Kitabisa! - Transpalantasi Karang di Pulau Misool, Papua Barat
Transpalantasi Karang di Pulau Misool, Papua Barat

Transpalantasi Karang di Pulau Misool, Papua Barat

Rp 467.407
terkumpul dari Rp 3.000.000
15 Donasi 0 hari lagi
ENJ Papua Barat 2017
Akun belum terverifikasi

Cerita

Siapa Kami?

Kami adalah sekumpulan pemuda Indonesia dari berbagai Daerah dan beranekaragam Bahasa dan Budaya yang mendapat kesempatan emas untuk mengabdi di Papua Barat Lewat Program Ekspedisi Nusantara Jaya 2017. Ekspedisi Nusantara Jaya 2017 merupakan kegiatan pemberdayaan generasi muda serta penguatan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil dan wilayah perbatasan, melalui peningkatan akses terhadap kebutuhan bahan pokok sehari-hari, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, sarana dan prasarana, serta percepatan pembangunan di wilayah pulau-pulau dan perbatasan.

Program Unggulan yang kami lakukan selama pengabdian?

Trasnpalantasi Terumbu Karang merupakan salah satu teknik pelestarian (rehabilitasi) terumbu karang yang semakin terdegradasi dengan teknik pencangkokan. Tujuan Transplantasi pada dasarnya adalah untuk pelestarian ekosistem terumbu karang.Transplantasi terumbu karang berperan dalam mempercepat regenerasi terumbu karang yang telah rusak atau untuk membangun daerah terumbu karang yang baru yang sebelumnya tidak ada.

Proses Pelaksanaan Transpalantasi Karang

Transplantasi karang dengan tujuan pemulihan terumbu karang yang telah rusak dilakukan dengan memindahkan potongan karang hidup dari terumbu karang yang kondisinya masih baik ke lokasi terumbu karang telah rusak. Teknik dan prosedurnya sebagai berikut:

  • Lokasi pengambilan bibit di sekitar terumbu karang yang telah rusak (tidak boleh jauh dari lokasi penanaman) dengan kondisi terumbu karang yang masih baik.
  • Antara lokasi pengambilan bibit dengan lokasi terumbu karang yang telah rusak mempunyai kondisi lingkungan (kedalaman dan keadaan arus) yang mirip.
  • Pengambilan bibit dilakukan dengan memotong cabang karang induk di tempat, dan tidak melakukan pemotongan koloni karang induk yang letaknya saling berdekatan untuk menghindari kerusakan ekosistem secara menyolok.
  • transportasi bibit dari lokasi pengambilan bibit dengan lokasi transplantasi tidak lebih dari satu jam.

Mengapa Pulau Misool, Papua Barat?

Pulau Misool merupakan satu dari empat pulau terbesar di Kepulauan Raja Ampat Provinsi Papua Barat yang memiliki panorama bawah laut yang cukup menawan. Panorama pulau terpencil yang nyaris tak terjamah ini meliputi hamparan laut lepas yang luas dan amat bening, pasir putihnya terhampar sepanjang pesisir pantai dan dikelilingi pepohonan hutan tropis dan mangrove yang hijau permai. Pemandangan menyegarkan ini jelas akan menawan hati siapa pun yang melihatnya apalagi dengan apa yang disembunyikan di bawah perairan lautnya. Seperti telah diketahui bahwa Kepulauan Raja Ampat termasuk daerah segitiga karang dunia dimana taman bawah lautnya menyimpan sekira 75 persen jenis ikan hias dan segitiga karang yang ada di dunia (http://travel.kompas.com/read/2012/12/14/09173863/...)

Pulau Misool merupakan salah satu pulau utama yang terdapat di Kawasan perairan Raja Ampat yang terletak di Kabupaten Raja Ampat. Di kawasan ini terdapat kurang lebih 610 pulau, meski hanya sekitar 35 pulau yang ditempati. Menurut data dari The Nature Conservancy Indonesia, dari seluruh jenis terumbu karang di perairan Raja Ampat yang jumlahnya 553 jenis, 387 jenis di antaranya bisa ditemukan di sini. Sayangnya kawasan ini rawan terhadap ancaman. Karena letaknya yang terpencil, pelaku yang justru biasanya datang dari luar daerah Misool biasanya menggunakan bom serta potasium untuk memanen ikan di perairan ini (http://nationalgeographic.co.id/berita/2012/12/mis...)


Ayo dukung kami untuk melestarikan Terumbu Karang di Pulau Misool, Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Mari Kita Indahkan Pesona Timur Indonesia, karena Papua Barat merupakan Provinsi dengan Keindahan Luar Biasa di Dunia. Dengan Berdonasi Minimal 200.000,- Kamu telah membantu Pelestarian Terumbu Karang di Pulau Misool.

Salam Nusantara Jaya!

Rencana Kebutuhan

  1. Semen Karung
  2. Pipa Paralon
  3. Besi
  4. Kawat Kecil
  5. Bibit Karang
  6. Perlengkapan Selam Lengkap


Untuk Informasi lebih lanjut

Hubungi kami di:

0899 2254 894 a.n Eza Dwi Cahya

0852 7504 2996 a.n Nanda Satria

0856 2492 9498 a.n Median Eki Pratama


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (15)