BANTU WAMENA BANGKIT
BANTU WAMENA BANGKIT

BANTU WAMENA BANGKIT

Rp 81.752.629
terkumpul dari Rp 100.000.000
761 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Hai #OrangBaik

Saya Edenia.

Ini kisah dari tempat tinggal saya. 

-

Senin, 23 September 2019 pagi, sebuah kota kecil yang terletak di lembah di Papua yang bernama Wamena tampak baik-baik saja.

Warga beraktivitas sebagaimana biasanya. Toko-toko di buka, orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah, para pegawai mulai bersiap bekerja, semuanya normal. Tampak indah suasana sejuk pagi itu.

Hingga pada pukul 9 pagi, keadaan mulai tidak kondusif.

Kabarnya ada tawuran antar pelajar SMA, kali ini jumlah massa yang ikut sangat banyak. Siswa-siswa mulai dipulangkan, toko-toko mulai tutup, tiap orang pulang ke rumahnya masing-masing, berkumpul dengan keluarga.

Keadaan mulai tidak terkendali. Diketahui bahwa ini bukan sekedar tawuran antar pelajar lagi. Tembakan terdengar dimana-mana. Rumah-rumah mulai di bakar satu per satu. Warga panik. Menaikkan doa agar kejadian kelam tahun 2000 lalu tidak terulang kembali. Ada yang memilih lari mengamankan diri ke polres, ada yang memilih menyembunyikan diri di dalam rumah. Sayang, mereka dipaksa keluar dan tempat tinggalnyapun di bakar habis. Rata dengan tanah.

Warga mengungsikan diri ke tempat-tempat yang dirasa aman. Melarikan diri dari kediaman mereka yang sudah tak bisa disebut rumah. Hanya berbekal baju di badan, warga berbondong-bondong berlari kencang menuju mobil-mobil evakuasi, dengan penuh perjuangan. Seketika Polres Jayawijaya dan Kodim pun penuh dengan ribuan warga yang kehilangan rumahnya.

Saat ini, tercatat 5.500 lebih pengungsi di kedua tempat itu. Karena banyaknya toko serta supermarket yang di bakar, warga mulai kehabisan kebutuhan pokok. Banyak pengungsi termasuk ibu-ibu serta anak bayi yang kekurangan baju dan makanan. 

Bahan makanan pun mulai menipis karena satu-satunya akses menuju Wamena hanyalah melalui jalur udara.

Saya percaya, di dunia ini masih banyak #OrangBaik.

Ini list kebutuhan pengungsi Wamena saat ini:

  1. Baju layak pakai (orang tua, anak, dan bayi)
  2. Obat-obatan
  3. Bahan makanan
  4. Selimut
  5. Pampers
  6. Susu formula untuk bayi

Dana yang terkumpul kelak akan disalurkan di posko-posko penyalur sumbangan ke Wamena, mengingat satu-satunya jalur keluar dan masuk Wamena hanya melalui udara. Berapapun bantuan Anda sangat berarti bagi kami.

Tak lupa, permohonan doa kami haturkan kepada saudara sekalian. Kiranya tanah yang kami sebut rumah ini bisa secepatnya pulih.



(Jika saudara memiliki pertanyaan terkait atau berniat berdonasi berupa barang, silahkan hubungi saya via e-mail di edenwawolumaya@gmail.com.)

Salam hangat,

Edenia

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (761)