Kitabisa! - Bantu Dirikan SMA Pertama Di Pulau Longos NTT
Bantu Dirikan SMA Pertama Di Pulau Longos NTT

Bantu Dirikan SMA Pertama Di Pulau Longos NTT

Rp 291.966.603
terkumpul dari Rp 500.000.000
1150 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Pulau Longos terletak di sebelah utara Pulau Flores, NTT. Terdiri dari 3 dusun yaitu Kampung Mangge yang dihuni sebanyak 72 Kepala Keluarga (KK), Kampung Baru dihuni sebanyak 67 KK dan Kampung Bajose banyak 256 KK. Jumlah total penduduk nya kurang lebih sekitar 1.300 jiwa. Pulau tersebut bisa dibilang daerah terbelakang, sebab di sana belum ada listrik samas ekali.

“Untuk memenuhi kebutuhan penerangan, takurang masyarakat menggunakan tenaga surya atau mesin genset. Itupun bagi (warga) yang berduit,” Sarjono prihatin.

SMA Bahrul Ulum sangat dibutuhkan masyarakat di Pulau Longos dan sekitarnya. Warga sangat antusias dengan keberadaan sekolah itu, meski keadaannya masih jauh dari kata standar sebuah sekolah. Selain itu, MA Bahrul Ulum merupakan satu-satunya sekolah tingkat SMA di Pulau Longos.

Selain itu, ada yang lebih menyayat hatinya, saatmelihat anak-anak duduk di atas kursi plastik yang mau patah. Di hadapan mereka, tampak bebera meja lusuh yang mulai reyot.

Berlantaikan tanah, juga berdinding alakadarnya. Untuk memisahkan satu kelas, dengan kelas lain hanya mengunakan seng yang jika tertiup angin sangat berbahaya.

Kalau pun warga tak ingin anak nya sekolah di MA Bahrul Ulum, sebetulnyaada SMA lain di Labuan Bajo. “Tapi, untuk sampai kesana (Labuan Bajo), masyarakat harus menempuh perjalanan 3 jam lebih dulu dengan perahu, jelas warga setempat.”

Selama ini, pihak sekolah (MA Bahrul Ulum) tak pernah memungut biaya pendidikan kepada para murid. Sebab, kondisi perekonomian warga di sanacukup sulit. Bahkan, sembilan guru yang mengajar juga tak pernah digaji.

Pihak sekolah belum mampumemberikan gaji layak sebagaimana guru tetap di sekolah negeri.

Seiring dengan itu, bertambah nya jumlah siswa tidak sebanding dengan kondisi sekolah yang alakadarnya, sehingga kami berencana merenovasi gedung sekolah.

Sedangkan para guru memenuhi kebutuhan dengan ikut melaut, agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari juga demi kelancaran belajar mengajar disekolah yang berusaja di rintis atas permintaan dari warga setempat ini.

Oleh karena nya harapan bersar kami SMA satu-satu ini dapat hadir dan memberikan layanan yang layak untuk generasi yang berada di Pulau Longgos NTT.

Dengan ikut berkontribusi berarti kita telah memberikan ruang, dan bantuan terbaik berupa akses pendidikan untuk memutus rantai kemiskinan di pulau tersebut.

Mengingat biaya renovasi yang cukup besar, kami mengharap dukungan dari para Donatur untuk memudahkan harapan dan cita-cita kami di pulau ini.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (1150)