasilnya setelah 12 hari berjalannya Pos Gizi, berat badan Regin mengalami peningkatan. Itulah dampak yang terjadi ketika Pos Gizi dilakukan selama 12 hari. 

Dampak lainnya adalah keluarga menjadi lebih peka terhadap kesehatan anak-anak mereka. Walaupun hidup dalam keterbatasan ekonomi mama Tima berkata bahwa hal yang akan dia lakukan ketika ada uang adalah membeli beras, tahu/tempe, dan sayur-sayuran, untuk dikonsumsi Regin dan keluarganya.  


HARAPAN

Melalui program Penguatan Keluarga di Papua, kami membantu menyediakan makanan bergizi bagi anak-anak usia di bawah 5 tahun di wilayah Pegunungan Tengah Papua. Disamping itu kami juga berusaha untuk memberdayakan keluarga-keluarga untuk belajar mengenai pentingnya gizi dan bagaimana menyediakan gizi yang baik bagi anak-anak mereka dengan cara memanfaatkan lahan yang mereka miliki untuk menanam berbagai macam tanaman yang nantinya bisa menjadi sumber makanan di rumah mereka. Ini adalah program jangka panjang dengan tujuan akhir adalah keluarga-keluarga bisa mengerti dan memahami betapa pentingnya makanan bergizi bagi anak-anak.

Embison, Orode, dan Regin adalah sedikit contoh dari puluhan anak pegunungan lainnya yang tidak bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi pada usia emas mereka karena terkendala kondisi ekonomi dan juga terbatasnya pengetahuan tentang kesehatan anak. Program Penguatan Keluarga Papua menyasar puluhan bahkan ratusan anak 7 posyandu di Pegunungan Tengah papua agar status gizi mereka meningkat. Tahun ini kami menargetkan membantu 23 anak lagi dan terus bertambah.

Mari dukung program ini, agar lebih banyak lagi anak yang bisa meningkat status gizi mereka dan memiliki harapan untuk hidup sehata serta masa depan yang lebih baik. Kami berharap akan ada semakin banyak #orangbaik yang mau membantu Embison lainnya di wilayah Pegunungan Tengah Papua.⠀⠀⠀

1. Jumlah Posyandu : 7 di Pegunungan Tengah Papua

2. Jumlah anak kurang gizi yang dibantu : 23 anak dan akan terus bertambah

3. Kegiatan :

  • pemberian makanan bergizi seimbang
  • penyuluhan gizi
  • pemberdayaan posyandu
  • pembuatan pekarangan gizi rumah tangga

4. Follow up: Kunjungan bulanan ke rumah keluarga-keluarga dengan anak-anak yang mengikuti kegiatan Pos Gizi untuk memastikan mereka tetap menerapkan pola makan gizi seimbang dan Yasera menciptakan agen-agen perubahan sehingga setelah Yasera menyelesaikan kegiatannya perubahan yang sudah terbentuk di masyarakat dapat bertahan lama.

5. Jangka waktu program : 3 tahun untuk 1 lokasi.

CARA BERDONASI

  1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
  2. Masukan Nominal Donasi
  3. Pilih Metode Pembayaran
  4. Tuliskan juga dukungan agar Embison dan puluhan anak Pegunungan Papua lainnya bisa menerima asupan gizi yang baik pada usia emas mereka.

Catatan:

  • Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk mendukung Program Penguatan Keluarga di Papua dalam upaya meningkatkan status gizi anak-anak dibawah 5 tahun.
  • Informasi lebih lengkap dapat menghubungi nomor +62 821 9755 0855.
  • Informasi lengkap mengenai program: Kunjungi website kami di https://yasera.org.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (35)