Kitabisa! - Apresiasi untuk Mas Yono - 15th Pengabdian
Apresiasi untuk Mas Yono - 15th Pengabdian

Apresiasi untuk Mas Yono - 15th Pengabdian

Rp 42.990.177
terkumpul dari Rp 40.000.000
265 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Apresiasi untuk Mas Yono - 15 tahun Pengabdian untuk Mushalla FISIP UI

Mas Yono yang bernama lengkap Bambang Mulyono lulus dari STM pada 1997. Setelah melamar berbagai pekerjaan, Mas Yono tidak menyangka, keputusannya menjadi office boy (OB) di Gedung F mengantarkannya menjadi pengurus Mushola Al-Hikmah FISIP UI selama 15 tahun.

Mushola pada 2001 tidak seluas sekarang. Saat itu Mushola masih dipagari dan tidak ada Deposit Center, tempat civitas FISIP menitipkan barang dan sesekali mengobrol dengan Mas Yono. Saat itu Mas Yono yang sebenarnya bertugas di Auditorium Asuransi Jiwa Bumiputera (sekarang menjadi AJS), sering berinisiatif membersihkan Mushola.

Mushola Al-Hikmah yang menjadi salah satu Mushola tertua dan terluas di UI ternyata membutuhkan perhatian yang rutin. Tanpa ada pengurus yang membersihkan lantai atau mencuci karpet dan mukena, Mushola tersebut tidak akan mampu melayani jamaah sekitar 200 orang lebih per hari kerja.

Banyak orang yang kemudian meminta bantuan Mas Yono untuk secara rutin membersihkan Mushola. Inilah awal cerita Mas Yono mewakafkan dirinya sebagai pengurus Mushalla Al-Hikmah FISIP UI.

Mas Yono mulai berfokus menjadi pengurus Mushola sejak 2001. Pada awalnya untuk insentif bulanan, mahasiswa FISIP mengumpulkan iuran rutin menambah pemasukan bagi Mas Yono selain pemasukannya sebagai OB di Gedung F. Tentu saja iuran dari mahasiswa tersebut tidak mencukupi. Beberapa tahun kemudian Dekanat FISIP UI mendirikan lembaga Dana Sosial Mushola (DSM). Lembaga tersebut kemudian memberikan gaji bulanan yang disesuaikan dengan standar UMR di Depok.

15 tahun berlalu dan Mas Yono kini sudah berumur 40 tahun. Ada banyak warga FISIP yang tak hanya mengenal suara adzan beliau, tapi juga sering berbincang dengan beliau. Pegawai, office boy, mahasiswa, dosen, dekan, bahkan salah satu rektor UI mengenal beliau dengan baik. Shalat berjamaah di Mushola mempertemukan mereka.

Kita yang sudah mengenal Mas Yono tentu saja sangat mengenal dan merasakan besarnya pengabdian beliau. Kita sadar bahwa Mas Yono memutuskan tetap di Mushola sementara kita tidak selamanya dapat mengunjungi Mushola. Karir dan kesibukan kita terus menanjak dan sangat jarang kita punya kesempatan untuk berjamaah di Mushola FISIP UI untuk sekedar menyapa serta berbagi senyum dengan Mas Yono. Kita perlahan "meninggalkan" Mas Yono, dan Mas Yono tetap dengan rutinitas pengabdiannya di FISIP UI.

Dengan segala rasa hormat, kami mengajak teman2, Adik2, Abang2, Mas2, Mba2 mahasiswa dan alumni FISIP UI untuk bersama memberikan sesuatu yang berkesan untuk sosok spesial ini.


Berikut potongan wawancara singkat kami dengan Mas Yono terkait pengabdian beliau di Mushola FISIP UI:

Wawancara Eksklusif dengan Bambang “Mas Yono” Mulyono

Mas, dulu langsung lulus STM kerja di sini?

Lulus STM tahun 1997. Jadi pengurus takmir mushola tahun 2001.

Kenapa mau jadi pengurus Mushola?

Suka karena bisa kerja sambil ibadah.

Terus, apalagi?

Kalau ga di sini, ga ketemu pengurus mahasiswa FISIP UI. Gara-gara saya kerja di sini saya dapat jodoh. Adik ipar saya, adik istri saya kuliah di Komunikasi. Kerja di sini cukup berkah. Dapat ilmu, kenal dosen, profesor. Orang pinter semua. Pak Komar yang baik. Pak ibnu yang sudah jadi profesor. Kenal sama Prof Eko. Banyak yang kenal, Pak Gumilar, jadi rektor aja kenal saya.

Sebelum ada Deposit Center, dimana Mas Yono jaga Mushola?

Dulu duduk di selasar depan mushola sebelum ada deposit center, waktu mushola masih dipagar.

Mas, sering ngerasa kehilangan orang yang udah pernah dikenal di Mushola?

Kadang biasanya dia sering nongkrong di sini, ngobrol di sini, tapi ga pernah nongkrong di sini. Sekarang udah ga ada lagi.

Gimana Mas Yono melihat pengurus FSI?

Pengurus FSI itu anggapan saya sebagai anak. Nanti kalau anak saya udah gede, segede gitu.

Terus, kalau sama dosen, gimana kenalnya?

Kalau Pak Komar, dulu manajer kemahasiswaan. Sering sholat di sini, kenal.

Kalau Prof Ibnu dulu sempat jadi pengurus DSM sebelum jadi profesor, sering sholat di sini, nanya-nanya.

Waktu Mas Yono kerja di sini, udah ada DSM?

Waktu saya baru kerja di sini, belum ada DSM. Dulu gaji saya, mahasiswa yang ngumpulin. Waktu saya juga jadi OB di AJB, Gedung F, sekarang AJS.

Mas, mau kerja sampai tua di sini?

Kalau udah tua, ga kuat ngurusin mushola segede ini. Tingkat, turun naik, lumayan.

Memangnya berapa umur Mas Yono?

Saya lahir 1976. Umur saya 40 tahun. Udah sejak umur 25 tahun saya kerja di sini. 15 tahun kerja di Mushola.

Gimana keadaan Mushola dulu?

Ada banyak anak Ekstensi, D3, sholat di sini. Siang ramai, maghrib sampai isya ramai banget. Mushola penuh. Sekarang S1 aja, sepi.


Adapun dana yang terkumpul nantinya akan kami serahkan 100% kepada Mas Yono dengan rancangan sebagai berikut:

Tujuan pengumpulan donasi #ApresiasiUntukMasYono adalah untuk memberikan bantuan finansial berupa :

1. Tabungan Deposito pendidikan tinggi untuk anak-anak Mas Yono (Rp 25.000.000,-)

Mas Yono mempunyai tiga orang anak yaitu Yasmin, Najmi dan Sidqi. Mereka masih berada di tingkat pendidikan dasar. Untuk sementara ini biaya pendidikan dasar anak-anak Mas Yono masih dapat beliau usahakan. Namun ke depan, untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi pastinya diperlukan biaya yang tidak sedikit. Bantuan berupa tabungan pendidikan berjangka diharapkan mampu meningkatkan taraf hidup keluarga Mas Yono.

2. Modal Usaha Kebutuhan Pokok (Rp 10.000.000,-)

Kita sadar bahwa Mas Yono butuh pemasukan tambahan mengingat hanya beliaulah tumpuan kehidupan rumah tangga. Untuk menambah pendapatan rutin dan menutupi kebutuhan hidup, Mas Yono bisa kita bantu dengan memberikan modal yang akan digunakan untuk membuka usaha kecil-kecilan yang nantinya akan dikelola oleh istri beliau di rumah.

3. THR (Rp 5.000.000,-)

Sesuai dengan momen saat ini, kurang rasanya jika kita tidak ikut memberikan kebahagiaan hari raya kepada Mas Yono dan keluarga. Dengan THR ini semoga saling berbagi semakin terasa dan kebahagiaan di hari kemenangan menjadi milik bersama.


Cara Berdonasi:

1. Klik tombol berwarna merah “Donasi Sekarang”

2. Isi data diri (bisa anonim) dan pilih cara pembayaran

3. Transfer ke nomer rekening yang dipilih / isi form kartu kredit untuk pilihan kartu kredit

Terima Kasih
Jabat Erat

Muhammad Hanif (Ilmu Hubungan Internasional/2010)

Ahmad Tombak Al-Ayyubi (Ilmu Komunikasi/2010)

Fathan Mubina (Ilmu Politik/2011)

Tri Asih Wismaningtys (Ilmu Administrasi Negara/2011)

Lenggar Wicaksono (Ilmu Administrasi Fiskal/2011)

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (265)