Kitabisa! - Bantu Muslim Seville Memiliki Masjid
Bantu Muslim Seville Memiliki Masjid

Bantu Muslim Seville Memiliki Masjid

Rp 128.812.150
terkumpul dari Rp 2.000.000.000
620 Donasi hari lagi

Cerita

"Di kota kami sekarang tidak ada masjid, tidak ada azan, hanya musholla-musholla kecil yang tersebar di penjuru kota" - Palleiro, Muslim Seville.

4d87f8d0df7a117d86511c053ff57f51a95f769f

Kondisi ini terjadi di Sevilla, ibukota wilayah otonomi Andalusia, Spanyol.

Andalusia, khususnya Granada dan Sevilla, dulunya merupakan pusat peradaban Islam di Eropa pada tahun 711 - 1400an Masehi. Spanyol yang dulunya "guru" bagi orang-orang Eropa yang mencari pengetahuan, Spanyol yang dulunya "city of lights" dibanding negara Eropa lainnya yang masih terbelakang dengan perbudakan dan kurangnya ilmu pengetahuan. Kini telah kehilangan tanda keislamannya... Masjid telah berubah fungsi menjadi gereja, muslimah berhijab dipandang dengan picingan mata dan peribadatan yang dibatasi, salah satunya karena tidak adanya masjid sebagai pusat peribadatan dan aktivitas muslimin.

Tak ada satu pun masjid maupun Islamic Center sebagai tempat ibadah atau pusat kegiatan umat Muslim di sana.

"Selama ini, muslim Seville sholat berjamaah di ruang-ruang kecil yang dijadikan musholla. Ruangannya sangat terbatas, jamaah harus berdesakan dalam ruangan yang kecil", ujar Muhammad Paleiro, muslim Seville.

Screenshot (910)
kondisi di salah satu Musholla di Sevilla saat shalat jumat


Namun komunitas Muslim di Seville tetap berjuang konsisten menjalankan berbagai kegiatan keislaman, seperti sholat berjamaah, mengadakan kajian dan silaturahmi, serta kegiatan mengajarkan pendidikan Islam.


Screenshot_908.png

komunitas muslim


Screenshot (913)

Kegiatan silaturahmi


Screenshot (914)
Mengajar anak-anak membaca Al-Qur'an

Islam semakin berkembang dan komunitas muslim di Seville terus bertambah. Bahkan hampir setiap pekan ada penduduk lokal yang bersyahadat menjadi Muslim.

7b03cd8f4e159b48ca078cbfeabcd951e151d1fa

syahadat dari 3 pria di mushola

Karenanya, Fundacion Mezquita de Sevilla (komunitas muslim Sevilla) menginisiasi pembangunan Masjid dan Islamic Center di Sevilla dengan mengajak masyarakat dunia turut serta menjadi donatur. Di Indonesia penggalangan dana pembangunan masjid ini di inisiasi bersama Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Kami membutuhkan masjid ini bukan sekedar untuk tempat kami beribadah, namun juga menjadi simbol hadirnya kembali Islam di Spanyol sejak dianggap hilang lebih dari 600 tahun.


Jika Masjid Seville terbangun, tak hanya komunitas Muslim di Seville akan memiliki rumah ibadah yang layak, Masjid ini juga akan menjadi contoh penggerak muslim lainnya di seluruh Eropa.

Oleh sebab itu, kami ingin mengajak saudara-saudara semuanya untuk berdonasi dalam pembelian masjid ini.

"Siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangun baginya semisal itu di surga (HR Bukhari dan Muslim)".

Sedikit saja yang kita infakkan di jalan Allah, insya Allah akan banyak manfaatnya untuk kita di dunia dan di akhirat.


Anda dapat berdonasi melalui link ini, atau langsung ke rekening:

Bank Mandiri

No Rekening: 127 000 7721291

A.n. Aksi Cepat Tanggap


Kontak:

Fanspage: Aksi Cepat Tanggap

Website: http://act.id/id/

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (620)