Bantu Wujudkan Tekad Pak Dadang Mendirikan Sekolah
Bantu Wujudkan Tekad Pak Dadang Mendirikan Sekolah

Bantu Wujudkan Tekad Pak Dadang Mendirikan Sekolah

Rp 4.918.639
terkumpul dari Rp 100.000.000
114 Donasi 0 hari lagi

Informasi Penggalangan Dana


Cerita

“Dahulu waktu kecil, saya tidak bisa melanjutkan sekolah karena kendala biaya. Saya tidak ingin ada lagi alasan bagi siapapun yang tidak sekolah karena kendala seperti saya”.

627c98e1-6f21-40d1-a53f-3ac75129ef04.jpg

Begitu setiap kali Pak Dadang diajak berbicara mengenai cita-cita hidupnya. Beliau bekerja sebagai Office Boy di salah satu Kampus yang berada di daerah Bandung. Kesehariannya menjadi Office Boy tidak menjadi penghalang tekadnya untuk mendirikan sekolah bagi anak-anak kurang mampu. Semasa kecil Pak Dadang memiliki kondisi finansial keluarga yang kurang baik, sehingga harus merasakan pahitnya putus sekolah di tengah perjuangan menimba ilmu. Beliau tidak ingin ada yang bernasib sama dan menyadari bagaimanapun kondisi pendidikan saat ini akan sangat berpengaruh pada masa depan setiap anak Indonesia, terkhusus generasi penerus di kampung halamannya, Kampung Papak Serang, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung.

Awal Cerita,

cb9370d7-a5fc-424b-9591-26152f9a755d.jpg

Di Kampung Papak Serang mayoritas masyarakat bekerja sebagai petani padi dan buruh pabrik. Bagi mereka pendidikan masih menjadi hal yang tabu, bahkan beberapa orangtua lebih memilih mencarikan pekerjaan daripada memilihkan sekolah untuk anaknya. Pola pikir ini juga tertanam dalam pikiran mayoritas anak, "Sekolah tinggi-tinggi, nanti pasti ujungnya kerja". Alangkah lebih baik sedari dini sudah bekerja tanpa harus repot memikirkan keberlanjutan studi. Alhasil semangat anak-anak untuk bersekolah mulai turun, angka putus sekolah bertambah, bahkan terang-terangan memilih bekerja di pabrik dan meninggalkan sekolah. Belum lagi musim paceklik (kurang lebih 1 - 2 bulan) membuat masyarakat petani kesulitan untuk mencari pekerjaan. Dampaknya adalah keterbatasan sumber keuangan keluarga untuk kehidupan sehari-hari. Bagaimana memenuhi kebutuhan pendidikan sedangkan kebutuhan perut saja belum terpenuhi ?

Namun,

3f481ac7-323d-49e6-98a0-7938ecaaf936.jpg

Pak Dadang mengambil peran untuk membantu mengharmoniskan kesejahteraan masyarakat Papak Serang. Saung Himelnah akan menjadi sekolah bagi masyarakat sekitar Papak Serang yang kurang mampu. Semua anak-anak Kampung ini harus bisa mengenyam pendidikan seperti halnya anak-anak lain pada masanya. Senyum harapan dan cita-cita dari setiap anak adalah bahan bakar yang terus menyulutkan api semangat seluruh relawan Saung Himelnah. Sehingga harapannya tidak ada lagi anak-anak yang putus sekolah karena keterbatasan biaya.

Sebuah Jalan,

805efde3-9ef8-4190-afcf-6abb007443bc.jpg

Sejak tahun 2018 hingga saat ini Pak Dadang telah membuat Taman Bacaan untuk membuka akses bacaan bagi anak-anak di Kampung Papak Serang. Setiap hari minggu diselenggarakan pula kegiatan belajar mengajar oleh relawan mulai dari mahasiswa hingga pekerja kantoran. Berbagai cara beliau lakukan untuk merekrut relawan yang mampu mengajar secara tidak dibayar sepeserpun. Semua dilakukan atas dasar keikhlasan semata. Di dalam rumah kecil berukuran 5 x 5 meter inilah pembelajaran setiap minggunya dilaksanakan. Saung Himelnah terletak di RT.03, RW.04, Kampung Papak Serang, Desa Serang Mekar, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Himelnah adalah akronim yang berasal dari beberapa serapan kata Jepang - Sunda - Arab, yakni Himawari - Elmu - Hasanah.

Sebuah lintasan baru,

54f3b945-c476-401c-9bab-34593e925072.jpg

Pak Dadang tidak sendirian. Ia memiliki sekompi pasukan yang tak kenal lelah dan pantang menyerah, siapa lagi kalau bukan pasukan yang ada di balik semua ini ....

Pasukan ini terkenal dengan sebutan ~

a30f4a9e-57e9-4e13-a104-7c57e06d90b2.jpg

Papak Serang Hero !

Donasi yang terkumpul akan digunakan untuk membangun sekolah bagi anak-anak kurang mampu di Kampung Papak Serang. Terimakasih atas segala doa dan bantuan yang Allah berikan melewati Teman-teman donatur untuk pengembangan Saung Himelnah. Semoga dengan adanya Saung Himelnah dapat membuat anak-anak Papak Serang menjadi lebih semangat belajar, terus berkarya, berakhlak mulia dan dapat meraih cita-citanya setinggi langit. Aamiin.


Klik tombol DONASI untuk donasi online.

Komunitas Saung Himelnah | web :
 saunghimelnah.com

Narahubung dan Medsos
WA    : 0896-5929-4244 (Vicko Sagandhika)
Surel : [email protected]
IG      : @saunghimelnah

Lokasi di : Kampung Papak Serang, RT.03, RW.04, Desa Serang Mekar, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Disclaimer : Informasi, opini dan foto yang ada di halaman galang dana ini adalah milik dan tanggung jawab penggalang dana. Jika ada masalah/kecurigaan silakan lapor kepada kami disini.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


icon-flash-message

Doa-doa #OrangBaik

Terbaru
  • Terbaru
  • Terpopuler
Loading...

Donasi (114)


Fundraiser