Di Balik Pandemi, Ribuan Petani Indonesia Merugi
Di Balik Pandemi, Ribuan Petani Indonesia Merugi

Di Balik Pandemi, Ribuan Petani Indonesia Merugi

Rp 93.388.583
terkumpul dari Rp 100.000.000
2368 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Ribuan petani menangis rugi, karena permintaan turun dan pembatasan operasional pasar.

Pak Iwang (61), petani asal Karawang, salah satunya. Saat kami temui, wajahnya tampak lesu sore itu. Padahal, beberapa hari lagi waktunya panen. Sawah seluas 250 meter miliknya yang ditanami padi wangi terlihat subur dan segar.

“Warga yang panen kemarin bilang kalau harga (padi) merosot. Permintaan pasar menurun, Mas. Ada tetangga saya juga penghasilannya setengah dari biasanya karena pembatasan jam operasional pasar. Nggak sedikit juga yang rugi karena panen melimpah tapi sedikit yang beli,” keluh Pak Iwang.

Tak hanya pedagang dan peternak, petani juga ikut terkena dampak dari musibah Corona. Dari petani beras, petani sayuran, jagung, dan buah-buahan, seluruh sektor perkebunan juga mengalami nasib yang sama dengan Pak Iwang.

Beberapa petani bahkan menunda proses panen, karena sulit menemui buruh kerja untuk bantu memetik hasil panen. Mereka takut terkena Covid-19. Akibatnya sayuran atau buah jadi busuk dan tak layak jual.

Mirisnya lagi, dilansir dari Twitter @PetaniKritis harga cabai merah keriting hancur hingga Rp 6.000/kg harga kebun! Petani cabai harus siap kencangkan ikat pinggang!

#Orangbaik, Pak Iwang dan ribuan petani lainnya di Indonesia adalah tonggak kehidupan masyarakat Indonesia. Apa jadinya kalau para petani merugi dan tidak punya modal untuk menanam kembali? Apa yang mau kita konsumsi?

Karena itu, mari bersama-sama kita saling peduli, patungan bantuan untuk para petani yang tercekik Corona. Agar tetap dapat melanjutkan hidup dan menggarap sawahnya. Donasi darimu akan kami salurkan dalam bentuk bantuan pupuk, bibit dan sembako untuk keluarga petani.

Bantuan akan didistribusikan secara langsung ke rumah-rumah petani melalui 300 jaringan NU CARE-LAZISNU yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mari kirim bantuan untuk para petani Indonesia yang terdampak Corona, dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”

2. Masukkan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran GO-PAY, Jenius Pay, LinkAja, DANA, Mandiri Virtual Account, BCA Virtual Account, atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2368)