Kitabisa! - Yuk Bantu Dian Hajar Kanker Payudara!
Yuk Bantu Dian Hajar Kanker Payudara!

Yuk Bantu Dian Hajar Kanker Payudara!

Rp 73.844.459
terkumpul dari Rp 100.000.000
420 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Halo,

Perkenalkan, saya Erindia Deviana, seorang karyawan swasta di wilayah Jakarta Utara dan alumni jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Indonesia angkatan 2009. Saat ini saya mewakili teman-teman Komunikasi UI 2009 ingin sedikit berbagi kisah dan mengajak teman-teman semua untuk membantu kesembuhan salah satu teman kuliah kami, Radian Nyi Sukmasari (Dian/ Nyi), yang divonis mengidap kanker payudara di usianya yang masih sangat muda, 26 tahun.

Jika kita mendengar usia 26, barangkali kata-kata muda, energik, ceria, sehat, bugar, dan masih banyak pengalaman yang harus dilalui adalah yang sejenak terlintas di benak. Namun, tidak pernah terbayangkan di benak seorang sahabat kami, Dian, ketika mendengar vonis dokter bahwa dirinya mengidap kanker payudara stadium III dan sudah menjalar ke paru-paru dan kelenjar getah beningnya di usia produktif seperti ini. Rasanya, tidak ada satu pun orang yang mengharapkan akan bertarung dengan penyakit berat di puncak masa mudanya.

d17bb6389b332f474f9153a92228962f07a992d3

Tapi, takdir Tuhan berkata lain. Di bulan Desember 2017, sahabat kami ternyata dipilih Tuhan untuk menghadapi kanker. Meski begitu, alumni SMA Negeri 34 Jakarta ini berusaha menghadapinya dengan tegar.

Dian yang kami kenal adalah perempuan yang sangat kuat, dari dulu. Ceria, gigih, tegas, pekerja keras, dan suka membuat banyolan-banyolan lepas yang membuat teman-temannya tertawa. Itulah sifat yang kami kagumi dari seorang Dian ketika menempuh pendidikan di Komunikasi UI.

fb2c37d27f6f4dc7967c64a11453178a9096e4da

Bahkan, ketika harus menghadapi kenyataan pahit bahwa sang Ibu harus dipanggil terlebih dahulu oleh Tuhan di saat ia masih menjalani perkuliahan, Dian masih tetap bisa tersenyum dan bersikap tenang. Hal yang sama juga ia perlihatkan ketika Dian mengabarkan sakit beratnya kepada kami.

Di hadapan kami, Dian tetap gembira dan masih berusaha menjadi dirinya sendiri. Tetap membuat orang-orang di sekitarnya tertawa dengan banyolan-banyolannya. Seolah-olah kanker payudara stadium III ini adalah hal yang tak begitu mengganggunya.

Selain itu, Dian dengan penuh semangat mengingatkan kami semua bahwa penyakit yang tengah ia alami ini bisa menimpa perempuan dari usia berapa pun. Maka, Dian juga mengingatkan kami pentingnya melakukan SADARI (Periksa Payudara Sendiri) sejak dini. Supaya kami tidak terlena dengan usia muda kami...

Dian yang kami kenal juga peduli dengan sesama. Dengan menjadi jurnalis di Detik Health dan mengelola HaiBunda.Com sekarang, Dian mengingatkan sesamanya tentang pentingnya kesehatan lewat artikel-artikel yang ia garap. Salah satunya, ia juga membagikan kisahnya ini di Detik.com (http://bit.ly/beritadian) dan Cewekbanget.id via Line Today (http://bit.ly/beritadian2).



Penyakit berat ternyata tidak membuat seorang Radian Nyi Sukmasari menjadi putus asa.

Kami berharap, Dian tidak akan pernah berubah, tetap semangat dan ceria hingga seterusnya. Dan kami mengajak teman-teman mendukung Dian agar ia tidak melalui semua ini sendiri.

Tanggal 16 Januari 2018 kemarin, Dian sudah menjalani kemoterapi pertamanya dan berjalan dengan lancar. Dikutip dari post Instagramnya 19 Januari 2018 lalu:

6f3cc5f678698645d49edf2ebf17e28a984d513e

Setelah bertahun-tahun nulis soal kemoterapi, akhirnya ngerasain sendiri gimana yang namanya kemo. Banyak temen yang nanya, kemo gimana sih rasanya? Sakit? Nggak. Selama chemowar badan gue nggak terasa apa-apa. Masih bisa kirim artikel, foto-foto, bahkan haha hihi. Makan masih mau bahkan gue minta dipesenin zuppa soup. Habis chemowar pun badan masih oke-oke aja. Bahkan sempat mikir dikasih obat anti mual paling nggak gue minum wong nggak terasa mual.

Tapi… Kemoterapi nggak sesimpel lo jatuh cinta sodara-sodara. Sejatinya perjuangan lo baru dimulai setelah kemo selesai. Apa aja chemofect alias chemo effect yang gue rasain? Lanjut next time ya. Soalnya sekarang 3 hari pasca kemo badan gue masih ngerentek banget dan kaki cekot-cekot. Yang pasti setelah kemo, malamnya gue ga bisa tidur. Badan rasanya kayak digebukin orang sekampung. Hiks”

Ini baru permulaan. Masih ada lima kali kemoterapi lagi yang harus ia hadapi. Biaya untuk satu kali kemoterapi beserta obat-obatan diperkirakan sekitar 10 juta dan Dian harus menjalani lima kali kemoterapi lagi beserta radioterapi & mastektomi di Rumah Sakit Medistra.

69645cc564a6b3a215091cd405775b64e1edf6a8

Dengan ini, saya mengajak teman-teman semua mendukung semangat Dian yang masih muda untuk terlepas dari jerat kanker payudara stadium III. Karena bantuan dari teman-teman semua begitu berarti..

Penggalangan donasi ini adalah murni inisiatif tulus kami, alumni Komunikasi UI 2009, untuk:

  1. Membantu meringankan biaya pengobatan sahabat kami Radian Nyi Sukmasari.
  2. Meningkatkan awareness tentang kanker payudara lewat gerakan #SADARI agar tidak ada lagi Dian-Dian muda lainnya yang harus mengalami ini...
  3. Mengetuk hati para alumni UI, untuk bersama-sama membantu salah satu alumninya hingga sembuh, dan mengetuk hati para wartawan maupun pembaca setia rubrik Kesehatan di Detik.com yang selama ini pernah merasa terbantu dengan berbagai informasi kesehatan yang ditulis oleh Dian dan berharap agar Dian bisa terus berbagi lagi lewat tulisan-tulisannya yang bermanfaat untuk masyarakat... :-)
  4. Mengetuk hati para pembaca semua yang membaca tulisan ini untuk terus mendukung Dian baik dalam bentuk dukungan doa, moril, maupun materi.


Cara Berdonasi :

  • Klik tombol "Donasi Sekarang"
  • Masukkan nominal donasi
  • Pilih metode pambayaran dan transfer ke no.rekening yang tertera


Dana donasi yang terkumpul akan langsung digunakan untuk membiayai seluruh pengobatan dan kemoterapi Dian hingga sembuh dan perincian penggunaan dananya akan selalu saya update di sini.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi saya di nomor 0812-41-000-411 atau Edwin Chandra (Winchan) / Ketua Angkatan Komunikasi UI 2009 di 0852-7601-6109.

Atas segala dukungannya saya ucapkan terima kasih...

Yuk, mari bantu Dian hajar kanker! ^^

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (420)