Kitabisa! - Arshad Melawan Leukimia
Arshad Melawan Leukimia

Arshad Melawan Leukimia

Rp 44.549.501
terkumpul dari Rp 30.000.000
179 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Bismillah

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

108d63bc28a2b4c69e3cc99c3face5064bca889bArshad Pradika Nurardi, putra kedua kami lahir 5 Agustus 2015. Dia anak yang ceria, aktif, dan suka melucu. Di usianya yg hampir memasuki 3 tahun, Arshad harus berjuang melawan Leukimia ALL B.

Pertengahan bulan Februari tidak biasanya arshad jadi sering terlihat lemas dan semakin susah makan, yang biasanya dia aktif dan suka naik turun tangga jadi lebih sering minta gendong dan mainnya lebih suka duduk. Karna Arshad agak susah makan sekitar akhir bulan februari dia kena demam flu dan batuk, kami masih belum berpikir jauh karna kami pikir itu demam flu batuk biasa, kami coba konsumsi obat yg biasa dipakai seperti tempra dan rhinos jr. dll. Dalam 3 hari tidak ada perubahan malah arshad makin susah makan bahkan susu pun ga mau, akhirnya kami putuskan utk periksa di RS Islam pondok kopi, disana arshad didiagnosa infeksi dan radang karna kondisi trombosit arshad drop sebetulnya waktu itu dokter menawarkan opsi dirawat tapi karna itu opsi kami lebih memilih menjaganya di rumah dan diberi resep rawat jalan, setelah pulang malam hari keesokan harinya demam arshad meninggi tidur gelisah dan makan semakin susah, akhirnya kami putuskan utk membawa arshad ke IGD Hermina Jatinegara. Disana akhirnya diputuskan arshad harus masuk PICU karna saat itu trombosit hanya 4000, arhad dirawat intensif di ruang PICu selama 2 hari satu malam dan tidak boleh dijaga bahkan oleh org tuany, disitu dokter Elizabeth Yohmi mendiagnosa dari hasil lab Arshad diduga Leukimia, karna ada kandungan sel blast di darah tepi sebanyak 8% dimana seharusnya 0,01 % pun tidak boleh ada.. rasa panik, sedih, kecewa, patah hati campur aduk, kami masih belum bisa terima saat itu dan meminta dokter untuk mendiagnosa ulang. Setelah 2 hari satu malam di picu kondisi arshad membaik tapi darahnya masih belum normal jadi harus pindah ke ruang rawat inap. Setelah dirawat 3 hari 2 malam akhirnya arshad diperbolehkan rawat jalan karna kondisi darahnya berangsur normal meskipun dengan status masih suspect leukimia. Tapi dr. Memberikan rujukan utk periksa di RSCM untuk meneliti lebih dalam kondisi darah dan kemungkinan adanya leukimia.

9bbc97821779be2b9aa8ba208152fcfa32c729c7Kami dapat banyak masukkan dari teman2 utk mencari second bahkan third option utk kondisi arshad, selama pengurusan rujukan ke rscm kami mencoba cek ulang di RSPAD gatsu utk second option. Hasilnya sama dan dokter martaviani menyarankan utk melakukan BMP ( biopsi sumsum tulang ) utk mengetahui ada apa sebenarnya karna kondisi seperti ini mnurut dokter bisa saja karna bakteri, dan dokter menganjurkan utk tetap mengikuti prosedur rujukan agar kondisi arshad bisa terbuka seterang2nya.

Akhirnya awal bulan maret kami memutuskan untuk tetap melanjutkan mengikuti jalur rujukan ke RSCM, masuk RSCM arshad kembali diperiksa dari awal jadi dilakukan observasi ulang pd kondisi darahnya seminggu bisa 4-5 hari kami mondar mandir di RSCM, karna pada tahap observasi ini kondisi arshad harus terus dipantau. Setelah berjalan observasi selama seminggu kondisi darah arshad masih dibatas normal namun memang tidak stabil, dokter akhirnya memutuskan bahwa arshad harus di BMP, awalnya kami takut setengah mati denger prosedur diambil sumsum tulang tapi setelah mendengar penjelasan dokter kami akhirnya paham btapa pentingnya BMP utk kasus seperti arshad. Akhir bulan Maret tgl 25 arshad di BMP hasilnya saat itu Arshad perlu di BMP ulang karna jumlah darah kurang tapi hasil imunotyping saat itu tidak menunjukkan indikasi leukimia, dan setelah cek darah ternyata kondisi darah arshad kembali normal, akhirnya dokter pustika amalia saat itu menunda pengulangan BMP dengan memberi resep asam folat untuk merangsang sel muda pada darah karna dokter khawatir saat kondisi darah normal sel kanker bersembunyi atau tertutup. Dan akhirnya arshad pun diistirahatkan dulu sambil menunggu efek asam folat.

9f145c2da4db8e65b195945b6a57cfad2b2d324d

Setelah seminggu kondisi arshad kembali drop, di tubuhnya banyak muncul lebam2, bibir pecah2 dan kembali susah makan, kami kembali bawa arshad ke RSCM dan hasil cek lab menunjukkan kondisi darah arshad drop trombosit hanya 8000 saat itu dan dokter menyarankan utk transfusi. Setelah transfusi kondisi darah arshad normal tapi dalam waktu 2 hari kembali drop begitu seterusnya bergantian dengan darah merah (HB) ini terjadi karna sel blas (kanker) trus menggerogoti kandungan darah lainnya.

Awal bulan April arshad kembali di observasi intensif dan akhirnya diputuskan arshad harus BMP ulang, setelah BMP Ulang hasilnya menunjukkan bahwa Arshad terindikasi positif Leukimia ALL-B. Dokter langsung mengambil langkah langsung masuk protokol Kemotherapy, dan akhirnya per 27 April 2018 Arshad mulai menjalani protokol kemotherapy. Dan perjuangan sebenarnya pun dimulai

4db0e6ab352ef725f0fa72a177f5ae6bc068d974Di Fase awal kemotherapy kondisi darah arshad harus diperbaiki, dan di fase awal ini menurut dokter kesabaran kita diuji karna arshad rutinitasnya setiap kunjungan cek darah - transfusi - konsul dan begitu seterusnya sampai kondisi darah arshad mencukupi utk dilakukan kemotherapy dan kondisi ini trus kejar2an dengan serangan sel kanker di darah arshad, pd tgl 4 Mei akhirnya masuk obat kemo pertama VCR yg diberikan melalui injeksi, saat ini dokter sedang mengupayakan menormalkan kondisi darah arshad secepatnya agar bisa masuk tahapan IT, obat kemo yang diinjeksi melalui tulang belakang untuk mencegah sel kanker masuk ke jaringan otak. Sementara kondisi arshad pun trus drop, kembali susah makan, karna efek obat kemo yg pertama itu sakit di area mulut sementara kami harus mengejar kondisi darah arshad yang trus brangsur turun karna sel blas mulai menggerogoti. Protokol kemo pertama ini dijadwalkan 12 Minggu seminggu bisa 1-3 kali selama minimal 2 tahun

Saat ini Arshad resmi menjadi pejuang kiara, kami mohon bantuan doa dan dukungan untuk kebutuhab dan kelangsungan pengobatan Arshad Jagoan kami

Untuk update terkini kondisi Arshad bisa hubungi saya Himawan Ardianto, Ayah Arshad melalui wa di 0818217883

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (179)