Dukung Aksi Ridwan untuk Literasi Armada Pustaka
Dukung Aksi Ridwan untuk Literasi Armada Pustaka

Dukung Aksi Ridwan untuk Literasi Armada Pustaka

Rp 10.397.876
terkumpul dari Rp 100.000.000
260 Donasi 0 hari lagi
Bagian dari Ini Pemuda 2019

Cerita

Armada Pustaka Mandar adalah komunitas literasi yang didirikan 2015 oleh Muhammad Ridwan Alimuddin, diawali penggunaan Perahu Pustaka dalam menyebar buku ke pulau kecil di Selat Makassar.

c5a3e1e5-7575-407c-a0e5-4a795fdf3215.jpg

Lewat Perpustakaan dan Museum Nusa Pustaka (basecamp Armada Pustaka Mandar, mengoleksi ribuan buku) di Desa Pambusuang, Balanipa, Polewali Mandar, Sulawesi Barat, gerakan literasi terus dikembangkan. 

Mulai menjadi tempat pelajar mahasiswa mencari buku, menjadi tempat diskusi, hingga dijadikan tema riset beberapa peneliti. Bila awalnya kampanye membaca lewat lapak buku, di tahun kelima Armada Pustaka Mandar, gerakan literasinya bertujuan memecahkan persoalan di lingkungan tempat mereka berada, yakni sampah plastik. 

28c9164f-e9d1-48f3-a954-bf639c49f1ce.jpg

Desa Pambusuang, pantainya berhadapan langsung Selat Makassar, dihuni kurang lebih 1.500 KK, tiap hari menghasilkan ratusan kilogram sampah. Sebagian besar sampah (mayoritas sampah plastik) dibuang ke laut. Menyadari hal itu, Armada Pustaka Mandar akan melakukan pendidikan pengelolaan sampah plastik. 

Komunitas ini telah melakukan Festival Literasi Sampah. Salah satu kegiatannya Workshop Ecobrick. 

Agar lebih maksimal, Armada Pustaka Mandar juga akan menggunakan teknik lain, yang dilakukan komunitas Precious Plastic (preciousplastic.com). Yakni mengumpulkan lebih banyak jenis sampah plastik (tidak hanya botol dan bungkusan seperti di ecobrick), dihancurkan menggunakan mesin untuk menghasilkan bahan baku plastik yang bisa dibuat dalam beragam bentuk yang lebih berharga. 

5ae92de7-232e-4cb6-94a8-a8d8a4561e4a.jpg

Proses ini ada riset, proses kreatif, dan mengusahakan sumber daya yang ada di sekitar. Nilai literasinya cukup tinggi. 

Dalam rangka kegiatan tersebut di atas, Armada Pustaka Mandar berencana membuat tempat khusus yang akan menjadi tempat melakukan aktivitas pengelolaan sampah plastik.

4e110c13-6e6d-4139-9047-b224bfe50acb.jpg

Rencana menggunakan kontainer bekas untuk menjadi semacam bengkel workshop. Di dalamnya ada alat-alat penghancur sampah hingga alat pencetaknya, sekaligus sebagai tempat display kegiatan dan karya. 

Target awal dari pengelolaan sampah tersebut di atas adalah membuat tempat baca yang sebagian besar bahannya menggunakan sampah plastik!

Untuk mewujudkan program ini tentu saya tidak bisa bergerak sendirian. Saya mengajak teman-teman untuk ikut berkontribusi dalam program ini dengan cara:

  1. Klik tombol "DONASI SEKARANG"
  2. Isi nominal donasi yang ingin diberikan
  3. Pilih metode pembayaran GO-PAY/Dompet Kebaikan/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Jenius dan kartu kredit 
  4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Teman-teman juga bisa membantu sebarkan halaman galang dana ini agar semakin banyak #OrangBaik yang berkontribusi dalam program ini. Terima kasih banyak #OrangBaik!

Salam,
Ridwan Mandar

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (260)