Kitabisa! - Wujudkan Masjid Layak Bagi Warga Mandalahurip
Wujudkan Masjid Layak Bagi Warga Mandalahurip

Wujudkan Masjid Layak Bagi Warga Mandalahurip

Rp 607.042.331
terkumpul dari Rp 500.000.000
4570 Donasi 0 hari lagi
Bagian dari Lets ACT Indonesia

Cerita

4fea9e8f-481b-4e7e-b422-1d35fb6e0dd3.jpg

Bismillahirohmanirohim

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

“Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara yaitu: sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau doa anak yang sholeh”

(HR. Muslim no. 1631)

Assalamu'alaykum warahmatullaahi wabarakatuh

Kondisi masjid yang memprihatinkan ini merupakan mesjidnya warga Mekarwangi Desa Mandalahurip, sebuah kampung terpencil yang ada di kabupaten Tasikmalaya, mereka tidak bisa beribadah dengan nyaman dan tenang karena bangunan masjid tersebut sudah lapuk dimakan usia sejak 37 Tahun yang lalu. Terlebih saat hujan datang, para jama’ah seringkali kebasahan karena atap bangunan yang sudah bolong-bolong sehingga membasahi lantai tempat sujud para jama’ah.

9c506f40-42a3-432a-8ebf-1f4ff1c49a83.jpg30a089aa-ce9e-4dbe-ae32-04148680c73a.jpg

Bangunan masjid yang menyatu dengan madrasah ini berukuran 12x12 meter, masjid ini menjadi masjid jami, masjid besar yang dipergunakan untuk sholat jum’at dan pusat-pusat kegiatan keagamaan lainnya seperti pengajian ibu-ibu yang diadakan setiap seminggu sekali dan juga sebagai pusat kegiatan belajar bagi 57 orang anak-anak dari mulai tingkat sekolah dasar (SD) sampai tingkat sekolah menengah atas (SMA).

Setiap melakukan kegiatan, mereka dihantui oleh ketakutan akan rubuhnya bangunan tersebut. Bagaimana tidak, atapnya sudah bolong-bolong, tiang penyangga dan jendela-jendela sudah rapuh, sehingga banyak bambu-bambu yang berdiri di dalam ruangan masjid yang digunakan untuk menyangga bangunan tersebut. Belum lagi tembok-tembok yang sudah retak dan berlumut membuat sebagain banyak AL-Qur’an rusak tidak terurus.

d50206db-07f0-46ed-b188-5a10d6ff44c4.jpg

Harapan warga kampung Mekarwangi terhadap pembangunan kembali masjid tersebut sangat besar. Mereka ingin merasakan nyamannya beribadah tanpa merasa was-was dan takut. Mereka berharap bahwa Ramadhan dan Idul Fitri di tahun ini bisa sholat terawih, sholat idul fitri dan melakukan ibadah-ibadah lain dengan tenang di  masjid ini. Upaya yang dilakukan warga untuk membangun kembali masjid ini adalah dengan cara swadaya dari masyarakat, namun sampai pada saat ini dana belum terkumpul dikarenakan kondisi ekonomi masyarakat setempat rata-rata menengah kebawah.

605b5eda-64e4-4968-9e6a-2025785ac40b.jpg

Adapun rencana implementasi program ini adalah membangun kembali mesjid tersebut, pengadadaan alat-alat beribadah dan renovasi total MCK dengan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan dan pengadaan peralatan sebesar Rp.500.000.000-,

Yuk bantu warga kampung mekarwangi wujudkan mimpinya, setiap rupiah yang anda donasikan pahalanya akan terus mengalir sekalipun kita sudah meninggal dunia. Mari buat setiap orangtua di kampung Mekarwangi tidak lagi khawatir melepas anaknya untuk belajar di masjid tersebut, mari buat setiap ibu-ibu merasa nyaman untuk mengikuti pengajian di masjid tersebut dan mari ciptakan kenyamanan beribadah untuk saudara-saudara kita disana.

“Barang siapa yang membangun masjid, maka Allah akan bangunkan baginya semisal di surga’’ (HR.Bukhori dan Muslim).

Sahabat maukah membantu membangunkan kembali masjid warga kampung Mekarwangi? Dengan mengirimkan doa dan dukungannya sampai masjid ini berdiri kembali dengan cara :

  1.  Klik "DONASI SEKARANG"
  2. Masukan nominal donasi
  3. Pilih metode pembayaran (GO-PAY/Dompet Kebaikan/BCA/BNI/BNI Syariah/BRI/Kartu Kredit)
  4. Dapat laporan via email

______________________________________

Disclaimer:

  1. Donasi yang terkumpul tidak hanya disalurkan untuk biaya renovasi masjid tapi juga untuk pengadaan peralatan ibadah dan renovasi MCK.
  2. Fundraising ini adalah bagian dari Program Mobile Social Rescue (MSR).
  3. Informasi lebih lengkap dapat menghubungi: ACT Tasikmalaya (+62811 2117 776)
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (4570)