Kitabisa! - Donasi Peduli Banjir Pacitan dan Jogja
Donasi Peduli Banjir Pacitan dan Jogja

Donasi Peduli Banjir Pacitan dan Jogja

Rp 464.115.476
terkumpul dari Rp 1.000.000.000
2343 Donasi 0 hari lagi
Aksi Cepat Tanggap
Akun telah terverifikasi

Cerita

11 Tewas dan 4000 warga dievakuasi akibat dahsyatnya Banjir Pacitan

Jelang malam, kabar dari wilayah Selatan Jawa makin kalut, titik-titik banjir bandang dilaporkan menerjang sejumlah wilayah di pesisir selatan Jawa. Kabar paling kritis datang dari Pacitan: sampai Selasa (28/11) malam, Pacitan dilaporkan dikepung banjir bandang. Lebih buruk lagi, seluruh akses jalan menuju Pacitan terputus total.

“Tidak ada jalan lain yang bisa ditempuh menuju Pacitan. Sejak Selasa (28/11) sore tim emergency response ACT sudah bergerak dari Jawa Tengah dan Jawa Timur. Namun kami semua tertahan di Ponorogo karena jalan tak bisa dilalui menuju Pacitan. Jalur terputus total,” ujar Basuki, Koordinator Zona Selatan Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) – ACT wilayah Jawa Timur.

Laporan yang dihimpun tim gabungan emergency response ACT dan MRI Jatim menyebutkan, banjir Pacitan setidaknya mengepung empat kecamatan, meliputi Kecamatan Ngadirojo, Kebonagung, Pacitan dan Arjosari.

“Banjir bandang Pacitan skala sangat besar. Korban meninggal sudah sampai 11 jiwa. Tim emergency response ACT dan MRI Jawa Timur dikerahkan penuh. Bergegas berjibaku menembus lokasi. Kondisi mencekam, listrik pada sejak Selasa kemarin,” kata Ibnu Khajar, Vice President of Humanity Network Department ACT.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menjelaskan, 9 orang tewas karena tertimbun longsor, sementara 2 orang lainnya tewas karena hanyut terseret arus banjir.

“Warga terdampak berjumlah lebih dari 4.000 jiwa dan perlu dievakuasi segera. Pengungsi di Kecamatan Pacitan dipusatkan di GOR Pacitan dan Masjid Sirnoboyo,” kata Sutopo.

9bca46511c382fd3255332e2270fbff066860c9e.png

Tak jauh berbeda dengan Pacitan, Hujan disertai angin kencang terjadi di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejak kemarin (28/11) peristiwa alam ini mengakibatkan banjir dan tanah longsor di sejumlah titik Kabupaten Bantul, Kulonprogo serta Gunung Kidul.

Tim Disaster Emergency Response ACT DIY dan Jawa Timur saat ini telah terjun di berbagai lokasi bencana dan mendistribusikan bantuan.

Kebutuhan Pengungsi :

1. Pakaian

2. Alas tidur (kasur, selimut)

3. Makanan siap saji (dapur umum)

4. Bahan Makanan (beras, mie instan, telur, dll)

5. Air mineral

6. Asupan gizi (susu, vitamin, dll)

Mari bersama ACT, bersinergi memberikan solusi terbaik bagi saudara kita. Semoga ikhtiar untuk membantu saudara kita yang sedang dirundung musibah mendapat kemudahan dan kelancaran.

Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (2343)