Kitabisa! - Bantu Masyarakat Lereng Merapi Mengolah Cokelat
Bantu Masyarakat Lereng Merapi Mengolah Cokelat

Bantu Masyarakat Lereng Merapi Mengolah Cokelat

Rp 316.876
terkumpul dari Rp 20.000.000
4 Donasi 0 hari lagi
abdul malik
Akun belum terverifikasi

Cerita

Saya Abdul Malik, Mahasiswa Pertanian UGM angkatan 2011 (Alumni Forum Indonesia Muda Angkatan 18). Saya adalah ketua tim penggagas Desa Wisata EAT COCOA (Edu Agro Tourism of Cocoa) di Desa Tanen, Kel. Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab. Sleman. EAT COCOA merupakan sebuah program pemberdayaan masyarakat di kawasan lereng Gunung Merapi.

Saya merupakan mahasiswa yang aktif dalam berbagai organisasi salah satunya adalah kelompok studi Klinik Agromina Bahari (KAB) UGM yang berfokus pada riset dan pengabdian masyarakat, selain itu sekarang saya bekerja sebagai pendamping UPSUS PAJALE Kementrian Pertanian dan Perikanan di Kab.Bantul.

Saat ini yang saya dan teman-teman saya lakukan adalah mendampingi para petani cokelat yang tergabung dalam Kelompok Tani Cokelat (kawasan lereng Merapi) dalam membangun dan mengembangkan agribisnis tanaman cokelat dari hulu hingga ke hilir dengan basis Desa Wisata Pendidikan Pertanian Kakao Organik.

Alasan saya menggalang dana adalah saat ini masyarakat lereng Gunung Merapi, khususnya di Desa Tanen sangat membutuhkan bantuan dana untuk membeli alat-alat pengolahan biji kakao menjadi olahan cokelat untuk menambah nilai jual dan meningkatkan perekomonian masyarakat Tanen dan sekitarnya. Berawal dari permasalahan masyarakat sekitar lereng Merapi yang pertaniannya tak kunjung maju, dengan komoditas yag berganti-ganti, mulai dari hortikultur, kopi, lalu salak, namun ketiganya belum memberikan hasil yang signifikan terhadap perekomonian para petani.

Akhirnya di tahun 2012 saya dengan teman-teman di kelompok studi menginisiasi survei lapangan dan didapatkan hasil bahwa kawasan lereng Gunung Merapi merupakan kawasan subur dengan iklimnya yang sangat cocok untuk dibudidayakan tanaman cokelat. Dari lahan cokelat yang luasannya masih kecil tersebut (9,9 ha) kami mencoba mengembangkan tanaman kakao lebih luas lagi. Singkat cerita segala upaya telah kami lakukan mulai dari konservasi lahan, pembibitan, pembuatan pupuk kompos, pemeliharaan tanaman. Hingga pada tahun 2014 kami mendapat HIBAH Bina Desa dari DIKTI. Dari dana hibah tersebut kami dapat membangun sebuah desa wisata pendidikan cokelat di Desa Tanen. Namun, terdapat beberapa kekurangan yaitu peralatan dalam pengolahan biji kakao yang telah kami lakukan masih sederhana, sehingga kualitas olahan yang kami hasilkan belum terlalu bagus.

Donasi yang terkumpul akan kami gunakan untuk pembelian berbagai peralatan yang mendukung pengolahan biji kakao yang berkualitas, mulai dari mesin sangrai, grinder, press lemak, pemasta, pembuatan bubuk hingga packaging.

Harapan kami dengan penggalangan donasi ini akan dapat membantu masyarakat Lereng Gunung Merapi khususnya masyarakat Desa Tanen untuk mengolah cokelat sehingga dengan peralatan tersebut dapat meningkatkan perekomonian dan kesejahteraan masyarakat di sekitar Kawasan Lereng Gunung Merapi khususnya Desa Tanen.

Kontak : Abdul Malik
HP : 085859750570 (WA) / 081237692418
Email : [email protected]

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (4)