Kitabisa! - Arite Sekolah
Arite Sekolah

Arite Sekolah

Rp 29.668.513
terkumpul dari Rp 152.916.000
78 Donasi 0 hari lagi
Fevrina Leny Tampubolon
Akun telah terverifikasi

Cerita

Siapakah Kami?

Kami adalah mantan guru yang mengajar di Kelas Unggulan Lanny Jaya, sebuah Kabupaten yang berada di Papua. Kami mengajar tepatnya di desa Tiom.

Sepenggal Cerita

Juli 2015, saya bertolak ke Papua untuk mengajar. Saat itu saya bergabung dalam sebuah program yang merupakan inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya, sebuah kabupaten baru di Papua. Mereka menamakan program ini Program KelasUnggulan.

bagaimana dituliskan dalam namanya, program ini menggambarkan optimisme pemerintah daerah untuk mempersiapkan generasi unggul daerahnya. Oleh karena itu, pemerintah mengalokasikan dana khusus untuk mendukung program ini. Mereka membangun sekolah berasrama. Mereka menyeleksi murid-murid dari sekolah sekitar. Bekerjasama dengan sebuah yayasan, mereka memulai tahun pertama program ini pada Juli 2013.

Sebagai program khusus, Kelas Unggulan jauh berbeda dengan sekolah-sekolah reguler di sekitarnya. Kelas unggulan mencoba untuk menjawab masalah pendidikan di Lanny Jaya, khususnya untuk kedisiplinan, kapasitas, dan kualitas guru-guru lokal. Dengan menyediakan guru-guru kontrak yang kompeten dan menerapkan kurikulum yang sesuai, Kelas Unggulan telah memberikan lingkungan belajar yang layak dan kondusif bagi siswa-siswanya.

Pada Juni 2016, untuk pertama kalinya Kelas Unggulan menamatkan 37 siswanya. Pada suatu kesempatan di perayaan wisuda, seorang pejabat pemerintah menyampaikan selamat kepada para wisudawan beserta orang tua mereka. Selain itu, ia menjanjikan untuk memfasilitasi semua wisudawan untuk melanjutkan sekolah kemana saja mereka mau. Hal ini disambut baik oleh orang tua beserta hadirin. Namun sayang, pada akhirnya janji itu tidak pernah dipenuhi.

Sekarang, hampir semua lulusan sudah terdaftar di beberapa sekolah reguler di Lanny Jaya. Mereka mengalami penurunan kualitas pembelajaran yang sangat signifikan. Kehadiran guru mungkin akan menjadi lebih langka mereka temui jika dibandingkan dengan pengalaman mereka sebelumnya. Mereka seharusnya punya kesempatan untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak sebagaimana mereka telah dipersiapkan sebelumnya.

Kami menginginkan hal ini terus berlanjut sampai jenjang tertinggi yang bisa mereka dapatkan. Untuk itu, kami telah merumuskan rencana pendidikan bagi mereka sampai jenjang kuliah. Namun, kami butuh banyak orang untuk bersama kami mewujudkan mimpi ini. Ya benar, kami akan melakukan penggalangan dana. Untuk itu kami mengundang teman-teman semua untuk ambil bagian dalam kesempatan berbagi ini.

Ifan ONG


Arite

Nama : Arite Lorestina Yigibalom

Tempat Lahir : Gumbo, Kabupaten Lanny Jaya, Papua

Tanggal Lahir : 26 Desember 2002

Nama Ayah : Arton Yigibalom

Nama Ibu : Melira Weya

Prestasi : Semi finalis Olimpiade Sains Kuark tahun 2016

Arite, begitu ia akrab dipanggil. Remaja putri yang jago bermain bola ini bermimpi untuk menjadi seorang dokter. Sifatnya yang dewasa dan suka menolong membuat Arite disukai teman-temannya. Bahkan, Arite sering sekali menjadi pembela teman-teman putrinya dari kejailan teman-teman putra.

Arite merupakan salah satu lulusan pertama Program Kelas Unggulan Tiom. Program Kelas Unggulan merupakan program inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya. Program ini bertujuan mempersiapkan generasi unggul daerah setempat. Berbeda dengan sekolah-sekolah di sekitarnya, proses belajar mengajar di Kelas Unggulan Tiom memiliki standar yang tidak kalah bersaing dengan sekolah di perkotaan. Siswa yang menempuh pendidikan di sekolah ini adalah siswa pilihan dari berbagai sekolah di sekitar kota Tiom, Lanny Jaya. Seluruh siswa yang terseleksi ditempatkan pada sebuah asrama yang berada di bawah pengawasan guru dan pihak pengelola asrama.

Arite telah menjalani pendidikan di Kelas Unggulan selama tiga tahun sebagaimana program ini dimulai sejak kelas empat sekolah dasar. Selama proses akademis di sekolah, Arite menunjukkan perkembangan yang luar biasa. Awalnya Arite sulit sekali memahami pelajaran di sekolah. Keadaan ini tidak lantas membuat ia menyerah. Malah Arite tidak pernah malu untuk bertanya saat mendapati kesulitas belajar. Ia tidak segan-segan datang ke rumah guru untuk menanyakan materi pelajaran yang belum ia pahami di sekolah. Semangat belajar inilah yang akhirnya membawanya pada prestasi yang sangat membanggakan. Di akhir semester kedua di tahun kelulusannya, Arite menempati peringkat satu di kelas.

Saat ini Arite melanjutkan pendidikan di SMP reguler di tempat ia tinggal. Hal ini dikarenakan pemerintah tidak melanjutkan Program Kelas Unggulan untuk tingkat sekolah menengah. Sekolah tempat ia menuntut ilmu sekarang sangat jauh berbeda dengan pengalaman tiga tahun terakhir di Kelas Unggulan. Kehadiran guru dan ilmu yang berkualitas sangat sulit ditemui di sekolahnya yang baru. Padahal melihat semangat dan kemampuan yang dimilikinya, kita tahu bahwa Arite berhak mendapatkan pengalaman pendidikan yang lebih baik. Pengalaman tiga tahun kemarin hendaknya bisa terus berlanjut Dengan demikian Arite bisa menjadi generasi unggul yang mumpuni yang berguna bagi Indonesia, terlebih bagi Lanny Jaya, di kemudian hari.

Melanjutkan Pendidikan ke Jember

Melanjutkan sekolah di tempat yang lebih baik adalah harapan terbesar yang bisa kami berikan kepada siswa-siswi kami. Untuk kasus mereka, keluar dari kampung halaman adalah satu cara yang bisa mewujudkan hal itu. Namun, ada tantangan yang pasti akan menghadang saat mereka melangkah jauh dari tanah yang selama ini telah membesarkan mereka. Adaptasi tempat dan budaya merupakan dua hal yang menjadi titik terberat dalam pertimbangan kami mencari sekolah bagi mereka. Kriteria terpenting sekolah yang kami cari adalah memiliki asrama. Kriteria ini menjadi yang utama mengingat asrama akan sangat membantu pengawasan terhadap siswa sepanjang hari. Akhirnya, pilihan kami jatuh kepada Stella Duce 2, Yogyakarta. Akan tetapi, karena ada berita tentang siswa SMA Papua yang meninggal ditabrak kereta di Yogyakarta (http://jogja.tribunnews.com/2016/08/15/dua-korban-...) dan berita tentang konflik mahasiswa Papua dengan pemerintah Yogya (http://www.bbc.com/indonesia/berita_indonesia/2016...). Akhirnya kita memutuskan untuk mengubah rencana sekolah yang awalnya di Stella Duce 2 Yogya menjadi SMPK Maria Fatima, Jember yang memiliki kualifikasi dan kriteria sekolah yang sama dengan Stella Duce 2 Yogyakarta.

Profil SMPK Maria Fatima Jember


Nama : Anince Kiwo

Tempat Lahir : Golikme, Kabupaten Lanny Jaya, Papua

Tanggal Lahir : 16 Agustus 2004

Anince itu periang. Ia manyukai pelajaran matematika. Ia bercita-cita untuk menjadi seorang guru. Walaupun sedikit malu, Anince selalu bersemangat jika diberi kesempatan untuk menerangkan di depan kelas. Di sekolah yang baru, Anince bergabung dengan tim basket putri. Membuat noken juga merupakan salah satu keahlian yang dimilikinya. Sama seperti Arite, Anince juga merupakan salah satu lulusan pertama Program Kelas Unggulan Tiom. Kehadiran Anince ini karena kami melihat bahwa banyak pihak yang antusias untuk memberikan kesempatan mengecap pendidikan yang lebih baik oleh lebih banyak anak lagi. Oleh karena itu, kami berinisiatif untuk menambahkan Anince. Selain itu, kehadiran Anince juga membantu Arite untuk beradaptasi dengan teman-teman di daerah yang jauh dari kampung halamannya. Kehadiran Anince dapat menjadi teman untuk saling mendukung dan menguatkan selama belajar di Jember.

Total biaya

Total biaya fase-1 untuk Arite dan Anince sebesar: Rp 152.916.000


Cara Berpartisipasi

Setiap orang bisa berpartisipasi dalam aksi gotong royong ini melalui dua cara sebagai berikut:

1.Melalui platform kitabisa.com/aritesekolah

2.Melalui transfer ke akun pribadi kami

Bagi yang hendak melakukan transfer ke akun pribadi kami, harap menghubungi kami di nomor yang tersedia di bawah untuk informasi nomor rekening.

Besar dana dan frekuensi partisipasi tidak dibatasi.


Contact Person

Ifan ONG

Telp. 0821 2779 5632 I WA : 0821 2779 5632 I [email protected]

Lumi Manullang

Telp. 0813 1732 3609 I WA : 0813 1732 3609 I [email protected]

Fevrina Leny Tampubolon

Telp. 0852 8933 7114 I WA : 0852 8933 7114 I [email protected]


Sebagaimana kami sedang bekerja untuk menggalang dana untuk Arite dan Anince, kami ingin mengundang teman-teman semua untuk menjadi bagian dalam usaha ini. Semua dana yang terkumpul akan digunakan untuk menyokong biaya pendidikan Arite dan Anince.

Setiap orang yang ingin berpartisipasi diharapkan bisa mencantumkan email atau media lain agar kami dapat menceritakan setiap perkembangan pendidikan yang akan dicapai Arite dan Anince.

Bagi mereka yang ingin menjadi orangtua pendamping, silahkan menghubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

“saat memberi, aku bersyukur atas kesempatan yang diberikan padaku untuk melakukannya”

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (78)