Kitabisa! - Bantu Ritono, Guru Swasta Bangun Masjid di Jepara
Bantu Ritono, Guru Swasta Bangun Masjid di Jepara

Bantu Ritono, Guru Swasta Bangun Masjid di Jepara

Rp 1.296.200
terkumpul dari Rp 1.400.000.000
6 Donasi 0 hari lagi

Cerita

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Perkenalkan saya Muhammad Ritono. Sejak 17 tahun yang lalu saya meninggalkan kampung halaman saya di DESA BUNGU untuk belajar dan mengadu nasib di kota. Saat ini saya mengabdikan diri sebagai Guru Swasta dan jarang ke kampung halaman. di suatu hari saat ke kampung halaman, jiwa ini merasa terpanggil untuk ikut membantu dan mencari dukungan pembangunan MASJID JAMI’ AL-MA’RUF di kampung. Selain usia Masjid yang sudah tua dan terjadinya kerusakan di sana sini, masyarakat berkeinginan membagun Masjid yang lebih besar sehingga mampu menampung penduduk yang jumlahnya hampir mencapai 1000 jiwa.

Masjid Jami’ Al-Ma’ruf dibangun pada tahun 1964 secara swadaya oleh warga muslim di Desa BUNGU. Terkahir kali mendapat sentuhan renovasi pada tahun 1985. Lebih dari 30 tahun yang lalu, saat ini (Tahun 2016) Masjid mendapatkan tambahan tanah wakaf dari penduduk disana. Karena ukurannya yang relative kecil dan sudah tua, lagi pula daya tampungnya hanya cukup untuk 250 orang, saat ini masyarakat berkeinginan membangun yang baru dengan tambahan tanah tersebut. Pada tahap awal masyarakat telah berupaya mengumpulkan dana secara swadaya dan telah terkumpul Rp. 300.000.000,- dari total kebutuhan yang mencapai Rp. 1.700.000.000,-. Dana tersebut telah dilaksanakan proses pembangunan awal untuk pondasi dan rangka utama masjid, setelah dana terpakai semua pembangunannya terpaksa dihentikan. Panitia dan pengurus masjid menemui jalan buntu sampai sekarang. Kebutuhan dana untuk mewujudkan impian masyarakat masih cukup banyak mencapai Rp. 1,4 M.

2b7bccf20e6306fd1e4bf2b339caf3d6bf6594b1

"Kondisi masjid saat ini cukup membuat hati siapa pun yang melihatnya iba. Ukurannya yang kecil lebih mirip Musholla, Atap masjid sudah hampir roboh, dinding sudah banyak yang rusak, dan tidak memiliki tempat wudhu yang memadai. Warga yang ingin sholat harus wudhu dari ru mah masing-masing. Adapun untuk beberapa warga harus berjalan sejauh 1 Kilometer, sekitar 10-20 menit jalan kaki. Karena belum punya pengganti masjid sengaja masjid yang sudah ada tidak langsung di robohkan sambil menunggu proses pembangunan jadi."

fef4b3d754b3dc9e36a9277ad2cb4333582a3c24

( Gbr. Rencana Masjid Al-Ma'ruf)

Secara geografis Masjid di desa kami berada di daerah terpencil yakni di Desa Bungu yang berada di kaki gunung Sapto Renggo di lereng Muria, Kec. Mayong, Kab. Jepara. Masjid ini adalah satu-satunya di dukuh tersebut. Lebih tepatnnya ada di dukuh Krajan desa Bungu.

Dibutuhkan waktu 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan darat dari ibukota kabupaten, yakni melalui route dari Jepara ke arah Kudus berhenti di pasar Mayong. Kemudian disambung dari Pasar Mayong ke jalur utara menuju desa Bungu. Mulai perjalanan ini membutuhkan kehati-hatian karena jalan yang rusak parah banyak ditemukan disana, terlebih saat memasuki desa Pancur kearah Bungu jalannya lebih mirip Sungai yang kering airnya. Setelah menempuh jalan yang membutuhkan energy tersebut Barulah bisa sampai di desa Kami. Sungguh bukanlah perjalanan mudah untuk mencapainya.

Masjid Jami’ Al-Ma’ruf selain sebagai rumah ibadah juga merupakan pusat syiar Islam, Sehari-hari masjid digunakan untuk pelaksanaan sholat wajib, sholat jumat, hingga sholat hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha). Tidak hanya itu, pengajian kaum ibu dan bapak, hingga tempat belajar agama bagi anak-anak juga dilaksanakan di Masjid Jami’ Al-Ma’ruf.

Karena itu, melalui halaman ini saya berinisiatif menggalang dukungan dari Bapak/Ibu/Saudara/i untuk membantu membangun Masjid Jami’ Al-Ma’ruf melalui kitabisa.com

mengutip dari HR Muslim no. 1631 yang berbunyi :

"jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara, yakni sedekah jariah, ilmu yang dimanfaatkan dan doa anak yang soleh."

Besar harapan saya agar kampanye melalui situs ini, dapat membawa angin penyejuk berupa bantuan secara materil dan doa. Sehingga sebagai putra daerah, Saya bisa membawa kabar baik untuk menghadirkan masjid yang aman dan nyaman untuk beribadah bagi Warga Desa Bungu.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

MUHAMMAD RITONO
Info lebih lanjut dapat hubungi saya di 082 334 115 629 atau akun Facebook saya www.facebook.com/omah.ilmu

atau fans page https://www.facebook.com/Masjid-Jami-Al-Maruf-Bung...

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (6)