Kitabisa! - MASJID SEJAK 1986 BELUM DIRENOVASI
MASJID SEJAK 1986 BELUM DIRENOVASI

MASJID SEJAK 1986 BELUM DIRENOVASI

Rp 779.355.641
terkumpul dari Rp 600.000.000
2410 Donasi 0 hari lagi
Yasir Neneama
Akun telah terverifikasi

Cerita

Assalamualaikum. wr. wb.

Saya Yasir Nene Ama. Saat ini bekerja sebagai jurnalis di salah satu stasiun TV nasional. Melalui halaman ini, Saya hendak membantu dan mencari dukungan untuk merenovasi MASJID NURUL IHSAN yang terletak di kampung halaman saya di DESA HORINARA.

Masjid Nurul Ihsan dibangun pada tahun 1958 secara swadaya oleh warga muslim di Desa Horinara. Terkahir kali mendapat sentuhan renovasi pada tahun 1986. Hampir 30 tahun yang lalu, bahkan saat itu saya belum lahir ke dunia ini.

Kondisi masjid saat ini cukup membuat hati siapa pun yang melihatnya iba. Atap masjid sudah hampir roboh, dinding sudah banyak yang rusak, dan tidak memiliki tempat wudhu yang memadai. Warga yang ingin sholat harus wudhu dari rumah masing-masing. Adapun untuk beberapa warga harus berjalan sejauh 2 Kilometer, sekitar 15-20 menit jalan kaki.

Fakta lainnya, masjid Kami berada di daerah terpencil yakni di Desa Horinara yang berada di kaki Gunung Ile Boleng Pulau Adonara, Kec. Klubagolit, Kab. Flores Timur, NTT.

Dibutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan menggunakan kapal motor dari ibukota kabupaten, yakni Larantuka ke Pulau Andora. Kemudian disambung dengan perjalanan darat dari Waiwerang (kota pelabuhan di Pulau Adonara) sekitar 45 - 60 menit. Barulah bisa sampai di desa Kami. Sungguh bukanlah perjalanan mudah dan murah untuk mencapainya.

Desa Horinara merupakan salah satu kampung mayoritas muslim di Kabupaten Flores Timur yang mayoritas penduduknya adalah non-muslim.

Karena umat muslim di wilayah desa kami merupakan kaum minoritas, membuat fungsi masijd tak hanya sebagai rumah ibadah. Lebih dari itu, Masjid Nurul Ihsan merupakan pusat syiar Islam yang sangat vital.

Sehari-hari masjid digunakan untuk pelaksanaan sholat wajib, sholat jumat, hingga sholat hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Tidak hanya itu, pengajian kaum ibu dan bapak, Khitanan, hingga tempat belajar agama bagi anak-anak juga dilaksanakan di Masjid Nurul Ihsan.

Saat ini terdapat sekitar 700 umat muslim yang berada di wilayah Desa Horinara yang beraktivitas di Masjid Nurul Ihsan. Sementara, kondisi masjid hanya mampu menampung kapasitas 200 orang.

Karena itu, saya berinisiatif menggalang dukungan dari Bapak/Ibu/Saudara/i untuk membantu merenovasi Masjid Nurul Ihsan melalui kitabisa.com

mengutip dari HR Muslim no. 1631 yang berbunyi

"jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yakni sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan dan doa anak yang soleh."

Besar harapan saya agar kampanye melalui situs ini, dapat membawa angin penyejuk berupa bantuan secara materil dan doa. Sehingga sebagai putra daerah, Saya bisa membawa kabar baik untuk menghadirkan masjid yang aman dan nyaman untuk beribadah bagi Warga Desa Horinara.

Waalaikumsalam. Wr. Wb

YASIR NENE AMA
Info lebih lanjut dapat hubungi saya di 081294669910 atau akun instagram saya @yasirnene (nene ama)

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2410)