Kitabisa! - Bantu Komunitas Muslim di Thessaloniki
Bantu Komunitas Muslim di Thessaloniki

Bantu Komunitas Muslim di Thessaloniki

Rp 125.106.814
terkumpul dari Rp 130.000.000
1748 Donasi 0 hari lagi
Gita Savitri
Akun telah terverifikasi

Cerita

Halo Guys,

Gue Gita Savitiri. Sekarang gue lagi dapet kesempatan buat berkunjung ke Thessaloniki, sebuah kota yang terletak di Yunani bagian utara.

Jadi, Yunani itu jadi negara layover pengungsi dari Syria, Iraq, dkk untuk ke Eropa Barat (sebelum border ditutup). Tahun 2015 border ditutup. Orang-orang yang tadinya mau ke Jerman, dkk, nggak bisa lanjut dan harus stay di Yunani. Akhirnya banyak yang stay salah satunya di Thessaloniki. Barulah di sini dibikin refugee camp sama pemerintah dan tempatnya sangat nggak memadai.

Di sini gue ketemu sama salah satu narasumber liputan gue, Namanya Mohamed. Doi orang Mesir yang tinggal di Yunani. Awalnya dia tuh di sini doing postdoc di Aristotle University di bidang Veterinary Medicine. Setelah selesai, dia dan istri memutuskan untuk stay di Thessaloniki.

Pak Mohamed ini Imam di masjid di Aristotle University (masjid kecil-kecilan yang dikasih kampus untuk solat jumat). Dia aktif banget di komunitas muslim di Thessaloniki. Pak Mohamed dan temen-temennya menyediakan makanan waktu refugees/ pengungsi lagi banyak-banyaknya dan terlantar di sini. 

c56d3304-df0c-454a-a111-93ade2ef57d8.jpg


Pas di camp pengungsian Pak Mohamed kaget ngeliat anak-anak kecil refugee Muslim kok banyak yang pakai salib dan cara berdoanya kayak orang Kristen. Ternyata di daerah itu banyak misionaris eastern orthodox

Dari situ Pak Mohamed langsung berinisiatif untuk bikin suatu pusat pendidikan Quran, Arabic, Greek, English, buat anak-anak ini.

Sekarang asosiasinya udah berjalan 1,5 tahunan. Kemarin gue ke sana dan tempatnya sederhana banget. 

ded90979-06fd-49d0-86eb-7b03a7c079f9.jpg

Di sana ada sekitar 100 murid dari umur 6 tahun sampe 15 tahun. Gurunya ada 7 orang. 50% dari gurunya juga refugees. Ruang kelas di sana cuma ada 2 dan kecil banget buat menampung  100 murid. Akhirnya sistem kelasnya harus dibikin shift-shiftan karena ga muat ruangannya.

Selama ini yang donasi cuma orang Muslim. Pak Mohamed udah meeting sana-sini dengan organisasi lokal, tapi nggak ada yang mau ngasih. Kursi, meja, semua hasil donasi dari orang-orang Muslim di sana aja.

0234f84d-b612-4927-a0d6-3cc0c1fa5a87.jpg

Jadi, gue pengen banget ngajak temen-temen semua buat sama-sama bantu komunitas muslim di Thessaloniki ini. Dari mulai 10 ribu rupiah kalian udah bisa bantu mereka buat nyewa gedung yang lebih gede, biar bisa menampung banyak anak-anak yang mau belajar Quran

Caranya gampang banget :

1. Klik "DONASI SEKARANG"

2. Masukkan nominal donasi

3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/Mandiri/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/kartu kredit)

4. Teman-teman akan mendapatkan laporan via email

Berapapun donasi dari temen-temen, gue yakin akan berguna banget buat bantu anak-anak refugees di sana biar bisa belajar dengan layak. 

Regards,

Gita Savitri Devi

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (1748)