Kitabisa! - Selamatkan Hutan & Serindit Flores
Selamatkan Hutan & Serindit Flores

Selamatkan Hutan & Serindit Flores

Rp 536.947
terkumpul dari Rp 450.000.000
5 Donasi 0 hari lagi
Ayu Tani Mandiri
Akun belum terverifikasi

Cerita

1. Kami dari Yayasan Ayu Tani Mandiri, sebuah lembaga swadaya lokal yang ada di Desa Hokeng Jaya, Kecamatan Wulanggitang, Kab. Flores Timur NTT. Fokus kerja kami adalah pendampingan petani, pemberdayaan petani. Saat ini kami lagi gencar dalam kerja pemulihan kondisi hutan Wuko Lewoloroh dan habitat burung Serindit Flores yang hanya ada di kawasan hutan ini.

Berikut gambaran dari upaya kerja kami untuk pemulihan hutan dan penyelamatan burung Serindit Flores.

Dengan Menyumbang Lima Ribu Rupiah,

Kita Selamatkan Hutan dan Tingkatkan Ekonomi Petani

di sekitar Kawasan Ili Wukoh Wengot

“Dengan mendukung pengelolaan hutan di kawasan Ili Wukoh - Wengot

Kita telah membantu meningkatkan ekonomi 422 keluarga petani, sekaligus menciptakan iklim mikro di Pulau Flores bagian Timur. Termasuk pemulihan habitat Serindit Flores, salah satu fauna endemik, dan juga meningkatan ketersediaan air demi kehidupan masyarakat secara berkelanjutan di wikayah ini. Inga – inga …. burung Serindit Flores hanya ada di sini, tak ada tempat lain di muka bumi ini yang punya fauna ini selain di Flores, salah satunya di kawasan hutan ini ”.

Wukoh Lewoloroh merupakan kawasan hutan yang ditetapkan sejak pemerintahan Hindia Belanda sebagai hutan tutupan, tepatnya tahun 1932. Sejak Indonesia merdeka, kawasan ini ditetapkan sebagai kawasan hutan negara melalui SK Menteri Kehutanan RI Nomor 124/KPTS-II/90 dalam RTK 126 dengan fungsi lindung yang disebut hutan lindung. Secara geografis kawasan seluas 12.960 ha berada di dua wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Flores Timur dan Kabupaten Sikka. Ili Wengot merupakan salah satu hamparan yang berada dalam kawasan hutan tersebut.

Sejak ditetapkan sebagai hutan negara yang berfungsi lindung, masyarakat yang ada di sana mengalami penyempitan areal kelola. Kebutuhan ekonomi mereka praktis kurang dipenuhi secara baik. Implikasinya, kebutuhan dasar seperti pangan, pendidikan dan kesehatan tidak terlayani secara memadai. Masyarakat yang berdiam di sekitar kawasan hutan ini, yaitu masyarakat Desa Boru dan Boru Kedang di Kabupaten Flores Timur; dan Desa Hikong di Kabupaten Sikka.

Terhadap problem ini, melalaui pendampingan Yayasan Ayu Tani Mandiri, maka pemerintah pusat dalam hal ini Departemen Kehutanan RI memberikan SK Pencadangan areal kelola kepada masyarakat seluas 214 ha melalui SK Nomor : 215/2011, tertanggal 10 Oktober 2011. Tahun 2015 Kemenhut RI mengeluarkan SK pecandangan baru seluas 116 Ha. Dengan demikian total luasan areal kerja yang diperuntukan untuk dikelola masyarakat di kawasan Ili Wengot mencapai 330 Ha. Jumlah keluarga petani yang terlibat dalam pengelolaan ini sebanyak 422 keluarga petani, dari Desa Hikong, Boru Kedang dan Boru.

Dengan dikeluarkannya SK Penetapan Areal Kerja dan IUP HKM oleh Kemenhut RI sebenarnya sudah sangat membantu petani demi peningkatan pendapatan. Sayangnya, pada level petani belum mampu mengefektipkan pengelolaan secara lebih cepat sehingga hutan kembali terkonservasi dan ekonomi petani mengalami peningkatan. Sebagian besar lahan belum ditanami aneka tanaman bernilai ekologis dan ekonomis demi peningkatan pendapatan petani. Kemampuan daya beli anakan tanaman menjadi problem tersendiri di level petani. Dalam rencana penanaman yang kami fasilitasi, terkafer data kebutuhan petani terdiri atas : Lada 109.440 stek, Pinang 36.480 anakan, Kopi 328.016 anakan, Pala 12.160 anakan, Durian 1.520 anakan, Sukun 320 anakan, Rambutan 1.520 anakan dan kelapa 3.040 anakan. Rentangan harga anakan berkisar dari Rp.5000/anakan sampai dengan Rp. 15.000/anakan.

Untuk maksud ini, kami atas lembaga mengajak para sahabat untuk terlibat mendukung usaha bapak ibu petani demi pembelian anakan untuk ditanam pada setiap musim tanam. Dukungan senilai berapa pun bisa dikirim melalui Bank BRI Unit Boru, No Rek : 4679-01-005112-53-4 atas nama Yayasan Ayu Tani. Alamat kami : Yayasan Ayu Tani, Desa Hokeng Jaya, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, NTT. Kode Pos : 86253. Face Book : Ayu Tani Mandiri, Kontak Peson : Thomas Uran, dengan nomor HP ( WA ) : 081338008705. Hengky Ola Sura HP (WA) 081315987716. Semua dukungan bapak/ibu akan kami publikasikan secara berkala berbagai media dan bilamana perlu dilakukan audit oleh auditor publik. Terima kasih.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (5)