Kitabisa! - Perjuangan Nayla Melawan Retinoblastoma
Perjuangan Nayla Melawan Retinoblastoma

Perjuangan Nayla Melawan Retinoblastoma

Rp 9.083.169
terkumpul dari Rp 300.000.000
68 Donasi 0 hari lagi
Warsita
Akun telah terverifikasi

Cerita

Salam Sejahtera #OrangBaik

Perkenalkan saya Fitri Sunar Apriyani, sebelumnya terima kasih kepada para #OrangBaik telah berkenan untuk membaca. Izinkan saya menceritakan kisah buah hati saya yang bernama Nayla Rizkiya Salsabila. Nayla baru berusia 4 tahun, dan ia merupakan pejuang retinoblastoma (tumor mata).

Bermula dari Juni 2017, saat itu Nayla masih berusia 3 tahun dan dimata kirinya terdapat cahaya kecil seperti sinar putih terletak pas dibagian retina matanya. Awalnya saya mengira hanya sorotan lampu saja pas malem hari tapi lama kelamaan bintik putihnya semakin kelihatan walaupun pada siang hari. Saya pribadi belum berasumsi apapun, saya masih berpikir positif. Saat itu karena pas hari raya Idul Fitri tahun 2017 semua rumah sakit libur, dan lama kelamaan bintik putihnya membesar hingga mata kirinya terlihat seperti mata kucing.

bb76b50b-76fd-4d64-860f-666aa33f99f1.jpg

Kami sekeluarga harus menunggu 1 minggu dengan sabar dan alhamdulilah seminggu pun berlalu. Saya dan suami membawa Nayla ke RS, dan kami menunggu lama sekali di poli mata. 1 jam, 2 jam, 3 jam, alhamdulilah akhirnya dipanggil juga. Setelah dokter memeriksa Nayla, dokter mengatakan bahwa anak saya mengidap katarak yang disebabkan karena virus kucing.

Saya dan suami lemas mendengar jawaban dokter tersebut. Dokter mengatakan bahwa Nayla harus menjalani operasi. Saya mendengar kata operasi langsung deg degan dan pikirannya tidak karuan, membayangkan yang bukan - bukan... Kita keluar dari poli mata dengan berlinang air mata menatap anak sekecil itu yang belum tau apa – apa dan harus dioperasi. Ya Allah cobaan apa ini...saya masih belum bisa menerimanya....dan akhirnya diperjalanan pulang saya dan suami tidak bisa berbincang apa – apa, di sepanjang jalan hanya terdiam mengingat jawaban dokter tadi.

Tak lama kemudian sampailah kami dirumah, kami menceritakan tentang hasil diagnosis dokter tadi. Keluarga kami juga kaget...kok bisa...kok bisa.. Akhirnya kami memutuskan untuk membawa Nayla ke dokter lain saat itu juga. Kami tiba di RS pada jam 14:30 dan dokter baru mulai praktek jam 19:00. Setelah menunggu lama akhirnya kami dipanggil juga, setelah pemeriksaan dokter belum bisa memberi jawaban penyakit apa itu dan kami disuruh datang lagi hari Sabtu jam 10:00 menemui dr spesialis mata khususnya retina. Akhirnya kami pulang dengan pikiran yang tidak karuan.

Sesampainya di rumah kami hanya termenung dan menangis menunggu Sabtu pagi. Ketika Sabtu datang, saya dan suami serta Nayla mengendarai sepeda motor warna merah langsung meluncur ke RS. Dan hari itu kami mendapatkan jawaban dari penyakit anakku yaitu tumor mata (retinoblastoma). Saat itu saya merasa peredaran darah dan nafas berhenti...kami kaget dan tidak bisa berkata apa - apa lagi. Dokter mengatakan Nayla harus menjalani operasi pengangkatan mata sebelah kiri yang terletak tumornya tersebut. Setelah operasi Nayla akan dipasangkan mata palsu. Masya Allah, cobaan apa ini….

0e4f91f5-0b79-4913-9cd9-999b83b216cb.jpg

Kami kemudian pulang dan berdiskusi dengan keluarga. Kami merasa kasihan jika Nayla harus menjalani operasi, dan akhirnya keluarga menyarankan untuk membawanya ke pengobatan alternatif. Saat itu kami setuju saja, dan mencari informasi ke tetangga terkait pengobatan alternatif. Mereka mengantar kami ke pengobatan alternatif yang pertama, yaitu di Magelang. Disana kami diminta membeli obat herbal harganya yang mahal digunakan untuk 6 bulan. Namun setelahnya tidak ada perkembangan, bahkan mata kirinya malah makin parah

Saat itu Nayla sakit 3 hari 3 malam, anak saya hanya menangis terus menerus dan tidak bisa tidur Saya langsung membawanya ke dokter dan meminta obat anti nyeri supaya Nayla bisa tidur. Saat itu saya memutuskan untuk berhenti berobat di Magelang, dan akhirnya pindah lagi ke pengobatan alternatif yang kedua yaitu di daerah Bantul. Pengobatan berlangsung salema 3 bulan, namun disana juga tidak berhasil. Akhirnya kami pindah pengobatan alternatif ketiga di daerah Yogyakarta namun juga tidak berhasil.

Akhirnya kami memutuskan untuk membawa Nayla ke RS, dan pada tanggal 20 Juli 2018 Nayla menjalani operasi pengangkatan mata. Selanjutnya Nayla menjalani pengobatan pembersihan sel dengan radioterapi selama 6 minggu. Namun setelah pengobatan tersebut selesai, Nayla tiba – tiba tidak bisa berjalan, dan hingga kini Nayla masih dirawat di RS. Kami selalu berdoa demi kesembuhan Nayla, kami tidak ingin melihat Nayla terbaring lemah di Kasur. Kami ingin agar Nayla bisa bermain kembali seperti sedia kala….

Jika teman - teman #OrangBaik berkenan untuk membantu, dapat berdonasi dengan cara:

1. Klik tombol berwarna merah “Donasi Sekarang”

2. Isi data diri dan pilih cara pembayaran

3. Transfer ke nomor rekening yang muncul dan mohon bantu sebarkan ke media sosial teman – teman

Terima kasih kepada para #OrangBaik yang telah membantu, mohon doakan Nayla agar bisa segera sembuh. Semua donasi yang terkumpul akan digunakan untuk pembelian kursi roda dan obat – obatan yang tidak ditanggung BPJS. Saya akan selalu melakukan update jika ada kabar terbaru terkait keadaan Nayla dan pencairan dana pada halaman campaign ini.

Terima kasih #OrangBaik

Salam,

Fitri Sunar Apriyani

083867266669

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (68)