Kitabisa! - GERAKAN BEBAS PASUNG
GERAKAN BEBAS PASUNG

GERAKAN BEBAS PASUNG

Rp 1.620.784
terkumpul dari Rp 500.000.000
5 Donasi 100 hari lagi

Cerita

Nama saya Sri Pujiawati. Saya dan suami saya Bapak Taryan adalah relawan yang bergerak khusus untuk pembebasan Pasung Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Dengan bermodal motor dan honor guru yang terbatas, sejak 2014 sampai 2017 kami sudah membebaskan kira-kira 450 pasien ODGJ dan ABK dari pasung. Kegiatan kami hanya dimotori oleh semangat yang besar. Kekurangan biaya tidak pernah menghentikan kami untuk pergi keliling di kota Bandung dan Kabupaten sampai ke pedalaman Jawa Barat (Garut, Sukabumi, Cisarua, Tasikmalaya, Ciamis, dll).

Mimpi kami hanya satu yaitu tidak ada lagi jiwa yang menangis dan terkurung dalam pasung. Hujan, panas, kondisi medan yang berat tidak menghentikan kinerja kami. Selain dari doa dan kasih sayang keluarga, kami percaya bahwa penyakit Kejiwaan perlu tindakan medis juga. Kami berjuang dengan keras agar semua pasien dari segala kalangan ekonomi diterima dan ditangani oleh Rumah Sakit Jiwa setempat. Misi kami untuk membantu pemerintah dalam mengedukasi masyarakat Indonesia mengenai kondisi kejiwaan dan bahwa tindakan Pasung itu melanggar hukum.

Di masyarakat orang dengan gangguan jiwa selalu diabaikan dan dilihat sebelah mata. Stigma ini membuat kami marah. Tugas kami sebagai relawan bukan hanya membebaskan pasien, tetapi juga mengedukasi keluarga, masyarakat dan lingkungan, dan juga merawat para pasien supaya bisa diterima lagi di masyarakat. Karena berdasarkan Undang- Undang mereka memiliki hak yang sama sebagai manusia. Perjuangan kami masih sangat panjang. Harapan kami masyarakat Indonesia mampu melihat para Pasien dengan Gangguan Jiwa dan Anak Berkebutuhan khusus sebagai seorang manusia, tidak memperlakukan mereka seperti binatang, bukan bahan olokan dan diterlantarkan.

Donasi yang kami terima akan kita pergunakan 100%untuk membangun sebuah Rumah rehabilitasi, dan pembelian mobil untuk Program Bebas Pasung.

Kami juga juga menerima bantuan tenaga dan donasi berupa barang.

Jika ada pertanyaan boleh hubungi langsung suami saya Bapak Taryan dengan nomor : 08121 488 3051.


Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (5)