Kitabisa! - Siswa Sandal Jepit
Siswa Sandal Jepit

Siswa Sandal Jepit

Rp 5.539.847
terkumpul dari Rp 50.000.000
14 Donasi 0 hari lagi
SM3T Timor Tengah Selatan
Akun belum terverifikasi

Cerita

Siswa sandal jepit merupakan predikat yang disandang oleh para siswa tanpa serangam lengkap (seragam dan sepatu) yang tetap diperbolehan untuk menimba ilmu di sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh pelosok Timor Tengah Selatan (TTS), NTT.

Sesuai dengan pemantauan kami dalam melaksanakan tugas sebagai guru SM-3T (Sarjana Mengajar di daerah terdepan, tertinggal dan terluar) ini, kami menghimpun data bahwa sekitar 250 orang siswa (diperkirakan lebih banyak yang belum terdata) melaksanakan pembelajaran tanpa seragam yang lengkap. Baju harian dan sandal jepit yang mereka pakai seolah memberi pemandangan bahwa terjadinya kesenjangan sosial orangtua/wali siswa di sekolah tersebut. Sebenarnya mereka malu, minder dan kurang percaya diri dengan kondisi yang mereka alami. Tetapi mereka hanyalah seorang anak yang tidak kuasa meminta banyak mengingat kepelikan ekonomi keluarga yang tergolong sangat redah itu.

e27f56fb5047ba92c1d5c528aa61d086d8049c4d

Lalu, sudikah kita membiarkan itu terjadi?

Tega kah kita menyandingkan masa depan mereka dengan ketidakberdayaan yang sudah terbukti membunuh rasa percaya diri mereka?

Mereka pesimis dan kurang terarah untuk berpengharapan maju!

Jadi, kami menghimbau kesediaan para pemerhati masa depan pendidkan, khusunya di TTS ini untuk ikut berpartisipasi dalam menyetarakan status mereka yang kurang beruntung tersebut. Jika berkenan, kami membuka donasi berupa uang, barang atau kerjasama dibidang lain yang bekaitan dengan pemberantasan baju harian dan sandal jepit di sekolah-sekolah. Jika dalam hal ini saudara/i belum bisa membantu donasi, setidaknya kami mohonkan untuk menyambungkan rantai kebaikan ini kepada orang-orang yang berpotensi untuk membantu.

Meskipun seragam dan sepatu yang akan disumbangkan nantinya tidak serta merta langsung mencerdaskan mereka, tetapi dengan kesetaraan status yang mereka rasakan itu diharapkan membangkitkan semangat belajar dan kepercayaan diri mereka sehingga tidak ada lagi pembeda yang menyembunyikan cita-cita dan kreativitas berfikir mereka.

Salam kesetaraan dari siswa bersandal jepit.

Bagi yang mau membantu berbentuk barang bisa dikirim ke alamat:

RT/RW 007/003 Kel Nonohoris, Kec Kota Soe Kab Timor Tengah Selatan, Prov Nusa Tenggara Timur. a/n Yuce Oematan.

Contact Person : Call/sms/WA

0823 8809 4012 (Nanda)

082280261614 (Reky)

Line : rizkitrinanda

Instagram : @sm3t_tts

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (14)