Kitabisa! - Bantu Nenek Ija Bisa Usaha dan Menjahit Lagi
Bantu Nenek Ija Bisa Usaha dan Menjahit Lagi

Bantu Nenek Ija Bisa Usaha dan Menjahit Lagi

Rp 181.608.348
terkumpul dari Rp 200.000.000
3292 Donasi 0 hari lagi
Aksi Cepat Tanggap Sulawesi Selatan
Akun telah terverifikasi
Bagian dari Lets ACT Indonesia

Cerita

Walaupun cacat sejak kecil, Nenek Ija terus berupaya mencari nafkah dengan menjahit. Kini ia perlu mesin jahit baru agar bisa tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

***

dad65375-9bab-4886-b069-a5443841cc50.jpg

Nenek Ija tak pernah putus asa berharap. Dengan segala keterbatasan karena cacat polio yang dideritanya sejak umur 10 tahun, ia masih berupaya menghidupi diri lewat kegiatan menjahit.

Perempuan berusia 72 tahun ini khawatir dan malu jika harus menjadi beban bagi orang lain. Sementara itu, mesin jahit yang jadi satu-satunya penopang untuk mendapat nafkah rusak dan tak bisa lagi digunakan. Kebaikan dari orang lain meminjamkan mesin jahitlah yang membuat beliau masih bisa sedikit bernafas lega.

Tapi, apa yang harus dilakukannya jika kelak mesin tersebut diambil lagi oleh sang pemilik?

fcc86a3b-1132-4e47-9473-191038209a8e.jpg

Untuk aktivitas sehari-hari yang sama sekali tidak bisa ia lakukan, Nenek Ija dibantu oleh keponakan yang juga tinggal bersamanya di Kelurahan Sanua, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara. Sebab, Nenek Ija saat ini tidak bisa berjalan selayaknya orang normal kecuali memakai kursi roda. 

Sehari-hari, Nenek Ija bergantung pada penghasilannya lewat jahitan yang bisa ia kerjakan dan hasil jualan yang laku. Ia banyak membuat karya jahitan berupa taplak meja dan wadah asbak yang berasal dari benang.

Terkadang, ada pula orang yang suka rela memberikan sembako serta membawa jahitannya kepada Nenek Ija dan membayarnya di atas harga yang disepakati.

33941c7b-7018-411d-94e6-c71a79cc59cb.jpg

Nenek Ija pernah mendapat bantuan dari Program Keluarga Harapan (PKH) Kota Kendari dalam bentuk barang seperti seng, batako, dan semen untuk memperbaiki rumahnya . Namun, ia tidak dapat membangun kembali rumahnya karena kendala biaya. Jangankan membangun rumah, untuk kebutuhan sehari-hari saja, Nenek Ija hanya sanggup dipenuhi pas-pasan.

***

Nenek Ija, meskipun usianya sudah tak muda lagi, tetap ingin terus berkarya untuk menafkahi dirinya sendiri.

#OrangBaik dimana pun berada, mari buat harapan Nenek Ija jadi nyata dengan memiliki mesin jahit baru agar bisa memenuhi kebutuhan hidup. Caranya:

  1. Klik "DONASI SEKARANG"
  2. Masukkan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/BNI/Mandiri/BCA/BRI/BNI Syariah/Kartu Kredit)
  4. Klik "DONASI" dan ikuti langkah selanjutnya

***

Disclaimer:

  1. Donasi yang terkumpul akan disalurkan untuk membelikan mesin jahit, sebagai tambahan modal usaha, dan renovasi rumah Nenek Ija.
  2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR) yang fokus untuk membantu meringankan permasalahan sosial dan ekonomi yang dialami masyarakat.
  3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Ali Akbar Makasar (+62 852-4248-4636).
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (3292)