Kitabisa! - Berbagi Listrik Untuk Desa Tepal, Sumbawa, NTB
Berbagi Listrik Untuk Desa Tepal, Sumbawa, NTB

Berbagi Listrik Untuk Desa Tepal, Sumbawa, NTB

Rp 5.722.852
terkumpul dari Rp 20.000.000
38 Donasi 27 hari lagi
Yayasan Wakaf Energi Nusantara
Akun telah terverifikasi

Cerita

Assalamu’alaikum, hai orang baik! Saya Sartika, aktivis sosial asli dari Sumbawa.

Kalian masih ingat film Laskar Pelangi? Di film tersebut kita bisa melihat sekolah dengan bangunan yang jauh dari kata layak.. dan ternyata hal itu bukan terjadi di Belitung aja, tapi juga dialami sekolah yang ada di Desa Tepal Sumbawa loh. Bayangin aja, di tahun 2019 ini gitu masih ada sekolah yang dinding, alas, dan atapnya yang jauh dari kata layak. Atapnya hanya terbuat dari seng biasa sedangkan dindingnya hanya menggunakan papan yang entah sudah berapa puluh tahun umurnya.

a9c4d33f-97ba-4f54-9551-7e7284be28d7.jpga43cf7a0-c6e0-46aa-9436-c5ce47d55728.jpge064e7e5-6a34-47bd-9671-168ceeb41503.jpg

Selain itu, Kehidupan anak-anak yang bersekolah di sini juga tidak jauh berbeda dengan apa yang bisa kita lihat di film Laskar Pelangi. Tidak sedikit dari mereka yang seragam dan sepatutnya sudah koyak dimakan waktu. Tapi tak mengapa, asalkan bisa sekolah mereka mengabaikan hal tersebut. Akses ke sekolah yang jauh dengan medan yang sulit, serta tidak adanya aliran listrik! Di zaman yang teknologi yang canggih ini mereka belum mengenal computer, laptop, dan gadget lainnya. Akibatnya, adik-adik yang akan mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer harus mempersiapkan diri beberapa hari sebelumnya untuk berangkat ke kota agar bisa mengikuti ujian seperti siswa-siswa lainnya. Menyedihkan sekali ya. Hal ini tentunya bukan hanya menghambat kemajuan pendidikan di Desa Tepal, tapi juga dari pertumbuhan ekonomi, kesehatan, dan sebagainya. Padahal masyarakat dengan jumlah penduduk 1.873 jiwa dengan mata pencaharian sebagian besarnya di bidang kopi yaitu kopi robusta dan arabika ini memiliki semangat belajar yang tinggi untuk mengembangkan sumber daya alamnya loh, sayang sekali jika tidak diberi fasilitas yang memadai bukan?

Teman-teman, ada hal miris yang membuat saya semakin menangis. Jika ada Ibu-ibu melahirkan di malam atau dini hari, penerangan mereka sangatlah minim, hanya mengunakan lampu temple saja (tanpa listrik, menggunakan minyak tanah). Bisa kita bayangkan bagaimana perjuangan bidan juga para ibu yang melahirkan di Desa Tepal, sulit sekali bukan? 

Teman-temanku, Kuy kita bantu Desa Tepal untuk bisa mendapatkan penerangan yang layak supaya Desa ini bisa semakin berkembang dan ikut merasakan kemudahan hidup karena adanya listrik dan teknologi masa kini serta mendirikan Balai Energi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Caranya gampang banget loh teman-teman

1. Klik “Donasi Sekarang”

2. Masukkan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI      Syariah/BRI/Mandiri/Kartu Kredit)

4. Ikuti instruksi untuk menyelesaikan pembayaran

Aku tunggu partisipasi dari kalian yaa!

Berapapun donasi yang dari kalian sangat membantu perubahan untuk desa Tepal.

Wassalamu'alaikum.

Salam Hangat,

Sartika.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (38)