Kitabisa! - Pengobatan baby Chio dari Radang Otak
Pengobatan baby Chio dari Radang Otak

Pengobatan baby Chio dari Radang Otak

Rp 27.736.392
terkumpul dari Rp 100.000.000
85 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Kami adalah salah satu Agen Relawan Peminjaman Inkubator Gratis daerah Kabupaten Bogor yang di pimpin oleh Prof Raldi Artono Koestoer, guru besar FT-UI. Pada saat team relawan melakukan observasi untuk peminjaman Inkubator bayi prematur didaerah Jonggol, kami mendapat informasi bahwa ayah baby Chio yang warga asli Jonggol mengalami kesulitan biaya untuk anaknya yang sakit radang otak.

TENTANG BABY CHIO

Bayi Marchisio Renaldy, atau kita sebut saja baby Chio, lahir pada 9 Okt 2015 (8 bulan), anak kedua dari pasangan muda bp Michelle Renaldy Sanjaya dan ibu Asiah. Baby Chio di lahirkan normal di bidan dan terlihat sehat, mulai usia 3 bulan sering batuk-batuk, pilek & panas sudah satu bulan lebih terakhir berobat jalan, diagnosa dokter katanya ada flek di paru2 (sudah di rontgent) . Sejak 2 minggu terakhir sebelum masuk RS, panasnya turun naik, di kasih obat hanya bisa menolong sebentar saja, lalu panas lagi.


LATAR BELAKANG ORANG TUA

Baby Chio punya kakak perempuan berusia 4 tahun. Ayah ibu baby Chio ini dulu-nya bekerja di sebuah studio foto di daerah Cikarang. Ayah Chio sebagai fotografer, dan ibu Chio di bagian admin. Namun setelah ada pengurangan karyawan, mereka belum mendapat pekerjaan lagi sampai saat ini. Karena berbagai kendala, baby Chio belum punya BPJS.

Minggu, 12 Juni 2016 sore:

Tiba2 panas tinggi & kejang2, baby Chio mengalami penurunan kesadaran, setelah di tolak dua rumah sakit sebelum-nya, akhirnya baby Chio di terima di RS Anissa, Cikarang. Hanya Rumah Sakit Anissa ini yang berkenan menerima baby Chio dengan toleransi dalam hal pembayaran, mengingat baby Chio belum punya BPJS. Jadi keluarga sebisa-nya memberikan uang muka, yang penting baby Chio di tolong dulu. Karena melihat baby Chio kejang2 terus sungguh membuat panik.

Awal perawatan di RS sungguh membuat sport jantung bagi keluarga dan handai taulan. Karena perawatan lanjutan saat itu belum bisa di lakukan terkendala biaya. Saat itu baby Chio perlu di CT Scan dan cek darah untuk mengetahui penyebab pasti dari kejang2-nya. Pihak Medis perlu tahu tau kondisi otak baby Chio, supaya bisa memberikan diagnosa yang lebih pasti dalam menentukan pengobatan / penanganan selanjutnya.

Maka segenap keluarga handai taulan dan teman-teman berusaha untuk mengumpulkan dana, sambil juga berusaha untuk membuat BPJS Emergency bagi keluarga ini.
Singkat cerita, terkumpul dana untuk biaya CT Scan dan cek darah. Dan juga bisa membayar sebagian biaya rawat dari 12 Juni sampai 16 Juni 2016. Walaupun belum lunas semua, tapi sudah cukup melegakan karena setelah di CT Scan, positif diagnosa bahwa baby Chio menderita radang otak atau meningitis. Yang membuat keluarga khawatir, adalah kondisi baby Chio yang sempat kejang-kejang selama 2x24 jam


Kamis, 16 Juni 2016 malam:

Beberapa team Relawan Peminjaman Inkubator Gratis mengunjungi Rumah sakit untuk melakukan verifikasi, berikut dokumentasi dan perincian biaya per tanggal 16 Juni 2016:

1. Baby chio diruang intermediate, bersama team relawan dan ayah baby chio. Baby Chio dibantu dengan alat2 pemantau detak jantung, selang sonde & selang oksigen serta masih bisa infus di kaki / tangan

2. Team relawan dan orang tuan baby chio di ruang tunggu RS Anissa

3. Rincian biaya per tanggal 16 Juni 2016

Kamis, 17 Juni 2016 :

Kami mendapat kabar jika baby Chio harus di infus melalui kepala karena ditangan dan kaki sudah jenuh atau tidak dapat diinfus

Minggu, 19 Juni 2016 Malam:

Team relawan memberikan bantuan sebesar Rp. 7.359.858 yang diperoleh dari Facebook rekanan team relawan.

Kondisi baby chio masih dengan infus di kepala. Ayah bayi sepanjang hari kemarin sudah mencari Rumah Sakit yang di wilayah kab. Bogor untuk kepindahan baby Chio. Namun belum mendapat rumah sakit yang bisa menerima baby Chio. Namun sepanjang hari kemarin kondisi baby Chio sudah membaik, sudah bisa buka mata, mulai sadar & ada respon gerak.

Selasa, 21 Juni 2016

Tagihan terbaru dengan beberapa pembayaran dari penggalangan dana sebelumnya


Rabu, 22 Juni 2016, Jam 3 Pagi:

Baby Chio sendang masa kritis karena RS Anissa tidak mempunyai alat yang mampu menangani radang otak, baby chio kembali kejang-kejang


Kamis, 23 Juni 2016:

1. BPJS Baby Chio sudah jadi, terimakasih atas semua pihak yang telah membantu

2. Surat rujukan dari RS Anissa untuk pindah ke Rumah Sakit yang lebih baik alat-alatnya

3. Daftar tagihan terakhir per 22 Juni 2016
4. Penyerahan sumbangan offline sebesar Rp 3.500.000, tanggal 23 Juni 2016

5. Penyerahan sumbangan offline sebesar Rp 4.580.000, tanggal 2 Juli 2016 :


PERENCANAAN DAN TINDAKAN LANJUTAN

Usaha untuk membuat BPJS Emergency juga sudah di lakukan. KK (Kartu Keluarga) keluarga dan SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) baby Chio juga sudah jadi. Perjalanan baby Chio masih panjang. Radang selaput otak yang di derita baby Chio saat ini masih belum tau harus di tangani seperti apa. Sebagai gambaran, pada kondisi otak bayi yang normal, antara otak dan tempurung kepala tidak ada jarak. Namun antara otak baby Chio dan tempurung kepala-nya ada jarak, karena ada cairan yang menggenang akibat radang/infeksi-nya. Dokter RS Anissa menganjurkan segera di buat BPJS (sudah terlaksana), lalu pindah ke RS lain. Karena kalau di RS Anissa sudah terlanjur terdaftar sebagai pasien umum (tanpa BPJS).


Rencananya akan dipindahkan ke RS PON (Rumah Sakit Pusat Otak Nasional), Keramat Jati, Cawang dengan peralatan yang lebih lengkap. Dana yang dibutuhkan untuk penyewaan ambulan, pelunasan rumah sakit Anissa dan tindak lanjut di RS PON jika diperlukan operasi, perawatan, biaya obat yang dibutuhkan. Namun apabila BPJS bisa mengcangkup keseluruhan biaya maka uang donasi akan disumbangkan untuk biaya pemulihan kesehatan baby chio pasca perawatan, perbaikan gizi dan memperbaiki kondisi keuangan keluarga orang tua baby chio dengan 2 orang anak, yaitu kakak perempuan-nya : Icha umur 4 th dan baby Chio. Semoga Tuhan membalas kebaikan para donatur semuanya. Terima kasih banyak

Untuk informasi silahkan hubungi

Ibu Enny Bonaventura : WA, SMS, WHATSAPP: 085210693321 (Team Relawan Peminjaman Inkubator)

Bapak Michelle Renaldy (ayah baby Chio) : SMS : 081315036910


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (85)