Beasiswa @ImanUsman 2020
Beasiswa @ImanUsman 2020

Beasiswa @ImanUsman 2020

Rp 295.583.965
terkumpul dari Rp 200.000.000
322 Donasi 0 hari lagi


Cerita

Tanggal 21 Desember 2019 ini gue berulangtahun ke-28!


Di usia ke-28 ini gue bersyukur banget dengan segala hal yang ada di hidup gue saat ini. Gue sadar betul kalo gue gak bakal sampai di sini kalo bukan karena orang-orang baik dalam hidup gue. 

Ada yang ngebukain pintu, dan karenanya gue bisa melihat dunia luas. Ada yang nunjukin jalan, sehingga gue bisa berjelajah dengan bebas. Ada yang ngasih tumpangan, sehingga gue bisa sampai ke tujuan lebih cepat. Saat gue capek di perjalanan, ada yang tetap nyemangatin supaya gue ga nyerah.

Terlalu banyak orang yang berarti dalam perjalanan gue. Sadar akan hal itu, sebisa mungkin gue berusaha untuk pay it forward di setiap hal yang gue kerjakan. Oleh karena itu, gue pengen berbagi, pay it forward apa yang selama ini udah gue terima. 

Oleh karena itu, di hari ulang tahun ini gue pengen berbagi, pay it forward apa yang selama ini udah gue terima. Gue bisa sekolah SMA sampe bisa S2 ke luar negeri karena beasiswa. Bagi gue beasiswa bukan cuma sekedar nutupin biaya sekolah - tapi lebih dari itu, numbuhin rasa tanggungjawab dan pengabdian buat masyarakat yang begitu besar ke diri gue. Gue pengen hal tersebut juga dirasakan oleh anak-anak lainnya.

Di hari ulang tahun ini, gue berharap gue bisa memberikan beasiswa dan mentoring kepada 20 orang yang gue rasa punya potensi buat jadi pemimpin. 

Siapa tau mereka yang terpilih nanti bisa jadi lebih baik dari gue nantinya. Gue akan adakan seleksinya di akhir Des 2019 - Jan 2020 dan Gue sendiri yang akan pilih orangnya.

Ini kelanjutan dari beasiswa serupa yang gue buat tahun lalu. Kalo penasaran dengan hasil laporan progress sementara dari beasiswa ini dalam 9 bulan terakhir, bisa dilihat di sini.

e0a18deb-9ad8-4c2e-982c-7b80aacfe165.jpg


TENTANG BEASISWA IMAN USMAN 2020

Beasiswa ini akan dibagi atas 2 kategori:

1) Beasiswa kuliah dan mentoring

Beasiswa ini akan mengcover biaya kuliah selama 4 tahun sampai lulus (kira-kira sekitar Rp 40-80 juta, tergantung kuliah di mana dan sekarang di tingkat berapa). Tapi lebih dari itu, penerima beasiswa tersebut akan menerima mentorship personal dari gue. Secara reguler, penerima beasiswa ini juga akan gue ajak buat berkenalan dengan teman-teman gue yang sudah jadi pemimpin di berbagai bidang supaya punya kesempatan juga buat belajar dari mereka.

2) Hanya Beasiswa Mentoring

Berapa jumlah yang masuk kategori 1 dan 2 akan sangat bergantung pada kualitas dan jumlah pendaftar serta jumlah yang berhasil diperoleh dari penggalangan dana ini.

Beberapa cerita tentang penerima beasiswa dan mentorship Iman Usman 2019:


1) Ikhbal Fadillah

Penerima beasiswa kuliah dan mentorship

Saat menerima beasiswa, Ikhbal masih berjuang untuk masuk ke universitas impiannya, UGM. Berasal dari Karawang, semangat belajar Ikhbal yang pantang menyerah membuatnya diterima di UGM dan berhasil membuat bangga kedua orang tuanya yang bekerja sebagai buruh tani dan TKI. Mentor Ikhbal, Yasa Singgih, Pendiri Men's Republic, banyak memberikan Ikhbal ilmu dari pengalamannya merintis usaha terutama tentang entrepreneurship dan semangat pantang menyerah. Ikhbal pun merasa kemampuan entrepreneurshipnya meningkat dan sedang mencoba untuk praktek langsung berwirausaha kecil-kecilan hingga ikut bisnis orang lain.

Saat ini, Ikhbal sedang aktif mengikuti beragam organisasi di UGM, sembari menjalankan perkuliahan tahun pertamanya di universitas impiannya.

2) Muhammad Firman Nuruddin

Penerima beasiswa mentorship plus

Firman yang saat ini menempuh pendidikan di ITB merupakan peraih Absolute Winner (penghargaan tertinggi) di kategori Environmental Science dalam International Conference of Young Scientists 2018 di Serbia. Mentor Firman adalah Gibran Huzaifah, CEO eFishery yang juga se-almamater dengan Firman. Berkat mentoring dengan Gibran, Firman bisa sharing banyak hal tentang masa-masa kuliah di ITB hingga suka duka saat membangun eFishery, serta bagaimana menjadi seseorang yang produktif. Firman belajar banyak tentang values, terutama tentang pentingnya empati, keyakinan akan mimpi, dan pantang menyerah dari Gibran. 

Firman terpilih sebagai Pengajar Terbaik dalam Program Pengajar Jelajah Nusa 2019, yang membuatnya berkesempatan untuk mengikuti leadership program di Inggris tahun depan. Di lingkup ITB, Firman berhasil menerima Penghargaan Ganesha Karsa dan Ganesha Karya di tahun 2019.

Cerita di atas hanyalah dua dari 17 penerima #BeasiswaImanUsman tahun 2019. Melihat kemajuan mereka setelah mengikuti program ini, gue tergerak untuk melanjutkan program agar bisa memberi manfaat lebih banyak lagi.

Gue mau ngajak teman-teman buat berinvestasi di masa depan anak ini! Memang terkesan nggak jelas, "kenapa gue ikutan partisipasi, sementara gue juga gak tahu siapa anaknya? dan apakah anak ini beneran butuh?".

That's what I am asking from you, to believe in me, to believe in my choice.
 

Gue akan berusaha sebaik mungkin supaya pilihannya adalah yang paling pas!

Dari kemarin beberapa teman nanya, mau dikasih kado apa? Bingung juga jawabnya. Nggak tau lagi butuh barang apa saat ini. Nah, kalo ada yang mau kasih kado, mungkin kado nya bisa disalurkan ke beasiswa ini.

Semoga teman-teman mau berpartisipasi!


Akan sangat berarti buat gue dan siapapun yang nantinya akan dapet beasiswa ini. Berapapun jumlah yang kalian berikan, akan sangat gue apresiasi. Detail mengenai seleksi beasiswanya dapat dilihat di www.imanusman.com

Salam hangat,
Iman Usman

Disclaimer : Informasi dan opini yang tertulis di halaman campaign ini adalah milik campaigner (pihak yang menggalang dana) dan tidak mewakili Kitabisa.
Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (322)