Kitabisa! - Bantu Bayi Delisha, Penderita Omfalokel
Bantu Bayi Delisha, Penderita Omfalokel

Bantu Bayi Delisha, Penderita Omfalokel

Rp 51.497.646
terkumpul dari Rp 150.000.000
340 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Assalamualaikum Wr.Wb

Perkenalkan saya Riyandi Nurul Akbar (24 tahun), berprofesi sebagai Guru Honorer di salah satu SMA Negeri Bandung. Pada tanggal 28 September 2018 pukul 08.00 WIB istri saya melahirkan seorang bayi perempuan yang bernama Delisha proses persalinan sesar di Rumah Sakit Sariningsih Bandung.

    Saya merasa sangat bahagia dan terharu karena pada saat itu saya sudah menjadi seorang bapak, ketika dokter mengabarkan bahwa bayi saya sudah lahir dengan selamat. Namun, ternyata dokter mengabarkan bahwa bayi Delisha memiliki kelainan pada anggota tubuhnya. Dokter mendiagnosa bayi Delisha menderita Omfalokel ( Penonjolan dari usus atau dari isi perut lainnya melalui akar pusar yang tidak dilapisi kulit ), seketika hati saya hancur, sedih, dan terpukul. Sedangkan selama masa kehamilan dan melakukan USG setiap bulan tidak terlihat adanya kejanggalan/kelainan pada anak saya. Ujian yang diberikan oleh Allah datang bersamaan dengan kondisi Ayah saya yang juga ditindak/melakukan/menjalankan operasi hernia.

Dikarenakan Rumah Sakit Sariningsih tidak ada fasilitas , maka dokter Rumah Sakit tersebut menyarankan bayi Delisha untuk segera dirujuk ke Rumah Sakit lain yang memfasilitasi kondisi bayi Delisha, karena dengan kondisi bayi yang menderita Omfalokel ini harus segera dilakukan operasi serta mendapatkan penanganan yang intensif dan serius. Tentunya, tindakan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Kondisi saat ini, rumah sakit yang memiliki fasilitas NICU dan yang menerima BPJS kebanyakan penuh. Yang tersedia hanya beberapa RS Swasta yang biayanya diluar kemampuan saya, dimana selama ini saya bekerja sebagai guru honorer.

Alhamdulillah atas izin, berkat, dan rahmat-Nya, Delisha berhasil dirujuk ke PERINATOLOGI RS Santosa Kebonjati, Kota Bandung terhitung sejak tanggal 2 Oktober 2018. Sejauh ini kondisinya stabil juga sehat. 

Berdasarkan keterangan dokter bedah anak yang menanganinya, Delisha perlu diobservasi selama 4-5 hari (terhitung 2 Oktober). Untuk penderita omfalokel, tindakan operasi baru bisa dilakukan ketika bayi sudah berusia 6 bulan sampai 1 tahun, menunggu lapisan dinding kulit perutnya kuat. Setelah itu, apabila kondisinya sehat dan stabil, maka bayi boleh dirawat di rumah dengan perlakuan khusus dan steril. Sang ibu pun diajarkan bagaimana cara merawat Delisha dan memberikan obat. Insya Allah jika Delisha baik-baik saja, akan merawatnya di rumah. 

Namun hingga saat ini saya masih dibingungkan dengan administrasi. Pada saat merujuk ke RS Santosa Kebonjati, saya masih memproses BPJS Delisha. Pihak rumah sakit memberi kami keringanan dalam waktu 2x24 jam untuk memproses BPJS. Jika tidak, maka Delisha akan terhitung pasien umum, dengan biaya yang sangat tidak mungkin untuk saya bayar. Hingga saat ini bahkan dari pihak rumah sakit belum mengeluarkan ataupun memberi gambaran tentang berapa jumlah dana yang harus kira-kira saya bayar apabila Delisha terhitung pasien umum. Hal ini membuat saya was-was, khawatir walau Delisha bisa pulang ke rumah, apa yang harus saya lakukan untuk membayar biaya rumah sakit. 

Entah kenapa BPJS saya bermasalah. BPJS Delisha memang baru saya urus ketika lahir. Menurut info yang saya dapat, semestinya untuk bayi baru lahir bisa diurus secara cepat (tidak lebih dari satu hari). Namun hingga saat ini, pihak BPJS mengatakan baru bisa beres sekitar tanggal 17 Oktober 2018, dikarenakan error sistem kecamatan. Dengan begini saya semakin yakin akan dikenakan biaya perawatan Delisha sebagai pasien umum. Belum ada solusi yang jelas untuk ini, yang jelas dana tidak akan mencukupi. 

Berdasarkan informasi via tlpn dari Rs Swasta Rata-rata biaya yang diperlukan di beberapa Rs perkiraan puluhan sampai ratusan juta  dengan rincian:

- DP Rumah Sakit: Rp.15.000.000,00

- Biaya operasi: Rp.40.000.000,00  

- Biaya ruangan per hari: Rp.10.000.000,00 

    Saya sebagai orang tua bayi Delisha sangat berharap anak saya bisa secepatnya menjalani operasi. Saya berharap teman-teman bisa berjuang untuk membantu bayi Delisha, berdonasi dengan cara :

  • Klik tombol berwarna merah “DONASI SEKARANG”
  • Isi data diri dan pilih metode pembayaran
  • Transfer ke nomer rekening yang muncul dan mohon bantu sebarkan ke media social teman-teman

Kami akan selalu melakukan update jika ada kabar terbaru terkait keadaan bayi Delisha. Mohon do’a untuk kesembuhan bayi Delisha. Terimakasih atas bantuan teman-teman semua,hanya Allah yang mampu membalas kebaikan teman-teman semua. Jazakumullah khairan katsiran

Wassalamualaikum Wr. Wb

Riyandi N.A (081312811335)

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (340)