Kitabisa! - Selamatkan Pesantren Wakaf untuk Santri Tak Mampu
Selamatkan Pesantren Wakaf untuk Santri Tak Mampu

Selamatkan Pesantren Wakaf untuk Santri Tak Mampu

Rp 134.402.954
terkumpul dari Rp 300.000.000
1698 Donasi 10 hari lagi
Bagian dari Lets ACT Indonesia

Cerita

25 tahun berdiri, pesantren Al Barokah tak pernah direnovasi. Tembok-temboknya sudah mulai retak dan bilik-bilik kayu yang sudah rapuh bahkan atapnya nyaris roboh. Ratusan santri menuntut pendidikan di pesantren ini

***
Sejak tahun 1995 Ustadz Tatang Zaelani telah menjadi salah satu pengajar di pesantren ini. 25 Tahun ia mendedikasikan dirinya sebagai seorang pengajar dan selama itupula ia bercita-cita untuk mendirikan pesantren yang lebih layak.

Bagaimana tidak, kondisi Pesantren ini sangat memprihatinkan, bangunannya sama sekali tidak seperti pesantren pada umumnya. Melihat semangat dan antusias warga dan anak-anak setempat yang ingin belajar, Ustad Tatang dan keluarganya mewakafkan tanah beserta bangunannya untuk dijadikan pesantren, tempat bagi ratusan warga mempelajari ilmu agama.

b3682e28-5353-43bc-88d1-aa5a2ef91600.jpg

Sejak berdiri, bangunan Pesantren yang berukuran 4x7 meter ini belum satu kalipun direnovasi. Namun hal ini tidak menjadi halangan sehingga proses belajar dan mengajat tetap berjalan dan diikuti oleh 150 orang santri dari tingkat TK sampai SMP. Akibat dari keterbatasan tempat dan bangunan yang sudah tidak layak.

Sistem pembelajaran dibagi menjadi beberapa waktu diantaranya sesudah Ashar, Maghrib dan subuh. Tempat yang hanya bisa menampung 50 orang saja membuat semua santri harus rela bergantian untuk mendapatkan pembelajaran.Dan ini yang sering membuat Ustadz Tatang merasa sedih saat ada kegiatan yang berbarengan dan semua santri hadir, membuat sebagian santri harus rela duduk diluar beralaskan tikar yang digelar diatas tanah.

5f8e94da-3e1f-434b-bbb5-5e6ac4701686.jpg

Peralatan pembelajaran hanya alakadarnya di buat oleh Ustadz Tatang, mushaf Al-Qur’an yang sudah sangat lapuk dan tua menghiasi pemandangan di Pesantren Al Barokah ini menjadi semangat bagi Ustadz Tatang dan murid-muridnya untuk tidak pernah berhenti belajar.

20cd9bc6-7ddb-4874-ba55-15f0b3d1131f.jpg

Meskipun tidak mendapatkan upah, Ustadz Tatang bersama kedua rekannya tak pernah bosan menjadi bagian dari Pesantren Al Barokah

Lokasi Pesantren berada disuatu Desa dan jauh dari perkotaan, akibatnya kondisi Pesantren yang tidak layak tersebut sampai saat ini tidak terpublikasi sehingga belum banyak pihak yang tergerak untuk membantu. Pesantren ini merupakan satu-satunya Pesantren di Desa Gunungsari yang kondisinya sudah sangat tua dan memprihatinkan, namun memiliki intensitas kegunaan yang tinggi.

2cb80d8c-4f9e-44d7-a103-703303c25d92.jpg

Melihat semangat dan perjuangan Ustadz Tatang berserta santri-santrinya, ACT tergerak untuk membantu untuk membangun kembali Pesantren Al barokah sebagai ladang ibadah untuk kita semua.

Sahabat maukah ikut membantu membangun kembali Pesantren Al Barokah ini? Dengan mengirimkan doa dan dukungannya sampai Pesantren ini berdiri kembali dengan cara :

  1.  Klik "DONASI SEKARANG"
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Kartu Kredit)
  4. Dapat laporan via email

______________________________________

Disclaimer:

  1. Donasi yang terkumpul tidak hanya disalurkan untuk biaya renovasi Pesantren tapi juga untuk pengadaan peralatan belajar di Pesantren.
  2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR).
  3. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi: Rima (+62 877-4781-2458)

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (1698)