Kitabisa! - Bantu mereka untuk membangun rumah belajar
Bantu mereka untuk membangun rumah belajar

Bantu mereka untuk membangun rumah belajar

Rp 208.000
terkumpul dari Rp 75.000.000
6 Donasi 2058 hari lagi
Rumah Belajar Komunitas Pulau Buru
Akun telah terverifikasi

Cerita

MASIH ADAKAH ORANG-ORANG BAIK....???

“Anak-anak Pulau Buru begitu semangat belajar meski dengan buku yang lusuh dan terbatas. Di bawah pohon atau di pinggir pantai, senang-senang saja. Ini yang buat hati saya terpanggil Untuk bantu kembangkan Rumah Belajar ini. Anak-anak Indonesia harus CERDAS”.

9f870c0c-1bf0-457f-84da-aeb6a9f61760.jpg



Assalamualaikum wr. Wb.

Perkenalan Saya La Ode Alimin, Sebagai pendiri Rumah Belajar Komunitas (RBK) Pulau Buru. Rumah Belajar Komunitas atau di sebut RBK ber alamat di RT.001/RW.001, Desa Lamahang, Kecamatan Waplau, Kabupaten Buru, Provinsi Maluku. kesibukan Saya sehari-sehari sebagai pengerak literasi di berbagai daerah di Provinsi Maluku. Saya ingin menggalang dana untuk membangun rumah belajar untuk anak-anak di daerah pelosok. 

91397528-f0a8-4d3e-8423-a807acf29ed0.jpg


Hal ini menjadi salah satu langkah untuk mencerdaskan anak-anak Bangsa. Mungkin orang-orang diluar sana berfikir sebagai hal yang tidak punya kerjaan.. tapi hal ini muncul karena pangilan hati dari lubuk jiwa yang tulus saya untuk adik-adik sebagai penerus bangsa. Mereka selalu datang untuk belajar, tanpa mengenal waktu.. baca buku gratis tanpa punggut biaya.

"Saya juga sadari bahwa kami Pengerak Literasi tidak di gaji, tapi ini panggilan hati untuk anak-anak Negeri"

c0482316-80ac-43cd-8411-37509bb08af6.jpg

Perjalanan saya untuk menularkan VIRUS LITERASI di Kepulauan Maluku menjadi Salah satu langkah dalam misi saya untuk menjalankan semangat literasi sampai ke pelosok-pelosok negeri menjadi tujuan untuk mencerdaskan anak-anak Bangsa yang telah diamanatkan dalam Undang-undang Dasar 1945.

Indonesia Timur khususnya Provinsi Maluku kami masih gelap akan api literasi maka saya mengajak kita semua untuk sama-sama menyalakan api literasi. Jika kita ingin membangun Maluku ayo kita bangun Maluku melalui pendidikan sejak dini kepada adik-adik kita agar tertanam semangat literasi dalam jiwa mereka.

cc654777-3221-4271-93b3-1a0124d6b49f.jpg

Kami yang ternobatkan menjadi anak-anak leluhur, anak-anak suku, anak-anak bangsa terus haus akan pendidikan. Pendidikan bukanlah kutukan untuk kita berdiam diri tetapi munculnya peradaban pendidikan untuk kita bergerak sampai titik akhir.

085d0492-1aa8-47d5-89ca-ae430fc7efa9.jpg

Saya tergerak menggalang dana karena melihat ketidak layakan anak-anak dalam proses belajar, mereka belajar di bawa pohon maupun di pantai dengan keterbatas belajar mereka tetap semangat hal ini yang membuat hati saya terpanggil untuk selamatkan pendidikan adik-adik kami.

7b3cadf0-d6d8-4b72-b472-320c0178f4a6.jpg

ketika tiba malam mereka datang ke rumah saya untuk belajar, ada yang membawa tugasnya dan ada yang datang untuk membaca. terlihat wajah mengantuk dan ia tidur di pangkuan kakanya yang asyik membaca membuat saya merasa makin semangat untuk membimbing mereka. hal yang unik yang saya tanyakan kepada mereka apakah orang tua kalian tahu kalian datang kesini untuk belajar ? mereka menjawab ia orang tua mereka tahu dan orang tua mereka merasa senang ketika anak-anak mereka pergi belajar.

2e97f55d-fd96-4b71-9e1b-65f5e4b7f5f6.jpg



Hati saya terpanggil ketika saya sampai di kampung halaman dan melihat anak-anak di kampung mereka lebih memilih bermain, setiap mereka pulang sekolah maupun hari libur mereka selalu bermain. pikiran saya mulai muncul agar saya dapat mengubah waktu bermain mereka menjadi belajar sambil bermain dan alhadulillah anak-anak di kampung mereka mulai respon dengan baik dari yang belum bisa baca maupun tulis mereka perlahan-lahan mereka bisa. 

waktu siang hari mereka pulang dari sekolah mereka bersama-sama datang untuk belajar, mereka berkata mereka sangat senang dengan adanya Rumah Belajar biar mereka selalu belajar.

4e53e991-cb22-4435-a156-b5d92c90af18.jpg

RUMAH BELAJAR KOMUNITAS (RBK) Pulau Buru.

Alhamdulillah waktu pulang ke Desa tercinta bisa bermanfaat buat anak-anak di kampung. Anak2 pesisir pantai Desa Lamahang mereka punya niat tinggi untuk belajar. Sampai di kampung halaman selama 3 hari terlihat di siang hari banyak anak2 yang bermain dan hati saya gelisa bagaimana caranya agar arahkan anak2 yang bermain menjadi belajar.

e03d6475-0eb1-436f-91f7-96406f6c838c.jpg

Alhamdulillah dengan niat baik saya anak2 ikut semua untuk belajar dari yang belum bisa baca samapai bisa baca dan dari yang belum bisa hitung sampai bisa hitung. Dari yang belum sekolah sampai SMA ikut belajar. Saya perna berkata buat mereka bahwa kalau mau belajar maka belajarlah yang betul, orang yang mau belajar itu tidak pandang usia. Ayo adik2 kita belajar kalau mau jadi orang hebat harus belajar.

02364b83-8904-4551-8cde-dc16c94ec1d6.jpg

Saya tidak menyangka betapa semangatnya mereka untuk belajar. Di Siang hari mereka pulang sekolah dan mereka habis makan langsung datang ke rumah mencari saya untuk belajar. Saya sempat bertanya kepada mereka bahwa kalian ke sini orang tua kalian tahu atau tidak dengan senang hati mereka menjawabnya bahwa tahu dan orang tua mereka berkata tidak apa dan senang jika anaknya di siang hari tidak lagi bermain tapi belajar .

24790dda-bb92-4650-992d-7e39a0b42992.jpg

Mereka belajar seadanya tidak mengeluh asalkan mereka bisa belajar. Selama 2 bulan lamanya saya bersama mereka dan saya sadar betapa semangatnya mereka untuk belajar, jika saya bisa arahkan mereka maka mereka mampu dan saya yakin mereka punya rasa niat tinggi untuk belajar tidak akan berhenti asalkan ada fasilitas buku-buku bacaan untuk mereka baca dan ada yang mendampingi atau mengajarkan mereka.

5a61742e-1e4e-4a05-8cfd-e554829efbe7.jpg

Mereka punya niat belajar yang sangat tinggi, mereka datang bukan di paksa, mereka datang karena kemauan sendiri, mereka datang untuk belajar, tapi mereka kurang adanya orang yang punya niat untuk ajarkan mereka belajar, tetapi mereka di dorong demi niat suci ini. Pokoknya belajar GRATIS tanpa punggut biaya. Asalkan mau belajar. "BUKTIKAN BUAT ANAK-ANAK KOTA BAHWA KALIAN ANAK-ANAK KAMPUNG ITU PINTAR-PINTAR".

bcbbeceb-898c-4de7-bf87-c01cab775147.jpg

Pada sore hari saya tiba di satu pulau yang sering dikatakan oleh setiap orang adalah PULAU GELAP. Merinding sekucur tubuh ini ketika mendengar sebutan PULAU GELAP, saya berfikir bahwa pulau tersebut adalah pulau yang SERAM ternyata betul pulau itu termasuk dalam pulau SERAM yaitu namnya PULAU KELANG yang sering di sebut oleh masyarakat adalah PULAU GELAP karena pulau tersebut belum terdapat listrik sehingga di sebut PULAU GELAP. Niat saya untuk jalankan RODA LITERASI di pulau gelap itu. Semangat literasi ini Tidak pernah luntur ketika melihat si kecil dengan keterbatasan matanya yang tidak mampu melihat dengan baik. Tetapi si kecil anak pulau gelap ini memiliki semangat tinggi untuk belajar. Hal ini adalah salah satu bukti bahwa semangat anak bangsa untuk memajukan pendidikan perlu di prioritaskan. Maluku sangat tertinggal akan hal di dunia pendidikan dari daerah-daerah lainnya yang berada di Negara Republik Indonesia. Hal ini dengan bentuknya Rumah Belajar Komunitas (RBK) memiliki niat suci untuk menjalankan tujuan negara dalam MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA.


Saya sangat salut dengan semangat belajarnya mereka dan saya rindu akan semangat kalian, teruslah belajar jangan berhenti. Belajar di mana saja, dengan siapa saja dan Jangan perna berhenti belajar. Buktikan buar orang-orang di luar sana bahwa kalian lebih semangat belajar dari pada mereka walaupun dengan keterbatasan fasilitas dan buku-buku.

382bc4de-0f9b-4cf7-bfd3-f3e594397229.jpg

Mungkin teman-teman di kota-kota besar terfasilitas dengan buku-buku yang banyak dan bangunan-bangunan yang serba mewah. Kami tidak pernah merasakan hal seperti itu, untuk mendapatkan buku-buku agar kami bisa baca sangatlah sulit. Hal ini yang menyebabkan ketertinggalan kami dengan akan hal pendidikat akan tetapi semangat kami lebih tinggi untuk membaca walaupun dengan keterbatasan.
Donasi yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk;

1. Membangun Rumah Belajar di beberapa daerah terpencil
2. Beli Koleksi Buku-buku untuk anak-anak
3. Beli AL-QURAN

Untuk suadara-saudara ku dimana pun berada yang ingin membantu silahkan berdonasi dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG”
2. Masukan nominal donasi
3. Pilih metode pembayaran GO-PAY atau transfer Bank (transfer bank BNI, Mandiri, BCA, BRI, BNI Syariah, atau kartu kredit) dan transfer ke no. rekening yang tertera.

Tidak hanya berdonasi, teman-teman juga bisa membantu dengan cara menyebarkan halaman galang dana ini ke orang-orang terdekat agar semakin banyak orang yang ikut membantu.

Jika ada pertanyaan mengenai penggalangan dana ini, sodara-sodara bisa menghubungi Saya di 085243556175, [email protected]
Terimakasih atas doa, dukungan dan bantuannya, semoga Tuhan membalas semua kebaikan teman-teman #OrangBaik.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (6)