Kitabisa! - Kecerdasan Buatan iBerita.ID
Kecerdasan Buatan iBerita.ID

Kecerdasan Buatan iBerita.ID

Rp 854.572
terkumpul dari Rp 95.000.000
20 Donasi 59 hari lagi

Cerita

إِنَّ الْحَمْدَ لِلّهِ نَحْمَدُهُ وَنَسْتَعِيْنُهُ وَنَسْتَغْفِرُهُ وَنَعُوْذُ بِاللهِ مِنْ شُرُوْرِ أَنْفُسِنَا وَسَيِّئَاتِ أَعْمَالِن
مَنْ يَهْدِهِ اللهُ فَلاَ مُضِلَّ لَهُ وَمَنْ يُضْلِلْ فَلاَ هَادِيَ ل
وَأَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ

Assallamualaikum Wr Wb Untuk Semua

Segala puji bagi Allah, kita memuji-Nya, kita meminta pertolongan kepada-Nya, kita meminta ampunan kepada-Nya dan bertaubat kepada-Nya. Kita berlindung kepada Allah dari kejelekan diri kita dan dari keburukan amal-amal kita. Barang siapa yang diberi petunjuk Allah maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan barang siapa yang disesatkan maka tidak ada yang dapat memberinya petunjuk. Aku bersaksi bahwa tidak ada sesembahan yang benar selain Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan aku bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan utusan-Nya, semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada beliau, keluarganya, para sahabatnya, dan seluruh pengikut mereka yang setia hingga akhir masa. Amma ba’du.

Mari bersama-sama kita bangun Media Untuk Masyarkat Indonesia dengan Inovasi Teknologi Big Data, artificial intelligence (Kecerdasan Buatan, AI)#Orang Baik, Wahai #Orang Baik

Rincian Kebutuhan Biaya:

  1. Perpanjangan donasi iBerita.ID
  2. Sewa Hosting (tempat penyimpanan dan transfer data)
  3. Mukafaah pengurus mencakup koordinator web, webmaster, editor, approve dan jawab komentar, informasi, administrasi dan konsultasi.
  4. Biaya Internet.
  5. Mukafaah penulis semua Desk
  6. Mukafaah  pengoreksi artikel dan penjawab pertanyaan.
  7. Peralatan (tinta, kertas dan lainnya).
  8. Transportasi dan komunikasi.
  9. Content Management System
  10. Blog, Vlog, Youtube
  11. Security Sistem Website
  12. eCommarce
  13. Teknologi Big Data Sosial Media Analitic IOT
  14. Perception Neuron.
  15. untuk full body dan character design
  16. half body bs ,Pakai hardware kinect + leap motion.
  17. Software Vtuber


Jalan patungan untuk sama-sama membangun Website Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligen, AI) Media Portal Berita

Media Berita Pertama Dunia Berbasis Artificial Intelligence (Kecerdasan Buatan, AI) 


cf1a72d9-a2f3-4463-bc83-4ff56d4b92f1.jpg


Seiringnya Berjalannya Waktu Terus Merilis  Berita Inspiratif & Presfektif Baru Ekonomi Bisnis Serta  Inovasi Teknologi dengan selogan "Inspiratif & Presfektif Ekonomi Indonesia" ini merupakan bagian dari inisiatif kami untuk membuat platform Digital menjadi Be Seamless platform cerdas No.1 dalam konsumsi,

Kreasi dan layanan konten Positif di Indonesia. Kami akan Membentuk Team  Riset dan Development  dibidang Inovasi Teknologi Big Data, Artifial Inteligen/AI dari Team Ahli yang Kami Miliki, Internet bisa menjadi tempat yang berbahaya. Jelas kita membutuhkan Alternatif

c226cb77-3424-4d1a-abb8-973e38de65dc.jpg

Untuk merealisasikan program-program di atas, kami mengajak partisipasi dari seluruh kaum muslimin dan umumnya untuk memberikan dukungan berupa dana donasi.

Donasi yang ada akan dialokasikan untuk pembayaran operasional website Kdan mukafaah bagi pengurus dan penulis khusus website:

Rincian Kebutuhan Biaya:

  1. Perpanjangan donasi iBerita.ID
  2. Sewa Hosting (tempat penyimpanan dan transfer data)
  3. Mukafaah pengurus mencakup koordinator web, webmaster, editor, approve dan jawab komentar, informasi, administrasi dan konsultasi.
  4. Biaya Internet.
  5. Mukafaah penulis semua Desk
  6. Mukafaah  pengoreksi artikel dan penjawab pertanyaan.
  7. Peralatan (tinta, kertas dan lainnya).
  8. Transportasi dan komunikasi.
  9. Content Management System
  10. Blog, Vlog, Youtube
  11. Security Sistem Website
  12. eCommarce
  13. Teknologi Big Data Sosial Media Analitic IOT

Untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut tentunya dibutuhkan dana yang tidak sedikit, sehubungan dengan hal tersebut, kami mengajak saudara sekalian untuk ikut berpartisipasi untuk membantu terlaksananya program tersebut.

Dengan Hormat, Wahai #Orang Baik Kebutuhan Biaya Tahap Awal Sebesar Rp. 95.000.000

Penjelasan Tentang Media iBerita.ID

Latar Belakang

Perkembangan Digital Di Indonesia Menjadi Platform Baru Dalam Menambah Jumlah Pembaca Berdasarkan Data Nelsen  Desember 2017,Dengan semakin  berkembangnya teknologi, pembaca media cetak juga menggunakan Internet dalam kehidupan sehari-hari. Tingginya frekuensi penggunaan internet diantara pembaca media cetak yang  mencapai 86%, yaitu diatas rata-rata yang sebesar 61% semakin memperkuat fakta bahwa pembaca media cetak berasal dari kalangan yang lebih affluent,Sebanyak 65% pembaca media cetak mengakses internet melalui Smartphone dan menghabiskan waktu dengan Internet hampir 4 jam 18 Menit jam setiap harinya.

Kami Team iBerita.ID  Mengembangkan Media Portal News www.iberita.id Saat Memuat Berita  Berita Inspiratif & Presfektif Baru Ekonomi Bisnis ,Inovasi Teknologi , Serta Dunia Muslim dengan selogan "Inspiratif & Presfektif Ekonomi Indonesia" ini merupakan bagian dari inisiatif kami untuk membuat platform Digital menjadi platform Cerdas Karya Anak Bangsa No.1 dalam konsumsi, kreasi dan layanan konten positif di Indonesia. Maka

Kedepannya dari sisi data ekonomi. bisnis kami akan dijadikan jurukan sebagai  Beige Book, sebagai contoh Apa Artinya Untuk Investor Beige Book dengan sendirinya tidak mungkin memiliki  efek yang besar pada pasar dalam jangka pendek, terutama karena  adanya data baru yang disajikan oleh iBerita.ID, Beige Book bertujuan untuk memberikan gambaran ekonomi secara luas, dengan banyak variabel dan indikator.

Bahannya adalah hal-hal seperti pasar tenaga kerja, tekanan upah dan harga, aktivitas ritel dan e-commerce dan output manufaktur. Investor dapat melihat komentar yang forward-looking, Beige Book berisi komentar yang memprediksikan tren dan mengantisipasi perubahan selama beberapa bulan ke depan atau kuartal

Selanjutnya iBerita.ID  kedepan berencana menambah lebih dari 3000 penulis independen, blogger dan key opinion leader ke platform kedepan, mencari kreator konten baru dan mengundang kreator konten yang telah berpengalaman untuk menghasilkan lebih dari 5000  artikel iBerita.ID setiap harinya.

Bootstrap iBerita.ID Saat Sedang Melakukan Fund Raising (Pengalangan Dana)akan digunakan untuk memanfaatkan potensi besar konten layanan yang dibuat pengguna di Indonesia melalui distribusi berita dan  platform konten, Digital Berbasis Android.

Dengan Legalitas  CV. iBerita Bahagia Indonesia, Kami Berdiri Sejak 21 Mei 2014, iBerita.ID meluncurkan tantangan Jagoan Nulis, sebuah kontes pembuatan konten yang bertujuan menemukan kontributor konten bertalenta di Indonesia.


iBerita.ID berencana untuk merekrut tim editorial di sepuluh kota Indonesia untuk memperkuat coverage berita berita lokal .aat ini sudah mengandeng berberapa blogger teknologi terkenal, sehingga beraspirasi dalam meningkatkan literasi teknologi kepada masyarakat.

Menurut kami . Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi akan tidak bermanfaat jika tidak dibagikan kepada orang banyak. khusus bagi masyarakat Indonesia.

Melalui iBerita.ID, sekarang konten ini juga dapat mengajar Masyarakat Indonesia pada Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dunia akan lebih baik.

Kami menunjukan bagaimana ia dapat menghibur orang melalui tulisannya dan menggunakan platform Digital untuk mendistribusikan ceritanya kepada banyak orang.

Selanjutnya Dana tersebut akan digunakan untuk memanfaatkan potensi besar konten yang dibuat pengguna di Indonesia melalui distribusi berita dan platform konten, iBerita.ID

Kedepannya iBerita.ID adalah penyedia teknologi software internet mobile dan layanan applikasi terdepan.

Misi iBerita.ID Adalah Web Media Good News, Inspirasi Serta Cerdas & Cermat berbasis artificial inteligen (Kecerdasan Buatan,AI). Mari bersama jadi bagian Movement dan Campaign Dorong Kemajuan Ekonomi Daerah Sinergis Dengan Pusat, Indonesia Miliki Aset Potensi Menuju Kemandirian Ekonomi, Indonesia sekarang dan tahun 1998 sudah sangat berbeda. Di kawasan Asia Tenggara pun Indonesia mulai memimpin bahkan dari sisi ekonomi.

serta memberikan pengalaman internet yang lebih baik untuk milyaran penggunanya di seluruh dunia jika nanti sudah menjadi platfrom berbasis android.

Konten Website iBerita.ID Akan mengembangkan Dibidang Riset Data Analitic Teknologi Artificial Inteligen /AI Big Data, Google Artificial Inteligen  seperti perusahaan (mirip seperti mesin mobil). Browser yang memiliki U3 dapat memberikan user pengalaman web surfing yang cepat, nyaman dan aman.

4b18fe3d-ce7a-42c6-9153-ddd983fd0a80.jpg

Saat ini, iBerita.ID  terus berkembang dengan cepat, 25 % dari 50 wartawan kontri di seluruh indonesia lebih karyawannya terus aktif dalam penelitian dan pengembangan produk.berhasil menjaring 6 juta kunjungan bulanan dan terus meroket hingga 20 juta pengunjung bulanan di tahun 2017

Kilas balik pemberitaan " GoodNews" Tentang Indonesia Memiliki Potensi

Kemerdekaan Republik Indonesia ke-69 yang bertepatan pada tanggal 17 Agustus 2014 silam masih terasa gemanya. Indonesia masih terhitung sebagai negara berkembang yang masih kalah cepat kemajuannya, bahkan jika dibandingkan negara jiran Malaysia yang merdeka tahun 1957 atau Singapura yang merdeka tahun 1965. Akan tetapi, bagaimanapun kondisi bangsa Indonesia, sebuah website bernama iBerita.ID  membangkitkan optimisme penduduk negeri pertiwi ini.

Diluncurkan pertama kali pada Bulan Mei tahun 2014, dari pemilihan nama domain-nya Anda tentu sudah bisa menerka bahwa iBerita.ID merupakan Awal Kebangkitan Membuat website yang berisi berita-berita baik mengenai Indonesia Sangat Penting.

iBerita.ID sendiri memang website yang khusus mengabarkan sisi positif Indonesia dari berbagai bidang mulai dari Pendidikan, Berita Daerah Potensi, Olahraga, Budaya, Ekonomi Dan Perbankan .Industri Digital 4.0 dan Teknologi & Sains, Potensi Wisata, Budaya, Film Film Lokal, Ekonomi Digital, UKM, Nasional, Program CSR Perusahan dan lain lain.

Riset Pertumbuhan industri perdagangan digital di Indonesia semakin menjanjikan di 2019. Berdasarkan prediksi McKinsey pertumbuhan e-commerce di Indonesia meningkat delapan kali lipat, dari total pembelanjaan online USD 8 miliar di 2017 menjadi USD 55 miliar hingga 65 miliar di 2020.

McKinsey juga memprediksi penetrasi belanja online masyarakat Indonesia juga akan meningkat menjadi 83% dari total pengguna internet, atau meningkat sekitar 9% dibanding penetrasi belanja online di 2017.

af9a942f-e9fe-4fde-b82f-6f952483c7e7.jpg

bfecbcc6-2186-47c5-8c64-33064e3fa091.jpg

Indonesia bangsa yang besar dan berpotensi luar biasa

Melalui Hendri Hasan Sebagai Socialpreneurs berinisiator / Founder/Pendiri Mengagas Peluncuran iBerita.ID berdasarkan pengamatan umum betapa berita-berita yang tersaji setiap hari di media massa mengenai Indonesia lebih banyak yang bernada negatif, kadang provokatif, dan – tanpa disadari – tanpa kita sadari telah menggerus rasa kebanggaan kita pada bangsa ini. gagasan anti berita hoax perlu kita perkuat dan nilai nilai luhur kebudayaan indonesia kita yang hampir luntur perlu kita jaga bersama terus menerus melalui tulisan artikel yang menarik serta cerdas. sehingga potensi Indonesia lebih terkenal di dunia internasional.

" ingin menjadikan internet tempat yang lebih baik. Kami tahu internet memiliki sisi yang baik dan yang buruk, jadi iBerita.ID menawarkan Anda alat untuk membuat jendela ini yang  memungkinkan Anda mengakses Internet untuk melihat yang baik"

Apabila kebanggaan tersebut sudah hilang, maka harapan akan masa depan juga bisa meredup, dan akhirnya pesimisme akan merebak. Melalui iBerita.ID  ingin mengabarkan bahwa apapun yang terjadi, Indonesia tetap sebagai bangsa yang besar dan memiliki potensi yang luar biasa.

Kami menilai banyak tantangan yang dihadapi, sebab perusahaan Google hingga Facebook pun menghadapi kritik lantaran hanya sedikit dalam menangani konten berbahaya dan hoaks. 

Internet bisa menjadi tempat yang berbahaya. Maka membutuhkan alternatif

Untuk memperbaharui kontennya, iBerita.ID sendiri selama ini memang kebanyakan menghimpun berita-berita positif kepedulian pendidikan Teknologi Informasi di Indonesia

kepedulian berita sosial, budaya dan religius iBerita juga menulis berita terkait https://iberita.id/act-berangkatkan-umroh-10-relawan/  Namun, ada juga konten yang berasal dari kontributor dan internal redaksi. Di iBerita.ID , konten yang paling mendominasi adalah tulisan mengenai bidang ekonomi, pariwisata keindahan alam indonesia, dan pendidikan. Dan Teknologi, UKM Digital dan Ekonomi Digital Serta Program Program Pemerataan guna menurunkan tingkat kesenjangan kesejahteraan

Tantangan utama iBerita.ID  dalam mengelola website-nya terletak pada keterbatasan jumlah SDM. Dan Alhamdulliah iBerita.ID  Sudah di support Program Indonesia Cerdas 2030 Guna Meningkatkan kualitas SDM Indonesia di bidang Ilmu Jurnalis/Wartawan/Pewarta, Hingga dua tahun beroperasi, Hendri Hasan menjalankan iBerita.ID Dengan Teamwork. Apalagi Hendri juga sekaligus mengurusi beberapa akun media sosial iBerita.ID baik di Twiter, Google Plus, Facebook, MindTalk, dan You Tube. iBerita.ID sendiri membidik segmen pembaca dari kalangan anak muda millenial yang aktif menggunakan internet dan berinteraksi melalui media social serta meningkatkan rating pengunjung melalui Strategi Internet Digital Marketing, SEO


Rencana ke depan, iBerita.ID  berharap pada dua hingga tiga tahun mendatang bisa berkembang menjadi “iBerita.ID Asia Pasifik” yang tak hanya menyediakan berita-berita positif mengenai Potensi Indonesia, tetapi juga menyajikan juga berbagai berita positif seputar Asia Pasifik. Data terbaru mengungkap bahwa

iBerita.ID  memiliki jumlah traffic 1.500 hingga 3.500 pengunjung per hari dengan PageView bisa mencapai sekitar 1000 per hari.

Demographics By Geografic

47284956-c0ca-46ab-8bf6-39f0b7653f81.jpg

Dimana iBerita.ID memiliki potensi membangkitkan optimisme sekaligus memantik jiwa nasionalisme generasi anak muda Indonesia dimanapun mereka berdomisili, termasuk yang berada di luar negeri.

"Menambahkan di Desain menyukai desain – mulai dari tampilan dan logo – milik Dengan pemilihan warna yang dominan Pelangi, iBerita.ID  seolah-olah merepresentasikan warna Indonesia berwarna warni dengan berbagai suku daerah dan budaya, sosial dan semangat yang menyala-nyala sekaligus mewakili Karakter Budaya Indonesia, Tutupnya

selanjutnya kami juga para donasi untuk menjadi ingin bergabung menjasi sahabat penulis/pewarta bergabung dengan kami, sekaligus menjadi wartawan di media iBerita.ID dan mendapatkan kartu tanda pengenal pers , Mohon di email:[email protected]  dan sebelumnya kami menggucapkan Terima Kash bagi yang sudah membantu bantu sebarkan...

Cara Berdonasi

Bagi kamu yang ingin berdonasi dan bergabung dalam program Patungan Mari Berinovasi Teknologi Karya Anak Bangsa iBerita.ID  , silahkan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Klik Tombol Merah DONASI SEKARANG
  2. Isi data diri dan jumlah Donasi Anda
  3. Pilih Cara Berdonasi
  4. Transfer ke Rekening Yang Tertera
  5. Konfirmasi donasi melalui WA 081321493784
  6. Share dan ajak sahabat lainnya untuk berdonasi.

Semoga Allah memberi pahala berlipat kepada anda

Hanya Allah yang mengetahui besarnya pahala yang anda dapatkan. Setiap tahun oleh puluhan juta orang..

Peningkatan yang signifikan kebanyak orang. Apabila satu orang saja dari pembaca dan penonton Vedio dari pemberitaan religius "iBerita.ID” berhasil mengubah hidupnya ke arah yang lebih baik setelah menonton video yang di upload, semoga anda pun mendapat pahala karenanya.

Target Kami  yakni akan menyasar 10 persen dari 1,8  miliar populasi Muslim global.

iBerita.ID akan Terus Berinovasi  Teknologi dimana akan mampu filter konten dan komunitas-komunitas kami yang terdeteksi halaman Web kami

Yang membuat penggunanya memperoleh peringatan ketika mengakses situs perjudian maupun pornografi. Selain itu, iBerita akan mengembangkan juga memiliki fitur waktu sholat dan indikator arah kiblat. Urgensi Dakwah Islam Dalam Berita Digital

  1. Internet adalah media yang memiliki jangkauan yang sangat luas, yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Setiap orang di seluruh dunia yang memiliki akses internet dapat menikmati dakwah yang disajikan melalui website iBerita.ID
  2. Pengguna internet di tanah air semakin bertambah dan menjamur, lebih lagi perkembangan gadget yang sudah menjadi kebutuhan di zaman digital ini. Lebih menambah intensitas orang mengakses internet.
  3. Banyaknya kaum muslimin muallaf (baru masuk islam) yang mencari ilmu tentang islam melalui internet, target yang kami canangkan adalah memposting artikel-artikel dasar tentang ajaran islam secara lengkap sehingga kaum muallaf atau muslim yang bersemangat mencari kebaikan dalam agamanya bisa menemukannya dalam web ini.
  4. Tersebarnya berbagai jenis kesirikan, kebid’ahan, dan kemaksiatan yang dibalut dengan kesan modern yang dipropagandakan di internet, sehingga batas antara kebenaran dan kebatilan menjadi samar bagi kaum muslimin yang masih awam. Karena itulah kami terpanggil ikut serta menjadi bagian dalam dakwah melalui internet, untuk menjelaskan kepada kaum muslimin tentang hakikat kesyirikan, kebid’ahan, dan maksiat, sehingga kaum muslimin dapat menjauhinya.

Teknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

whatsapp.svg

Di jaman serba enak ini memang teknologi telah banyak sekali membantu manusia dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya teknologi, pekerjaan yang seharusnya menghabiskan tenaga akan berubah menjadi efektif dan efisien.

Saat kehidupan sehari-hari kita tak bisa terlepas dari berbagai teknologi. Mulai dari teknologi transportasi untuk memudahkan kemana saja hingga teknologi komunikasi yang membuat orang jauh semakin terasa dekat karena mudahnya komunikasi.

Sekarang ini kita dapat dengan mudah mengetahui hal apa saja yang terjadi di belahan dunia lain, dan juga kita juga dapat dengan mudah berpindah tempat dengan waktu yang lumayan singkat. Hal ini adalah karena adanya peran dari teknologi pula.

Lalu Apakah Anda tahu sebenarnya apa itu pengertian Teknologi?

Technology

Gambar : Pexels.com

Teknologi memiliki banyak pengertian yang dicetuskan oleh para ahli, tetapi secara umum teknologi juga dapat diartikan sebagai alat yang digunakan dalam menyelesaikan masalah-masalah dalam dunia nyata. Dengan adanya teknologi, manusia akan semakin melakukan inovasi-inovasi baru yang akan membentuk kreativitas terbaru.

Hingga sekarang ini teknologi telah banyak dikembangkan oleh banyak ahli dari berbagai negara, dan salah satu adalah Teknologi Kecerdasan Buatan atau  Artificial Intelligence.

Tren Teknologi Kecerdasan Buatan?

Artificial Intelligence

Gambar : Pexels.com

Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah sistem kecerdasan yang dimasukan dalam suatu mesin agar mesin tersebut dapat membantu manusia untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaannya. AI ini berupa kecerdasan buatan yang diciptakan dalam sistem komputer.

Sebenarnya sistem kecerdasan buatan ini telah dimulai sejak zaman dahulu sejak diciptakannya mesin penghitung digital pertama pada tahun 1642 oleh Blaise Pascal. Kemudian secara terus-menerus semakin dikembangkan dengan ilmu sains dan ditarapkan dalam ilmu komputer dan psikologi.

Adanya tren teknologi kecerdasan buatan ini juga yang akan membuat komputer sekarang menjadi jauh lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi sebelumnya. Kecerdasan buatan juga dapat diartikan sebagai cabang ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan sebuah pemanfaatan mesin yang dilakukan untuk memecahkan sebuah persoalan atau masalah yang rumit agar semakin mudah dan lebih manusiawi.

Sebenarnya tren dari teknologi kecerdasan buatan sudah mulai diterapkan di berbagai fitur- fitur komputer, seperti fitur Text to Speech yang bekerja dengan mendengarkan sebuah perintah suara yang akan diolah oleh mesin komputer. Kemudian teknologi ini yang mengilhami banyak fitur lainnya yang sekarang ini berkembang seperti google speech dan permainan yang membutuhkan suara untuk memainkannya.

Contoh teknologi kecerdasan buatan yang menghasilkan sound command inilah juga yang akan mendukung inovasi robotika yang sekarang ini sedang berkembang. Jika dibandingkan kecerdasan alami atau kecerdasan manusia, Artificial Intelligence memiliki banyak kelebihan sehingga dapat menjadi sebuah teknologi masa depan yang akan semakin bermanfaat.

Apa kelebihan dari Artificial Intelligence ?

teknologi

Gambar : Pexels.com

Kecerdasan buatan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan kecerdasan alami. Keberadaan komputer menjadikan banyak hal menjadi lebih ekonomis. Ini juga yang menjadi tolok uukur pebandingan untuk menciptakan teknologi yang dapat membantu perekonomian.

Pertama, dengan menggunakan kecerdasan buatan semua hal bisa direkam dan didokumentasaikan sehingga data benar-benar valid dan aktivitas dapat terlacak dengan baik. Jika dibandingkan dengan kecerdasan alami maka kecerdasan buatan akan lebih dipercaya tentunya.

Kedua, adanya kecerdasan buatan maka aktivitas perkerjaan akan menjadi lebih cepat dan efektif. Perkerjaan yang membutuhkan kerumitan dalam menyelesaikannya akan lebih mudah jika dibantu oleh teknologi AI ini.

Ketiga, kelebihan lain dari kecerdasan buatan adalah memiliki sifat permanen dan tidak akan mengalami proses “lupa” seperti halnya manusia yang memiliki memori terbatas. Meskipun memang kapasitas otak manusia belum ada yang mengalahkan tetapi terkadang “lupa” inilah yang menjadi kendala dari kecerdasan alami manusia.

Terakhir, kecerdasan buatan juga bersifat konsisten dan tidak mengalami perubahan karena telah tersistem dalam program komputer. Jika tidak dilakukan pengembangan maka system tetap akan sama seperti halnya pertama kali diatur.

Lalu apalagi teknologi kecerdasan buatan yang muncul saat ini?

1. Virtual Agent

virtual agent

Gambar : Pexels.com

Teknologi menggunakan AI yang pertama adalah admin virtual. Dengan adanya admin virtual maka akan memudahkan pekerjaan dari service kepada customers. Apabila biasanya customer service dilakukan oleh manusia maka dengan adanya teknologi kecerdasan buatan ini akan menggunakan sebuah virtual agent yang akan membantu melayani semua customer.

Perusahaan yang menyediaan ini adalah Google, Amazon, Microsoft dan perusahaan teknologi lainnya. Dengan adanya admin virtual ini diharapkan pekerjaan akan lebih efisien dan menghemat biaya tentunya.

2. Virtual Reality dengan Augmented Reality

virtual reality

Gambar : Pexels.com

Virtual Reality sudah banyak menjamur dimasyarakat, dan dengan ditambahnya Augmented Reality maka teknologi visual ini akan semakin berkembang. Augmented reality ini sebenarnya sudah mulai diterapkan di game yang sempat viral pada tahun kemarin yaitu Pokemon Go.

Selanjutnya teknologi baru yang akan muncul adalah menggunakan kedua fitur ini dan akan menciptakan sebuah gabungan teknologi yang akan lebih keren.

3. Speech Recognition

speech recognize

Gambar : Pexels.com

Teknologi yang menggunakan AI selanjutnya adalah Speech Recognition. Teknologi ini mampu untuk mengenali dan mengalanisis suara dari manusia dan akan mengubah menjadi format lain di komputer.

Perintah suara ini biasanya telah digunakan untuk aplikasi mobile seperti Google Now, Cortana, dan Siri. Dan yang sedang Up sekarang ini adalah Google Assistant yang mulai banyak digunakan oleh pengguna google karena akan membantu mencarikan kebutuhan informasi ataupun perintah hanya dengan mengucapkan kata atau kalimat.

4. Natural Language Generation

kecerdasan buatan

Gambar : Pexels.com

Adanya komunikasi dua arah antara bahasa manusia dan bahasa mesin yang menjadi tujuan utama dari Natural Language Generation ini. Teknologi ini dicanangkan akan bisa melakukan sebuah pembuatan ringkasan laporan dan juga kalkulasi pasar.

5. Biometric

lens

Gambar : Pexels.com

Teknologi yang satu ini berkaitan erat dengan sebuah identifikasi, pengukuran dan analisis aspek serta stuktur tubuh. Teknologi ini juga dapat menganalisis bentuk perilaku dari manusia dan kemudian teknologi ini diharapkan akan menjadi sarana untuk terciptanya interaksi antara manusia dan mesin.

Pemasok Teknologi ini meliputi 3VR, Agnitio,FaceFirst, Affectiva, Sensory, Synqera dan Tahzoo. Sebenarnya teknologi ini sudah banyak digunakan untuk riset pasar tetapi belum dikomersilkan secara global.

6. Robotic Process Automation

kecerdasan buatan

Gambar: : Pexels.com

Dengan adanya Teknologi Robotic Process Automation ini maka pekerjaan manusia akan semakin digantikan oleh robot. Ini memungkinkan otomatisasi dari proses robot bekerja sudah dapat dimungkinkan dengan sebuah skrip dan sebuah metode meniru serta mengotomatisasi tugas dari manusia agar pekerjaan menjadi lebih efektif.

7. Machine Learning Platform

teknology

Gambar: Pexel.com

Teknologi ini akan mempermudah pekerjaan manusia yanga akan menyediakan berbagai fitur yakni aplikasi pemrograman, alat pengembangan dan pelatihan, data base besar dan juga aplikasi-aplikasi mesin lainnya yang dapat memmbantu pembelajaran manusia.

Secara umum, itulah teknologi terbaru yang menggunakan konsep teknologi kecerdasan buatan. Sebenarnya dengan adanya teknologi yang bermunculan menjadikan manusia semakin pintar karena dapat dengan mudah mengakses berbagai macam cara untuk mempermudah kehidupan sehari-hari.

Tetapi juga perlu dingat bahwa kehadiran teknologi kecerdasan buatan ini bukan sepenuhnya bisa menggantikan manusia sebagai makhluk sosial yang saling membutuhkan satu dengan lainnya.

Adanya berbagai teknologi masa depan yang bermunculan akan membantu manusia untuk mengembangkan skill dan kecerdasan manusia pula. Tetapi seperti yang kita ketahui, bahwa kapasitas otak manusia belum bisa dikalahkan oleh mesin apapun didunia ini. Nah, untuk itu jangan pernah menjadikan teknologi sebagai sebuah ajang untuk menambah kemalasan kita.

Kecerdasan buatan memang memiliki banyak kelebihan. Tetapi di sisi lain, teknologi juga memiliki kelemahan ketika orang yang menggunakan tidak bijak. Untuk itu perlu diingat kehadiran teknologi yang semakin berkembang ini maka manusia harus semakin bijak dalam menggunakannya.

Kecerdasan Buatan Dunia Tempo Masa Lalu Arsip, Budaya, Seni

Menurut definisi, museum menyimpan dan menampilkan benda-benda bersejarah, ilmiah, artistik, atau seni dan budaya. Mulai dari kerangka dinosaurus, senjata-senjata peninggalan besejarah, atau sebuah mahakarya hasil kerajinan tangan, semua bisa kamu lihat di museum. Tetapi tidak peduli seberapa luar biasanya barang-barang di museum, tentu itu akan terasa membosankan bagi kebanyakan orang, terutama di zaman milenial ini, dan khususnya lagi bagi kaum muda yang terbiasa dengan berbagai multimedia dan teknologi.

Jika museum ingin tetap bertahan dan tidak tergerus oleh zaman, maka diperlukan penerapan teknologi museum untuk meningkatkan angka pengunjung yang datang. Menurut American Alliance of Museums (AAM), Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan adalah salah satu tren terbesar dalam kehidupan masyarakat.

Bagaimanakah cara penggunaan AI sebagai teknologi museum supaya dapat menjaga museum tetap bertahan di zaman serba digital ini?

1. Menelusuri Arsip

penerapan teknologi ai

AI akan menjadi tools penting bagi museum yang mengelola data dengan skala besar di abad ke-21 ini. Algoritma pengenalan visual dapat membuka potensi koleksi gambar digital dengan menandai, menyortir, dan menarik koneksi di dalam dan di antara basis data museum.

Sebagai contoh, perpustakaan presidensial Clinton memiliki jumlah email yang dapat dikelola, tetapi perpustakaan Presiden Obama akan berisi lebih dari satu miliar. Menurut AMA, “penerapan teknologi museum AI mungkin adalah satu-satunya solusi untuk mengelola dan membuat semua email-email tersebut lebih bermakna.”

Walau jumlah arsip terus bertambah, AI dapat terus melacak dan menginterpretasi sejumlah besar informasi dengan cara yang berguna bagi museum modern.

2. Dengan Penerapan Teknologi Museum, Sejarah Dapat Dihidupkan Kembali

Salah satu penerapan teknologi museum yang paling menarik adalah otomatisasi dalam merespon setiap pertanyaan kita. Contoh kecilnya adalah chatbots, dimana ia dapat merespon dan menjawab secara otomatis setiap chat dan pertanyaan yang kita kirim. Bahkan kini AI juga dapat merespon suara yang kita ucapkan, udah pernah coba “ok google” kan? Itulah contohnya.

Menurut Center for the Future of Museums, “Chatbots tokoh-tokoh sejarah, dipadukan dengan menampilkan tulisan, arsip, dan sejarah lisan dapat terlibat dengan pengunjung di dalam museum, yang dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki smartphone. “Dan seiring dengan kemajuan robotik, maka akan memungkinkan untuk mereplikasi tokoh-tokoh penting yang sudah meninggal dan menghidupkannya kembali dengan teknologi AI, seperti Abraham Lincoln misalnya. Dan kini, itupun sudah bisa terwujud. Tidak percaya? Lihat video di bawah ini.

3. Menonjolkan Terobosan Dalam Inovasi AI

penerapan teknologi ai

Karena AI menjadi terkenal di berbagai industri, wajar saja jika teknologi ini ditampilkan di museum modern di seluruh dunia. Jika tujuan museum adalah untuk menampilkan objek yang menarik, penerapan teknologi AI sudah memiliki banyak kontribusi: seni buatan AI, sistem pertahanan AI, perangkat medis AI, dan banyak lagi.

Beberapa aplikasi ini sudah ditampilkan oleh museum yang berpikiran maju. Di Museum Nasional Sejarah Amerika, sebuah pameran yang disebut Inovasi Pertahanan: Kecerdasan Buatan dan Tantangan Cybersecurity berlangsung hingga September 2017, menampilkan “sistem pertahanan cyber kecerdasan buatan pertama yang dirancang khusus untuk menggagalkan serangan terhadap perangkat kita yang semakin saling berhubungan – dan rentan – .”

Pada pameran Robots and Beyond di Museum MIT, para pengunjung Robots and Beyond disuguhi pemandangan di belakang layar tentang bagaimana laboratorium AI milik MIT membuat kemajuan luar biasa dalam bidang kedokteran, eksplorasi bawah laut, hiburan, dan sebagainya.

4. Membantu dan Mempermudah Pengunjung Museum

Keunggulan dari penerapan teknologi AI di semua bidang adalah kemampuannya untuk membebaskan karyawan manusia dari pekerjaan rutinitas yang mudah dan sederhana. Di museum, tidak jauh berbeda. Alih-alih mencari informasi melalui meja resepsionis, dengan AI kita bisa bertanya langsung kepada komputer sehingga staf dapat fokus pada tugas dan proyek yang lebih kreatif?

Dengan teknologi museum jenis ini, pengunjung dapat mengakses informasi dan jawaban yang dikumpulkan dari koleksi museum, data, dan internet sendiri dalam waktu yang singkat. Mereka juga dapat menggunakan bantuan AI untuk memesan tiket dan merencanakan kunjungan tanpa menunggu.

Penerapan teknologi AI juga dapat membantu museum menganalisis data untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan membuat prediksi tentang apa yang akan terjadi. Galeri Nasional menggunakan alat yang disebut Dexibit untuk menganalisis kunjungan dan memperkirakan kehadiran dan keterlibatan di masa mendatang.

Karena AI menjadi lebih efektif dan terjangkau, aplikasi plug-in yang sederhana dan kemitraan seperti ini akan membantu museum meningkatkan praktik bisnis mereka tanpa memerlukan spesialis AI. Sebagai perangkat standar, museum akan memberdayakan dan mendukung staf mereka di berbagai bidang mulai dari pemasaran hingga analitik.

5. Bergerak Menembus Kotak Kaca

Museum adalah ruang suci di mana budaya dan sejarah sama-sama dijaga dan disebarluaskan. Tetapi ini tidak berarti mereka harus kuno atau “ketinggalan jaman”. Justru sebaliknya: Museum multimedia dan teknologi akan menghubungkan masa lalu dengan zaman modern dan memperkaya nilai dari museum.

Dengan teknologi yang tepat, inovasi akan meningkatkan aksesibilitas dan relevansi di luar kotak kaca yang polos. Bahkan lebih baik lagi, penerapan teknologi AI di museum akan membuat konten  berbicara sendiri (secara harfiah).

Pengembangan Conten iBerita.TV News Muslim & Streaming Berteknologi Kecerdasan Buatan (Artificial Inteligence,AI)

iBerita independen, dan dibangun di atas perangkat lunak chromium open-source yang menjadi dasar browser web Google chrome. 


Ditambah banyak orang mereupload dan men-share video-video serta artikel-artikel yang dimuat “ iBerita.ID “ untuk dilihat lebih banyak orang. Hal ini bisa menjadi pahala jariyah yang tidak putus-putusnya untuk akhirat.

Sebagaimana Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:

. حدثنا يحي بن أيّوب و قتيبة (يعنى ابن سعيد) و ابن حجر قالوا: حدثنا إسماعيل (هو ابن جعفر) عن العلاء عن أبيه عن أبى هريرة:

أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: "إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاثة: إلا من صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له (رواه مسلم فى صحيحه ج 2, ص 70, رقم 14 (1631)

Kami (Muslim) diberitahu oleh Yahya bin Ayyub dan Qutaibah (yakni Ibn Sa’id) ser-ta Ibn Hujr, mereka berkata: “Kami diberitahu oleh Isma’il (yakni Ibn Ja’far), dari al-‘Ala` dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa rasulullah saw. bersabda: “Apabila seorang manusia meninggal dunia, terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga, yakni kecuali sedekah jariyah, atau ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya”. (HR Muslim di dalam shahihnya juz 2 hal. 70 hadis no. 1631).

Sebagaimana Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam bersabda:

. حدثنا يحي بن أيّوب و قتيبة (يعنى ابن سعيد) و ابن حجر قالوا: حدثنا إسماعيل (هو ابن جعفر) عن العلاء عن أبيه عن أبى هريرة:

أن رسول الله صلى الله عليه و سلم قال: "إذا مات الإنسان انقطع عنه عمله إلا من ثلاثة: إلا من صدقة جارية أو علم ينتفع به أو ولد صالح يدعو له (رواه مسلم فى صحيحه ج 2, ص 70, رقم 14 (1631)

Kami (Muslim) diberitahu oleh Yahya bin Ayyub dan Qutaibah (yakni Ibn Sa’id) ser-ta Ibn Hujr, mereka berkata: “Kami diberitahu oleh Isma’il (yakni Ibn Ja’far), dari al-‘Ala` dari bapaknya dari Abu Hurairah bahwa rasulullah saw. bersabda: “Apabila seorang manusia meninggal dunia, terputuslah darinya amalnya kecuali dari tiga, yakni kecuali sedekah jariyah, atau ilmu yang diambil manfaatnya, atau anak saleh yang mendoakannya”. (HR Muslim di dalam shahihnya juz 2 hal. 70 hadis no. 1631).

Sebagaimana firman Allah,

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah

adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada

tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi

siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha

Mengetahui." (Qs. Al-Baqarah[2]: 261)

وَأَنْفِقُوا مِنْ مَا رَزَقْنَاكُمْ مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ أَحَدَكُمُ الْمَوْتُ فَيَقُولَ رَبِّ لَوْلَا أَخَّرْتَنِي إِلَىٰ أَجَلٍ قَرِيبٍ فَأَصَّدَّقَ وَأَكُنْ مِنَ الصَّالِحِينَ

Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: "Ya Rabb-ku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian)ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?" [al-Munâfiqûn/63:10]



Penggalangan dana ini mencurigakan? Laporkan

Kabar Terbaru


Fundraiser


Donasi (20)