Tanamkan Inspirasi, Wujudkan Asa di Pesisir Barat
Tanamkan Inspirasi, Wujudkan Asa di Pesisir Barat

Tanamkan Inspirasi, Wujudkan Asa di Pesisir Barat

Rp 9.373.988
terkumpul dari Rp 20.000.000
67 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Banyak siswa di SD pelosok seperti SDN 2 Pugung Malaya dan SDN Pagar Dalam, Kecamatan Lemong, Kab. Pesisir Barat, Prov. Lampung, perlu menempuh jarak yang cukup jauh untuk dapat pergi ke sekolah. Belum lagi akses jalan sulit dengan kondisi berbatu dan berpasir, serta hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua. Kondisi tersebut menyebabkan pergi ke sekolah adalah kesempatan mahal bagi siswa untuk dapat menimba ilmu pengetahuan sebanyak-banyaknya.

3nDHBggmA7Wj7vj17J-njkCM7zp70-Fid6WKwl1KAzJFJ4sKrkxZU3R-u7sseCl4W6xewugvL_OXh9Fg3KsCA50gqdcA_7UGYIY8-ygEO_6EJRKR6mQcvGpz2Dj11iGPLD1CqrP7FrwCYFAgx7Dv7B5w5ZJ_DkKlNH7pUoJVKff3VXRmJNNaSCszKY2k0xDaxJL8EmsGK3Lk3aQX2Yqzg5N8Ks5vs2DPQ4FfpGJR88Iszh3iHttG_UVQAt09kcJpVz_K69YyyY3wh3iE

Sayangnya, di sekolah para siswa kesulitan untuk mampu mengakses ilmu pengetahuan, informasi, dan berbagai wawasan selain dari apa yang diajarkan oleh guru-guru mereka. Utamanya, hal ini disebabkan kurangnya sarana prasarana seperti perpustakaan/taman baca dan pasokan buku. Jangankan buku bacaan anak, buku pelajaran pun banyak yang belum bisa dimiliki oleh siswa. Tantangan ini menjadi cukup berarti mengingat di Desa Malaya maupun Desa Pagar Dalam sendiri memiliki kondisi sulit sinyal dan sumber daya listrik yang terbatas. Sehingga, buku seharusnya menjadi sarana dan alat paling penting bagi siswa untuk memperoleh berbagai wawasan dan ilmu pengetahuan.

U_Ifjl7qftlmaJhBHRi0JASWdZmFlv-liKujt2XNz3IzTZCxueRQzqQ5FZ3-ZJ3k-zPFGWC3bEM2xNIFqMq7qnGLaiwaEQL_5gxpGzHX1RRLHI7i_M1v4fcRhraC33APPsEChPITlH2quZN4HBLNXVejMyMrKFfVQc5uROvfKjhDfdjQwuyvPqh7lRYhtyFL8u_mx5PlBfut_qOFbyT1COuOLiEBH1CgnPx0vi_kLQs2p_7eQ9NOLmxOPdjlho-jzJvJpgCgtmBobS_u

Meskipun berbagai tantangan dihadapi, siswa di SDN 2 Pugung Malaya dan SDN Pagar Dalam selalu menunjukkan semangat dan antusiasme tinggi untuk bersekolah. Maka dari itu, Gerakan UI Mengajar percaya bahwa apabila semangat belajar ini ditunjang pula dengan kesetaraan akses melalui penyediaan taman baca, pasokan berbagai buku bacaan dan pelajaran, serta aktivitas literasi yang memadai, para siswa di daerah pelosok juga mampu memiliki wawasan yang semakin luas dan cerdas. Apalagi, inisiasi untuk mendirikan taman baca ini juga didukung oleh para guru dan aktor lokal lainnya di masyarakat yang juga mengharapkan adanya bantuan untuk meningkatkan literasi di desa mereka.

Kondisi tersebut tidak hanya terjadi di SDN 2 Punggung Malaya dan SDN Pagar Dalam, tetapi juga pada 4 sekolah tempat aksi GUIM lainnya seperti: SDN 2 Ulok Mukti, Kec. Ngambur; SDN 3 Marang, Kec. Pesisir Selatan; SDN Way Napal, Kec. Krui Selatan; dan SDN Kota Karang, Kec. Pesisir Utara.

Gerakan UI Mengajar (GUIM) adalah kegiatan pengabdian masyarakat yang berfokus pada pendidikan dasar di daerah pelosok dan rural. Di tahunnya yang ke-9, kali ini GUIM menyasar 6 SD terpelosok yang tersebar di Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, dengan mengirimkan 36 pengajarnya untuk berkolaborasi bersama guru kelas untuk mengajar selama kurang lebih 25 hari. Tujuan dari kegiatan GUIM adalah untuk menanamkan semangat pendidikan, menginspirasi, dan memperkuat karakter positif dalam mendukung proses belajar.

Salah satu program utama dari GUIM 9 adalah Program Literasi Baca Tulis yang memuat berbagai aktivitas literasi seperti pendirian/revitalisasi taman baca di area sekolah ataupun lingkungan sekitar sekolah, pemasokan buku bacaan, kegiatan pembiasaan membaca, kegiatan mendongeng, dan lainnya. Sebelumnya, GUIM telah membangun dan merevitalisasi lebih dari 20 perpustakaan di SD daerah pelosok.

hMDD0peTHlrcvW47zmvohObA_GyQs3pATkS6A7PFQHh7WjoLLD_ftrAKDU9ON9J6v3hepzcnuoFOtv6oEREXOEY-VwpzZd-WlEzc2IdExYJFXPU1cubZzZaKVV3TuHT3j1WVQSJcvJZCqC-Da2JqSPwP1UMdpE3HlYUjGmYJmNOwlGPa7G99KgcXm7u-Rq57TjpRpTGnde7KByPagXxRNYgHfsq6wsbH7wQwQ0pnJcKBrKCL-9WlqT4Zzqn789gBNU81byiuOwjWa2y5-7L1HqawPDTmLNbYdQxt1xVaaTQJs0DyT1pwYvTX6RV43qtQLXkJ7NUFkOHjtZ7MU3wa3UQymZhhUuc4rvldc8T8IFq9KQ8ja_aP4dKGK7CeMVml4I8YBrk3jd3THJoIMIlUyAEJ

Kami sadar bahwa pendidikan adalah tanggung jawab semua pihak. Serta melalui gotong-royong dan semangat kontribusi bersama, upaya dalam membangun negeri melalui kesetaraan pendidikan dapat kita wujudkan dengan jauh lebih mudah.

GUIM mengajakmu untuk turut hadir dan dapat berkontribusi bersama dalam meningkatkan pendidikan, melalui berdonasi untuk pembangunan/revitalisasi taman baca dan semangat literasi di 6 SD tempat aksi Gerakan UI Mengajar, dengan cara:

Klik “DONASI SEKARANG”

Masukkan nominal jumlah donasi

Pilih cara metode pembayaran lalu transfer ke nomor rekening yang tertera

Selain itu, teman-teman juga bisa turut membantu dengan menyebarkan penggalangan dana ini agar semakin banyak kebaikan yang dapat membantu adik-adik di Pesisir Barat, Lampung.

Terima kasih teman-teman atas kontribusinya dalam membantu pendidikan di Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

Untuk informasi yang lebih lengkap, teman-teman dapat menghubungi kontak yang ada dibawah ini :

Sylvia (081332934001)

Larasati (085720537281)

Linimasa :

Instagram : @uimengajar

Line : @njt3123q

Twitter : @UIMengajar

Website : ui.mengajar.org

Gerakan UI Mengajar 9

#TanamInspirasiWujudkanAsa

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (67)