Kitabisa! - Berat Badan 25kg, Mbak Ria Tabah dengan Pneumonia
Berat Badan 25kg, Mbak Ria Tabah dengan Pneumonia

Berat Badan 25kg, Mbak Ria Tabah dengan Pneumonia

Rp 11.071.608
terkumpul dari Rp 15.000.000
34 Donasi 0 hari lagi
Sarah Annisa
Akun belum terverifikasi

Cerita

Perkenalkan, nama saya Sarah Annisa, alumni FIB UI angkatan 2011 dan saat ini bekerja sebagai karyawati swasta di Jakarta. Domisili saya saat ini di Bojong Gede, Kab. Bogor.

Saya mengenal Ria Wahyu Lestary, atau biasa dipanggil Mbak Ria melalui teman saya, Siti Fatimah di sebuah grup whatsapp. Siti Fatimah (berdomisili di Palembang) meminta saya menjenguk temannya yang sakit (Mbak Ria) yang kebetulan juga berdomisili di Bogor.

“Kalau bukan karena cinta saudara sesama muslim, saya nggak minta teman Bogor untuk jenguk” kata Siti Fatimah dalam chat whatsappnya dengan saya. Sebagai informasi, saat ini saya, Siti Fatimah dan Mbak Ria tercatat sebagai anggota grup komunitas online (via WhatsApp) One Day One Juz, yaitu gerakan membaca Quran sehari 1 juz yang dibina secara nasional. Kami bertiga tidak pernah bertemu sebelumnya, namun mungkin inilah cara Allah untuk menautkan hati dan silaturahmi di antara hamba-hambaNya. Pada 25 Juni 2016 atau tepatnya di malam ke-21 Ramadhan, akhirnya saya bekesempatan untuk menjenguk Mbak Ria di rumahnya yang amat sederhana dan agak terpencil di Desa Sukamanah, Jonggol, Kab. Bogor.

Mbak Ria, usia 32 tahun, menderita sakit pneumonia atau radang paru yang parah dan merupakan komplikasi dari asam lambung akut yang sebelumnya ia derita. Pada Februari 2016, Mbak Ria mengalami sesak yang teramat sangat dan sekujur tubuh kaku sulit digerakkan. Mbak Ria kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat, setelah 2 kali pemeriksaan (rontgen dan hasil lab), dokter mendiagnosis Mbak Ria sakit pneumonia dan dirujuk untuk melakukan endoskopi. Sayang, pengobatan dan pemeriksaan tersebut tidak dapat dilanjutkan, karena kekurangan dana. Akhirnya selama kurang lebih 5 bulan terakhir, Mbak Ria hanya bisa bedrest di rumah, sesekali minum obat herbal sederhana sambil dengan tabah terus menahan sakit di dadanya. Cairan di paru-paru dan saluran pernapasannya semakin menggumpal, sementara berat badannya turun drastis hingga sekarang hanya 25 Kg.

Mbak Ria sendiri adalah sulung dari 4 bersaudara, satu-satunya anak perempuan dalam keluarga. Ibundanya telah meninggal dunia 5 tahun lalu (dengan penyakit yang sama,komplikasi ke jantung), dan saat ini Mbak Ria tinggal bersama ayah dan adik bungsunya yang baru masuk SMA. Kedua adik lelakinya (yang kedua dan ketiga) sudah menikah dan pindah rumah sementara Mbak Ria sendiri belum menikah. Untuk makan dan kebutuhan sehari-hari, hanya mengandalkan uang pensiun ayah Mbak Ria sedangkan adiknya masih butuh dana untuk sekolah. Praktis, selama sakit,tidak ada yang bisa sepenuhnya telaten menjaga dan merawat Mbak Ria. Sebelum sakit, Mbak Ria bekerja sebagai penjaga counterpulsa di sebuah toko dekat rumah sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Semenjak sakit, Mbak Ria tidak lagi dapat mengurus rumah dan pergi bekerja.

Pada saat awal sakit, salah seorang saudara Mbak Ria sempat berinisiatif mengurus pembuatan BPJS Kesehatan untuk PBI untuk Mbak Ria, namun entah mengapa pengurusan itu terhenti di tengah jalan. Kini Mbak Ria sedang menunggu pihak RT di lingkungan rumahnya yang menjanjikan pengurusan BPJS Kesehatan setelah libur lebaran. Masih teramat lama, sedangkan makin hari sesak dan tukak makin menghujam dada Mbak Ria. Namun meski dalam kondisi lemah tak berdaya, Mbak Ria tetap optimis untuk sembuh dan tak surut semangatnya dalam membaca Al-Quran sehari 1 juz walau lisannya tersendat. Sedangkan ibadah shalat dijalaninya sambil duduk, karena tidak kuat bergerak terlalu banyak. Di tengah ujian sakit, Mbak Ria tetap bertabah hati dan terus berprasangka baik pada Allah, bahwa cobaan ini pasti akan ada jalan keluarnya, salah satunya melalui campaign ini :)

Donasi yang terkumpul dari bantuan teman-teman akan digunakan untuk membiayai pengobatan Mbak Ria selama BPJS Kesehatan masih diurus dan perawatan lanjutan yang tidak tercover BPJS Kesehatan. Saya sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas bantuan dan kepedulian teman-teman terhadap Mbak Ria. Semoga Allah membalasnya dengan kebaikan berlipat ganda.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi saya di 081280101156 atau email [email protected].

Terima kasih banyak :)

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (34)