Kitabisa! - Yuk, Kita Bantu Keluarga Ibu Srie
Yuk, Kita Bantu Keluarga Ibu Srie

Yuk, Kita Bantu Keluarga Ibu Srie

Rp 12.424.417
terkumpul dari Rp 7.915.000
41 Donasi 0 hari lagi
Ahmad Dzar Ghiffari Rahman
Akun belum terverifikasi

Cerita

Saya Ghiffari, mahasiswa S1 manajemen FEB UI. Sampai saat ini saya aktif sebagai staff departemen pengabdian masyarakat BEM FEB UI.

Memang, merupakan sebuah kenikmatan untuk dapat menempuh pendidikan dengan tenang tanpa khawatir tidak memiliki uang untuk transportasi.

16 November 2016

Sekitar pukul 11:30 WIB tiba-tiba ada seorang tamu yang datang ke ruang BEM FEB UI. Awalnya tamu tersebut ingin bertemu dengan Ketua BEM FEB UI, namun saat itu beliau sedang tidak ada di tempat. Akhirnya, saya memutuskan agar saya yang menemui tamu tersebut dan langsung mengobrol di dalam ruang BEM.

Tamu tersebut bernama Ibu Srie (50). Ia menceritakan mengenai permasalahan yang sedang dihadapi. Ibu Srie memiliki 3 orang anak yang masing-masing duduk di bangku kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA. Jujur, setelah mengetahui hal itu saya langsung terbayang betapa berat beban yang harus ia tanggung dengan kondisi finansial keluarga Ibu Srie yang tidak sedang baik-baik saja.

Mengapa Ibu Srie melapor ke BEM FEB UI? Karena anaknya yang pertama dan kedua pernah dibantu oleh Prokadisu (Program Kakak-Adik Asuh) dalam hal pembiayaan sekolah saat SD.


Permasalahan 1

Keluarga Ibu Srie tinggal di sebuah kontrakan* yang saat ini bayaran sewanya telah menunggak selama 2 bulan** karena tidak mampu membayar, dan jika dalam waktu dekat tidak dilunasi maka keluarga Ibu Srie harus angkat kaki dari rumah tersebut dan tidak tahu harus tinggal di mana.

*Lokasi Kontrakan = Jalan Arsip 2 RT 9 RW 7, Srengseng Sawah, Jakagarsa, Jakarta Selatan

**Biaya kontrakan = Rp750.000/bulan

Pekerjaan

Lanjut cerita, Ibu Srie hanya bekerja di rumah tetangga untuk menyetrika pakaian dengan gaji Rp400.000/bulan. Suaminya yang sakit akibat kecelakaan pada tahun 1998, hanya dapat melakukan pekerjaan ringan yaitu merawat burung kicauan titipan tetangga dengan gaji Rp200.000/bulan.

Kondisi Keseharian

Dapat dilihat bahwa dengan pemasukan sejumlah tersebut, beban sewa kontrakannya saja masih belum dapat ditutupi. Sehingga dengan pengakuan Ibu Srie, ia dan keluarga sering kali berpuasa karena tidak ada uang untuk membeli beras 1 liter pun. Meskipun terkadang ada saja rejeki yang didapat dari bantu-bantu cuci piring ketika ada hajatan, dan pekerjaan tidak pasti lainnya namun itu hanya memenuhi kebutuhannya dalam sehari-dua hari saja.

Permasalahan 2

Keterbatasan uang yang dimiliki keluarga Ibu Srie mengakibatkan kedua anak Ibu Srie tidak memiliki ongkos untuk berangkat sekolah. Dampak yang paling terasa adalah anak keduanya yang bernama Raihan, ia sekolah di SMP N 5 Depok. Raihan terancam tidak dapat mengikuti UN karena sudah 11 hari absen dari kelas. Raihan perlu mempertahankan kehadirannya sampai waktu UN tiba (pertengahan Mei 2017).

Selain ongkos transportasi ke sekolah dan tunggakan biaya kontrakan, ada biaya lainnya yang belum dapat dilunasi seperti buku-buku pelajaran, dan iuran akhir tahun anaknya.

Anak-anak Ibu Srie

1. Renaldi Saputra (Aldi) - Kelas 3 SMA - SMA MASTER Depok

2. Raihan Nur Iman (Raihan) - Kelas 3 SMP - SMPN 5 Depok

3. Renita Handayani (Dinda) - Kelas 6 SD - MI Muhammadiyah 2 Kukusan


Biaya yang Dibutuhkan

Berikut adalah rincian dana yang dibutuhkan berikut pengalokasiannya :

  • Tunggakan Kontrakan = Rp1.500.000
    • (Rp750.000 x 2 bulan)
  • Ongkos Aldi = Rp1.620.000
    • (Rp10.000/hari)
  • Ongkos Raihan = Rp2.430.000
    • (Rp15.000/hari)
  • Pembayaran LKS Raihan = Rp185.000
    • (17 LKS)
  • Iuran Akhir Tahun Dinda = Rp1.700.000
    • (biaya tryout, pembimbing tryout, pendalaman materi, ujian dan perpisahan)
  • Pembayaran Buku Pelajaran Dinda = Rp480.000
    • (14 buku pelajaran)
Total Dana yang Dibutuhkan = Rp7.915.000

Cara Donasi
  • Klik tombol berwarna merah "Beri Donasi"
  • Isi data diri dan pilih cara pembayaran
  • Transfer ke nomor rekening yang muncul dan bantu sebarkan melalui social media Anda
Terimakasih untuk yang telah membantu berdonasi dan menyebarkan informasi ini. Kiranya Allah SWT akan memudahkan segala urusan hamba-Nya yang berbuat kebaikan. aamiin

Salam.


CP : Ahmad Dzar Ghiffari Rahman 083872209475

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (41)