Kitabisa! - Bantu Atar Transplantasi Sumsum Tulang Belakang
Bantu Atar Transplantasi Sumsum Tulang Belakang

Bantu Atar Transplantasi Sumsum Tulang Belakang

Rp 295.000.285
terkumpul dari Rp 2.000.000.000
857 Donasi 41 hari lagi

Cerita

Perkenalkan, nama Saya Ayodya, kesibukan saya sehari-sehari sebagai karyawan swasta. Saya ingin mengetuk kebaikan hati anda untuk penggalangan dana, untuk membantu anak tercinta saya, Atarsyarif Ghithrif Wardana, menjalani proses BMT (Bone Marrow Transplatation/Transplantasi Sumsum tulang Belakang) di Bangkok, Thailand, agar dia terbebas dari transfusi darah seumur hidupnya yang dikarenakan kelainan genetik Thalasemia Mayor.

Atar dan Thalasemia

e5357a47-4ad1-48e7-997e-3e52f38f7fe2.jpg

Atar, itulah panggilan sayang kami bagi dia, secara penampilan luar, dia sangat ceria dan dia sangat suka bertingkah konyol. Foto ini menunjukkan betapa cerianya anak ini.

Itu yang tampak di luar, namun, kenyataan yang membuat hati saya selalu merasa sedih dan hancur adalah Atar harus melakukan transfusi darah setiap 3 minggu sekali, seumur hidupnya…betul, seumur hidupnya…

Atar sudah ditransfusi selama hampir tiga tahun lebih. Setiap melihat atar ditusuk dengan jarum untuk diambil darah dan dilakukan transfusi, hati saya hancur banget…

8d85e41c-12d0-43ca-90e8-5e3321fadc9c.jpg

Kenapa harus anak saya? Kenapa anak sekecil ini harus merasakan kesakitan seperti ini, dan rutin setiap tiga minggu pula. Saya berusaha tidak pernah menangis dan menyuruh dia tegar sehancur apapun perasaan saya, karena saya ingin dia pun bisa kuat untuk menghadapi keadaan dirinya. Kadang hal yang bikin lebih sedih adalah atar benar-benar nurut, tidak memberontak sama sekali ketika dia transfusi. Sungguh, anak ini baik sekali. Bahkan dia selalu bersemangat dan ceria pergi ke rumah sakit walaupun dia tau rasanya ditusuk dengan jarum tidaklah menyenangkan.  Atar pun sangat sayang kepada dokter dan suster-suster yang telah merawatnya. Ya dialah Atar si anak penyayang yang selalu ceria

4268ca06-9f12-4306-a397-b9674fee7c48.jpg

Atar menderita kelainan genetik darah yang dinamakan Thalasemia Mayor (“Thalasemia”) sejak lahir dan mulai melakukan tranfusi sejak berumur 14 bulan Thalasemia membuat atar tidak bisa memproduksi sel-sel darah merah dengan baik yang mengharuskan dia melakukan transfusi darah untuk menambah produksi sel-sel darah  merah. Tranfusi darah dapat memelihara tingkat Hb dalam cakupan normal. Thalasemia sungguh berbeda dari anemia kekurangan zat besi, thalasemia ini merupakan anemia akut dan tidak bisa diobati dengan obat manapun.Transfusi ini bukan merupakan solusi permanen, walaupun seorang penderita thalassemia dapat bertahan hidup dengan range umur 20-30 tahun (bahkan beberapa di atas itu jika dijaga dengan baik), transfusi darah juga seperti pedang bermata dua karena dengan darah yang masuk melalui transfusi, zat besi akan terserap di dalam tubuh dan ini tidak sebanding dengan yang tubuh dapat keluarkan setiap harinya. Efek jangka panjangnya, zat besi ini dapat mengendap di organ jantung, limpa, hati dan pankreas yang dapat mengakibatkan komplikasi organ dan membahayakan nyawa bagi penderitanya, hal ini yang dinamakan iron overload. Untuk mengurangi (tanpa bisa menghilangkan) dampak ini, atar harus minum obat tiga kali setiap hari untuk mengontrol kadar zat besi di dalam tubuhnya. 

Bone Marrow Transplant (Transplantasi Sumsum Tulang Belakang)

Satu-satunya solusi permanen yang tersedia adalah transplantasi sumsum tulang belakang atau biasa disebut Bone Marrow Transplant (BMT), dimana donor sumsum dari pendonor diberikan kepada penerima sehingga terjadi mutasi genetik dan penderita dapat memproduksi sel darah merah dengan normal. Proses BMT yang dilakukan dengan donor dari orang tua, saat ini dapat dilakukan di Thailand. Saya sendiri ingin melakukan proses BMT untuk atar di Thailand. Total biaya yang dibutuhkan adalah Rp 2,000,000,000 (Dua Miliar Rupiah). Biaya ini meliputi proses Pra-BMT, BMT dan Post-BMT. Di proses Pra-BMT, atar akan mendapatkan proses kemoterapi untuk menurunkan imun tubuh, sehingga proses pemasukan donor sumsum dapat dilakukan di tahap BMT. Setelah itu, Atar akan ditempatkan di ruang isolasi di dalam rumah sakit selama satu bulan, dan kemudian Atar harus tinggal selama -/+ 5bulan di Bangkok dan harus tinggal di tempat yang steril, untuk melakukan rawat jalan secara intensif.  Biaya yang begitu besar ini berasal dari pengobatan selama BMT dan juga obat-obatan, serta tempat tinggal selama atar berada disana. Saya mohon bantuan dari teman baik semua, untuk membantu saya atas biaya yang dibutuhkan Atar untuk melakukan proses BMT, sehingga saya dapat mengumpulkan dana sekitar Rp 2 miliar tersebut. CIta-cita terbesar saya adalah bisa membawa atar untuk melakukan proses BMT di Thailand. Sehingga dia bisa hidup normal dan merasakan keceriaannya sepanjang hidupnya.

Saya percaya bahwa rejeki dan maut ada di tangan Tuhan, namun ini adalah salah satu cara saya berikhtiar untuk kesembuhan Atar, selain juga menabung dari gaji yang saya terima. Selama caranya baik dan halal, saya akan mengusahakan, melalui jalan apapun. Semoga semua niat menolong dari teman baik semua akan dibalas dengan pahala dan kebaikan dari Tuhan.

Kenapa harus sekarang? Transfusi darah yang dilakukan secara rutin dapat beresiko seperti yang sudah saya sebutkan diatas. Semakin sering transfusi darah yang dilakukan, akan semakin banyak zat besi  yang masuk ke tubuh dan antigen yang dihasilkan tubuh, hal ini akan semakin mempersulit ketika dilakukan proses BMT. Karena itu, saya berusaha agar proses BMT ini bisa dilakukan dengan “segera”, demi kebaikan Atar dan mengurangi segala resiko buruk yang terjadi kedepannya. Apalagi BMT yang terbaik dilakukan sebelum anak berusia 5 tahun dan saat ini Atar sudah berusia 4 thn 5 bulan.  Saya ingin Atar bisa hidup normal seperti anak lainnya, saya ingin Atar bisa hidup sampai dengan tua, saya ingin Atar bisa jadi orang dewasa dengan baik dan menggapai cita-citanya serta berkah untuk sesama. Saya cuma ingin Atar sehat.

Pertanggungjawaban Dana

Semua dana yang terkumpul, akan saya pertanggungjawabkan dengan memberikan laporan pengeluaran untuk berobat di rumah sakit dan biaya lain yang dibutuhkan di rumah sakit. Saya, sebagai orang tua, berjanji bahwa dana hanya akan digunakan untuk segala sesuatu yang terkait dengan proses BMT atar.  

Jika teman-teman ingin membantu silahkan berdonasi dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman penggalangan dana ini dengan tagar #atarbebastransfusi ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu. Semoga semua

Jika ada pertanyaan mengenai penggalangan dana ini, teman-teman bisa menghubungi saya, Ayodya, di 0818-820244

Terimakasih atas doa, dukungan dan bantuannya. Berapa pun bantuan yang disisihkan sangat berarti bagi kami dan hanya Tuhan yang bisa membalas semua kebaikan teman-teman #orangbaik. Salam dan senyum ceria dari Atar   . Atar sayang kalian semua.

8b2b9928-ceb6-423d-b73b-c26ab0cfd7a6.jpg





Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (857)